Laman

Jumat, 05 Mei 2017

COLIN BASS




Dilahirkan pada 4 Mei 1951 di London, Inggris dan mulai bermain secara profesional pada 1968 sebagai gitaris dengan sebuah band bernama The Krisis, bermain di klub dan ballroom di UK, setelah itu dia beralih ke bass dan bergabung dengan Velvet Opera pada 1970 dengan siapa dia membuat rekaman pertamanya untuk Spark Records.

Pada 1971 dia bergabung dengan inkarnasi dari grup pemuncak tangga lagu 60an The Foundations dan menghabiskan satu tahun bermain di klub-klub kabaret sebagian besar di Inggris Utara.

Pada 1971 dia bertemu Ernie Graham, mantan Eire Apparent dan, bersama dengan gitaris Jonathan Glemser, mereka membentuk band Clancy. Band menjadi bagian dari skena Pub-Rock yang tumbuh di London dan secara singkat teken kontrak dengan Island Records tapi dicoret karena perbedaan dengan produser Muff Winwood.


Tidak lama kemudian band teken kontrak dengan Warner Brothers dan merekam dua album: Seriously Speaking (1974) dan Every Day (1975). Formasi pada kedua album itu adalah: Bass (bass, vokal), Ernie Graham (gitar, vokal), Gasper Lawal (perkusi), Dave Vasco (gitar), Dave Skinner (kibord, vokal) dan Barry Ford (drum, vokal).

Clancy bubar pada 1976 dan Colin bergabung dengan Steve Hillage, yang sedang membentuk  band untuk mempromosikan album L pada tur 6 bulan di Eropa dan AS. Formasi ini juga menampilkan mantan drumer Jethro Tull Clive Bunker.


Pada 1977 Bass diundang oleh saksofonis dan komposer Amerika Jim Cuomo, yang terkadang bermain dengan Clancy, untuk berpartisipasi dalam musiknya Woe Babylon di Edinburgh Festival. Band dari pertunjukan ini menampilkan pianis Ollie Marland dan drumer Miguel Olivares dan kuartet ini menjadi sebuah proyek yang dikenal sebagai the Casual Band. Olivares kemudian digantikan oleh mantan drumer Back Door Tony Hicks. Rekaman dibuat dengan produser Tom Newman tapi tidak pernah dirilis.

Pada 1979, manajer tur Steve Hillage Laurie Small memperkenalkan Bass pada band rock progresif Inggris Camel. Formasi pada saat itu adalah Andrew Latimer (gitar, vokal), Andy Ward (drum) dan kibordis Kit Watkins (mantan Happy the Man) dan Jan Schelhaas (mantan Caravan). Dari sini menyusul dua album I Can See Your House From Here (1979) dan Nude (1980) dan tur internasional yang dihormati.

Pada 1981 di akhir tur "Nude", masalah kesehatan Andy Ward membuat pembubaran band oleh Andrew Latimer. Bass pindah ke Paris dimana dia merekam sebuah album dan tampil langsung dengan kolega lama Jim Cuomo.


Kembali ke UK pada 1983 dia mengambil pelajaran mengajar, bermain sesi dan klub dan pub dengan berbagai formasi hingga Andrew Latimer mengundangnya untuk bergabung kembali dengan Camel untuk tur "Stationery Traveller" pada 1984. Di tahun yang sama dia mulai bermain dengan band Anglo-Ghanaian Orchestra Jazira, yang membawa pelantikan dirinya ke grup pelopor world-music 3 Mustaphas 3, yang memberinya nama Sabah Habas Mustapha.

Antara 1985 dan 1991 the 3 Mustaphas 3 merekam empat album penuh dan single dan EP dan mendapatkan pengikut setia untuk penampilan langsung mereka, tur di AS, Eropa, Jepang dan juga di bekas negara blok timur Jerman Timur, Hungaria dan Bulgaria.


