Laman

Rabu, 22 Maret 2017

SHAWN LANE




Dilahirkan pada 21 Maret 1963 di Memphis, Tennessee, AS. Pada usia delapan tahun dia mengiringi kakak perempuannya dengan piano, tapi tidak bermain gitar secara serius hingga dia berusia 10 tahun.

Lane berkembang secara cepat dalam permainan gitar, dan dia menemukan bahwa gitar adalah alat musik alaminya. Pada usia 13 tahun, dia mulai berlatih secara giat, membangun kemampuan teknisnya.

Berita mulai menyebar di sekitar Memphis tentang seorang pemain gitar muda berbakat, dan pada usia 14 tahun dia diaudisi untuk posisi gitar utama di Black Oak Arkansas. Black Oak Arkansas adalah sebuah band country rock terkenal tapi pada saat Lane bergabung popularitas band sedang menurun.


Pada usia 15 tahun Lane melihat Allan Holdsworth tampil di sebuah konser UK dan terinspirasi untuk membanungun metodenya dalam permainan gitar. Shawn melakukan tur dengan Black Oak Arkansas untuk empat tahun berikutnya. Saat para anggota asli pergi, Lane mulai merekrut para pemain dari masa SMAnya dan mulai memainkan sebuah gaya yang sangat dekat dengan fusion daripada gaya country rock yang sudah dimainkan band ini.

Pada usia 18 tahun Shawn  menikah dan berhenti dari melakukan tur dengan Black Oak Arkansas maka dia memutuskan untuk mengambil libur dan lebih mempelajari musik. Dalam lebih delapan tahun berikutnya dia mempelajari musik dan membuat komposisi miliknya dan berpusat dengan bekerja dengan memainkan piano.

Sebagian besar dari materi pada "Powers of Ten" ditulis dengan pianonya karena Lane menganggapnya sebagai alat musik utamanya untuk menulis lagu. Dia dengan cepat membangun tekniknya pada kibord juga, mengambil pengaruh dari para pianis seperti Liszt, Tatum dan Cziffra.

Dia mulai menciptakan rekaman demo yang mendapatkan perhatian dari Warner Brothers Music dan Lane diberi tawaran sebuah kontrak rekaman. Kecuali untuk satu lagu cover, Lane menulis semua materi dan memainkan semua alat musik di album debutnya. Album ini mendapat sambutan baik dan mendapatkan beberapa penghargaan majalah. Selama produksi dari album Lane terus bermain secara live dan melakukan kerja sesi. Dia juga tampil di album Centrifugal Funk milik Mark Varney Project bersama dengan Brett garsed dan Frank Gambale.

Lane merilis dua album solo lagi menyusul debutnya. Powers of Ten Live!, direkam langsung pada 1993, dan The Tri-Tone Fascination.

Saat Lane bertemu Jonas Hellbord sebuah hubungan musikal terbentuk. Mereka berdua menyukai musik klasik, rock, Pakistan dan India. Lane dan Hellbord bermain dengan Jeff Sipe dalam sebuah band yang diberi nama HLS (Hellbord, Lane, Sipe). Sipe sudah dikenal dalam sebuah skena jam band sebagai drumer asli untuk Aquarium Rescue Unit, dan membantu HLS mendapatkan paparan di seluruh dunia.

Kemudian, Lane dan Hellbord membentuk sebuah band fusion East-West dengan para musisi India V. Selvaganesh dan Umamahesh. Pada Februari 2003, Lane dan Hellborg melakukan tur India dengan drumer Andrea Marchesini. Penampilan terakhir Lane adalah di Smilefest di North Carolina dengan Hellbord dan Jim Britt.

Lane mengidap psoriasis selama hidupnya dan juga menderita psoriatis arthritis dari usia 13 tahun. Hal ini tidak mengurangi kemampuan bermainnya tapi menyebabkan kesulitan dalam berjalan, dan memerlukan perawatan dengan steroid yang secara serius membuat berat badan Shawn mencapai lebih dari 300 pound dalam tahun-tahun sebelum kematiannya (walau Shawn langsing di masa mudanya). Dia juga sering merokok.

Pada 26 September 2003, Shawn meninggal di sebuah rumah sakit di Memphis, tidak lama setelah diberitahukan bahwa dia akan tergantung dengan oksigen medis selama sisa hidupnya. Dia dimakamkan di the Memorial Park Cemetery, Memphis.

Meskipun bukan sebuah nama yang akrab untuk banyak siklus diluar musisi, para gitar virtuoso saat ini seperti Rusty Colley, Michael Romeo, Guthrie Govan, Buckethead, Paul Gilbert - yang menyebut Lane "the most terrifying guy of all time" selama sebuah klinik gitar saat ditanya tentang pemikirannya tentabf kemampuan permainan gitar milik Lane - dan banyak yang sangat memujanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...