Laman

Rabu, 03 Mei 2017

JOHN GLASCOCK




Dilahirkan pada 2 Mei 1951 di Islington, Inggris. Dia meninggal pada 17 November 1979 di London, Inggris, sebagai akibat dari cacat katup jantung bawaan, yang diperburuk oleh infeksi yang disebabkan oleh gigi rontok.

Band pertama dimana John Glacock bermain adalah The Janitors (1962-1964). Dia kemudian bermain dengan The Gods (awal 1965 - Juni 1967, September 1967 - Februari 1969), dimana, bersama dengan anggota Uriah Heep masa depan Ken Hensley, dia merekam album Genesis. Setelah secara singkat bermain dengan Head Machine (1970), dia bergabung dengan Toe Fat (Juni 1969-Desember 1970), lagi dengan Hensley dan anggota Uriah Heep masa depan lainnya, Lee Kerslake. Dengan Chicken Shack (Januari 1971-Maret 1972) Glascock hanya merekam satu album Imagination Lady. Adiknya Brian Glascock juga bermain drum di Toe Fat.


Pada 1973 dia bergabung dengan Carmen. Kemudian, Glascock memainkan bass, mengisi vokal latar, terkadang memainkan synthesizer, dan bahkan mengisi vokal utama pada beberapa lagu. Lagu-lagu ini meliputi "The City", "Dancing On a Cold Wind" (berbagi vokal utama dengan David Allen), dan "The Horsemen" (berbagi vokal dengan semua anggota Carmen), semua dari album Dancing on a Cold Wind (1975). Dia juga menyanyi di lagu "High Time" dari album The Gypsies (1976).


Alur bass milik Glascock di Carmen sering teknikal dan tidak biasa. Mereka menjadi kunci suara unik milik Carmen. Tidak seperti karyanya di Jethro Tull, Glascock menggunakan efek di suara bassnya saat dengan Carmen, seperti fuzz pedal dalam lagu "Viva Mi Sevilla". Glascock hanya memiliki satu kredit penulisan di album pertama yang direkam oleh Carmen, Fandangos in Space (1974), lagu pendek "Retirando". Dia berbagi kredit penulisan ini dengan semua anggota band.


Penulisannya sangat berkembang pada saat album kedua, Dancing on a Cold Wind (1975). Di album ini dia memiliki kredit penulisan pada tiga lagu, "Viva Mi Sevilla" (dimana dia berbagi dengan semua anggota band), "Purple Flowers" (dimana dia berbagi dengan Roberto Amaral), dan "Remembrances" (dimana dai berbagi dengan semua anggota band).


Penulisannya mencapai klimaks pada saat album ketiga dan terakhir milik Carmen, The Gypsies (1976). Di album ini dia menulis "High Time" sendiri, dan menyanyikan vokal utama pada lagu ini. Dia dan semua anggota band juga berbagi kredit penulisan pada trek instrumental "Margarita".


Glascock kemudian bergabung dengan Jethro Tull pada 1976, setelah bertemu Ian Anderson saat Carmen membuka beberapa jadwal untuk Jethro Tull di tur War Child mereka. Martin Barre berkata dalam dokumenter "Classic Artists Series", bahwa kecintaannya untuk band adalah unik, menjadi seorang penggemar dari Jethro Tull yang bermain di band itu. Dia bermain di album-album Jethro Tull, Too Old to Rock 'n' Roll: Too Young to Die! (1976), Songs from the Wood (1977), Heavy Horses (1978), Bursting Out (1978), dan pada tiga lagu di album Stormwatch (1979). Di Jethro Tull dia tidak menerikam kredit penulisan tapi mengisi vokal latar, dan menjadi vokalis harmoni pertama yang dimiliki Jethro Tull. Dia bahkan menyanyi di album dimana dia tidak menerima kredir, Heavy Horses (1979).


Glascock menggantikan teman lama dari Ian Anderson, Jeffrey Hammond-Hammond. Dia juga memainkan gitar listrik di panggung saat aransemen Ian Anderson memerlukannya, sebagai contoh dalam penampilan dari "Skating Away (On the Thin Ice of the New Day)" dari album live Bursting Out, saat anggota band lainnya memainkan xylophone, glockenspiel dan perkusi.

Masalah kesehatan Glascock menjadi jelas saat dia tidak mampu menyelesaikan jadwal AS dari tur Heavy Horses, ketinggalan sebuah transatlantic simulcast dari Madison Square Garden. Dia memainkan pertunjukan terakhirnya pada 1 Mei 1979, di San Antonio, Texas, tiga tahun setelah hari pertamanya dengan Jethro Tull. Meskipun mendapatkan diagnosis kerusakan jantung yang disebabkan oleh sebuah infeksi, dia melanjutkan gaya hidup terdahulunya, yang meliputi minum berat, penggunaan mariyuana, dan pesta liar. Kesehatannya terus memburuk. Ian Anderson memberinya beberapa peringatan sebelum akhirnya meninggalkannya dengan bayaran selama produksi dari Stormwatch (1979), menyelesaikan sebagian besar bagian bass sendiri. Selama tur promosi lanjutan dengan pemain bass pengganti Dave Pegg, Anderson mengetahui kematian Glascock dan memberikan kabar itu untuk para anggota band. Teman dekat Glascock, drumer Barriemore Barlow, sangat terpukul dan meninggalkan band pada akhir tur. Mark Carney menggantikan Barlow.

Keputusan yang dihasilkan, visi artistik milik Ian Anderson, dan sebuah keputusan dari label, segera melengkapi formasi yang ada, meninggalkan hanya Anderson dan Martin Barre sebagai anggota tetap, walaupun pengganti tur Glascock pada bass (Dave Pegg) bertahan untuk album band selanjutnya pada 1980.

Pada sebuah wawancara 'Guitar Player' pada 1978, Ritchie Blackmore berkata "...John Glascock is a brilliant bass player, the best in the business in rock."

John Glascock memiliki sebuah hubungan dengan rekan seband Angela Allen saat di Carmen dan beberapa saat setelahnya.

Glascock sangat disukai oleh rekan bandnya di Jethro Tull, dan memiliki hubungan akrab dengan Barriemore Barlow. Barlow membayar pemakaman Glascock, Glascock meninggal dengan hampir tidak memiliki uang. Baik dia dan Barlow membuat apa yang dianggap Barlow sebuah "terrible contract" dengan Ian Anderson - ini adalah salah satu alasan untuk kepergian Barlow yang mendadak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...