Laman

Minggu, 14 Mei 2017

PETE OVEREND WATTS




Dilahirkan pada 13 Mei 1947 di Yardley, Birmingham, Inggris adalah seorang pemain gitar bass berkebangsaan Inggris dan anggota pendiri dari Mott the Hoople.

Dia pindah ke Worthing, Sussex saat masih kecil, dan kemudian ke Ross-on-Wye, Herefordshire, dimana dia mulai belajar memainkan gitar saat belajar di Ross Grammar School. Nama tengahnya, Overend (yang pada awalnya tidak dia pergunakan), datang dari keturunan keluarga itu.


Watts mulai memainkan gitar pada usia 13 tahun dan pada 1965, dia beralih ke bass, dan menjadi seorang musisi profesional disamping Mick Ralphs dalam sebuah grup, the Buddies, yang bermain di klub-klub Jerman. Grup ini kemudian menjadi the Doc Thomas Group, dan kemudian Shakedown Sound, sebelum akhirnya merubah nama mereka menjadi Silence dan mantap di London pada 1969. Grup ini kemudian menambahkan penyanyi Ian Hunter, menjadi Mott the Hoople, dan mendapat nasehat dari manajer Guy Stevens, Pete Watts mengadipsi nama panggung Overend Watts. Menyusul kepergian dari Ian Hunter dan Mick Ralphs dari band, pada 1974, anggota yang tersisa dari Mott the Hoople merekrut rekan yang tidak terkenal Ray Major, pada gitar, dan Nigel Benjamin, pada vokal. Nama ini kemudian dipersingkat menjadi Mott dan merilis dua album: Drive On (1975) dan Shouting and Pointing (1976) yang direkam dengan formasi ini, sebelum Benjamin pergi.

Watts meneruskannya dengan Dale "Buffin" Griffin, Morgan Fisher dan Ray Major di penerus the Mott, British Lions, merekrut mantan anggota Medicine Head John Fiddler. Mereka merilis album British Lion yang mencapai No. 83 di AS (1977) dan Trouble with Woman (1982). Dia kemudian menjadi produser rekaman, memproduseri para artis seprti Hanoi Rocks dan Dumb Blondies.


Pilihan bass Watts adalah Gibson Thunderbird berwarna putih, salah satunya dijual ke bassis Wishbone Ash Martin Turner.

Pada Januari 2009 dikonformisakian bahwa Watts dan anggota asli dari Mott the Hoople akan terbentuk kembali untuk tiga konser reuni ulang tahun ke 40 pada Oktober 2009. Reuni terjadi di HMV Hammersmith Apollo, London, Inggris yang diperpanjang menjadi lima pertunjukan karena permintaan.

Pada Agustus 2009 grup musik rock Amerika Mambo Sons merilis album ganda mereka Heavy Days yang menampilkan sebuah lagu untuk menghormati Watts berjudul "Overend Watts".

Pada November 2013 Mott the Hoople kembali reuni, dengan Martin Chambers kembali bermain pada drum (untuk menggantikan Buffin), untuk serangkaian pertunjukan di Birmingham, Glasgow, Newcastle dan Manchester, sebelum berakhir di the o2 di London.

Watts meninggal pada 22 Januari 2017 karena kanker tenggorokan pada usia 69 tahun.

Watts dikenal untuk perjalanan jarak jauhnya. Bukunya The Man Who Hated Walking diterbitkan pada 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...