Saat 3 Mustaphas 3 berhenti beraktifitas pada 1991 Colin pergi ke Indonesia dimana, lebih dari 10 tahun berikutnya dia merekam tiga album solo dengan para musisi Indonesa dibawah nama Sabah Habas Mustapha. Yang pertama, Denpasar Moon (1994), direkam di Jakarta dan mengeksplorasi suara dari gaya musik terkenal Dangdut.

Lagu judul itu menjadi sebuah hit besar di Indonesia dalam bentuk cover version oleh penyanyi dari Filipina bernama Maribeth dan berturut-turut direkam oleh lebih dari 50 artis Indonesia yang berbeda dan juga para artis dari Malaysia dan Jepang.

Pada 1997 Colin mendirikan label rekaman kartini Music yang rilisan pertamanya adalah rekaman Sabah Habas Mustapha lainnya, Jalan Kopo, direkam di Bandung, Indonesia, dan kali ini terpengaruh gaya musik oleh propinsi Jawa Barat, Sunda. Lagu andalan dari rekaman itu dimainkan sebagai musik sebelum pertunjukan untuk Illuminations: Reflections of Earth di Epcot, berlokasi di Walt Disney World di Orlando, Florida.

Pada saat bersamaan, 90an terlihat Camel kembali bersatu setelah periode yang lama tanpa aktifitas karena masalah hukum dengan manajemen terdahulu. Pada 1991, Andrew Latimer, kini pindah ke California, mengundang Colin untuk berpartispasi dalam rekaman dari "Dust and Dreams", rilisan pertama oleh label miliknya Camel Productions, yang diikuti oleh sebuah tur dunia pada 1992 dengan formasi dari Latimer, Bass, dan Mickey Simmonds (kibord) dan Paul Burgess (drum).

Antara waktu itu dan 2003 Camel merilis tiga album studio lainnya dan melakukan tur susulan yang didokumentasikan dengan album dan DVD live.

Pada 1998, Kartini Music merilis album pertama milik Bass dibawah nama Colin Bass: An Outcast of the Islands. Direkam di Polandia dan California dan menampilkan Andrew Latimer pada gitar, mantan drumer Camel Dave Stewart dan sejumlah musisi Polandia, album ini mengumpulkan pujian kritikus dan membantu untuk memantapkan reputasinya di Polandia. Tur selanjutnya menghasilkan dua album live: Live at Polskie Radio 3 (1999) dan Live Vol. 2: Acoustic Songs (2000).

2000 juga terlihat perilisan dari album Sabah Habas Mustapha lainnya yang direkam di Bandung: So La Li. Album ini lebih jauh mengeksplorasi musik wilayah Sunda dan kembali menampilkan multi-instrumentalis Ismet Ruchimat dan beberapa musisi dari grupnya SambaSunda. So La Li memenangkan pengakuan kriktikus yang luas dan dinominasikan untuk BBC Radio 3 World Music Award.

Dia tinggal di Berlin, Jerman dari 1988-2011. Dari 1994 hingga akhir 2008 dia menulis dan membawakan acara radio mingguan untuk RBB radio Multikulti dan WDR Funkhaus Europa di Jerman: "Sabah am Sonntag", mempersembahkan musik langka dan unik dari seluruh dunia.

Pada 2012 dia pindah ke Wales Utara, UK, dan membangun Wild End Studio.

Pada 2013 dia pergi ke Nigeria untuk memproduseri sebuah album untuk Etran Finatawa, direkam di sebuah tenda di gurun Sahara. Tahun itu juga Camel kembali naik panggung dengan tur Eropa dan sebuah DVD live direkam di konser mereka di London Barbican.

Pada 2014 dia ikut memproduseri album Tincian oleh band Wales 9Bach dengan post-production dan mixing diselesaikan di Wild End Studios. Camel mengerjakan bagian 2 dari tur Eropa 'Snow Goose'.

2015 terlihat tur Eropa Camel lainnya dan 9Bach memenangkan kategori 'Best Album' di BBC Radio 2 Folk Awards untuk Tincian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...