Laman

Kamis, 18 Mei 2017

ANDREW LATIMER




Dilahirkan pada 17 Mei 1949 di Guildford, Surrey, Inggris adalah seorang musisi dan komposer berkebangsaan Inggris yang merupakan pendiri dan salah satu anggot asli dari band Camel. Dia adalah seorang gitaris dan penyanyi, tapi juga seorang pemain flute dan kibord.

Pemilihan Latimer akan gitar adalah Gibson Les Paul, tapi dia juga dikenal untuk memainkan Fender Stratocaster dan gitar lainya. Dari 1990an dan seterusnya, dia juga memainkan Burny Super Grade, sebuah salinan dari model Gibson Les Paul. Ampli yang dia gunakan adalah Fender, Vox, dan Marshall.

Dia mendirikan sebuah produksi musik bernama Camel Productions yang merilis album-album baru milik Camel: Dust and Dreams (1991), Harbour of Tears (1996), Rajaz (1999) dan A Nod and a Wink (2002).


Pada Mei 2007, Susan Hoover, istri Latimer, mengumumkan melalui situs dan pemberitaan Camel Productions bahwa Latimer menderita sebuah kelainan darah polycythemia vera sejak 1992, yang kemudian berkembang menjadi myelofibrosis. Ini adalah sebagian dari alasan Camel menghentikan tur yang luas. Pada akhir 2007, dia menjalani transplantasi tulang bagian dalam. Pada September 2008, dia pulang ke rumah dan akhirnya memulihkan kondisinya, bahkan mempertimbangkan kemungkinan dari tur dengan skal kecil di masa yang akan datang.

Setelah absen sekian lama, berita mengenai Latimer datang via sebuah blog dari David Minasian, yang menyutradarai beberapa produksi video Camel selama beberapa tahun. Minasian merilis albumnya, Random Acts of Beauty, pada Agustus 2010. Kesehatan Latimer sudah membaik oada saat dia berkontribusi solo gitar, dan vokal untuk lagu pembuka album, "Masquerade".

Pada Oktober 2013, Camel kembali melakukan tur untuk tur "Retirement Sucks", memainkan album Snow Goose secara keseluruhan, album yang sudah direkam ulang tahun itu. Perekaman ulang tetap mirip dengan album asli, tapi menyertakan beberapa aransemen ulang dan seksi tambahan. Karena penampilan yang bagus, mereka menambahkan bagian kedua untuk tur itu pada awal 2014. Sebuah DVD live, "In From the Cold" dirilis, direkam di Barbican Centre London. Bagian kedua tur itu menampilkan Ton Scherpenzel pada kibord, saat Guy Leblanc menderita sakit serius.

Tidak ada tur yang dilakukan untuk sisa 2014 saat Latimer menjalani penggantian lutut, tapi dia sudah pulih dan Camel akan memainkan bebarapa jadwal pada Juli 2015.

Gitaris Marillion Steve Rothery menyebut Latimer sebagai salah satu pengaruh besar pada permainannya.

Latimer menerima sebuah penghargaan Lifetime Achievement di the 2014 Progressive Music Awards.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...