Laman

Minggu, 07 Mei 2017

JONATHAN DONAHUE




Dilahirkan dengan nama Jonathan Daniel Donahue pada 6 Mei 1966 di Kingston, New York, AS. DIa sudah menjadi anggota integral dari dua band indie/eksperimental paling berpengaruh Amerika Utara pada 1990an; The Flaming Lips dan Mercury Rev.

Donahue membantu membentuk Mercury Rev, bersama dengan vokalis/gitaris David Baker, bassis Dave Fridman, gitaris dan pemain klarinet Grasshopper (terlahir Sean Mackowiak),  rooster-tail bass flutist Suzanne Thorpe, dan drumer Jimy Chambers, pada akhir 1980an sebagai sumber untuk menciptakan soundtrack untuk film pribadi murid dari para anggota band. Para anggota lebih jauh memberanikan diri untuk mengeksplorasi bakat mereka oleh mentor mereka, komposer minimalis dan artis multimedia Tony Conrad.


Donahue juga bekerja ganda sebagai seorang promoter konser di Buffalo. Setelah bermain bersama the Butthole Surfers dan band pembuka mereka The Flaming Lips, Donahue bergabung dengan The Flaming Lips sekitar 1989/1990 sebagai teknisi gitar mereka. Dia kemudian bergabung dengan band sebagai gitaris utama penuh dan bermain di album In a Priest Driven Ambulance dan Hit to Death in the Future Head.


Setelah menjadi anggota dari The Flaming Lips sekitar dua tahun, Donahue dan frontman The Flaming Lips Wayne Coyne mulai tidak cocok terhadap masalah kreatif. Donahue meninggalkan band tidak lama setelah rekaman Hit to Death in the Future Head dan digantikan oleh gitaris Oklahoma City Ronald Jones.

Setelah meninggalkan The Flaming Lips, Donahue kembali ke Buffalo dan memfokuskan waktunya untuk membentuk Mercury Rev. Donahue dikreditkan untuk memainkan alur klarinet untuk hit 1997 milik The Chemical Brothers "The Private Psychedelic Reel", yang kadang menjadi lagu penutup untuk pertunjukan mereka sejak saat itu. Bagian klarinet itu sebenarnya dimainkan oleh mantan pemain reed Mercury Rev, Mark Marinoff.

Sebagi pemain hoki yang aktif, Donahue tumbuh sebagai penggemar berat dari the Montreal Canadiens selama 1970an dan 1980an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...