Laman

Rabu, 29 Maret 2017

JOHN EVAN




Dilahirkan dengan nama John Spencer Evans pada 28 Maret 1948 di Blackpool, Lancashire, Inggris adalah seorang musisi dan komposer berkebangsaan Inggris. Dia lebih dikenal saat bermain kibord untuk Jethro Tull dari April 1970 hingga Juni 1980. Dia mengambil pendidikan di King's College London.

Evans merubah namanya saat di band pertamanya, The Blades, merubah nama mereka menjadi The John Evan Band. Jeffrey Hammond berpikir 'The John Evan Band' terdengar lebih baik dibandingkan 'The John Evans Band'. Dia  berpartisipasi dari skena musik Blackpool, dengan sebagian besar musisi yang nantinya menjadi Jethro Tull, termasuk Barrie Barlow dan Ian Anderson.


Kemudian, Evan belajar di kampus saat dia bisa mengenali mantan rekan-rekan bandnya di radio dengan lagu Living in the Past, dikenal bertahun-tahun kemudian bahwa lagu itu cocok dengannya karena lagu itu tidak cocok untuk sebuah lagu pop.

Pada 1970, dia bermain sebagai seorang musisi sesi di album Benefit milik Tull (dimana pengenalannya tertulis: "... and John Evan, who played keyboards for our benefit."), dan pada akhirnya diyakinkan oleh Ian Anderson untuk meninggalkan sekolah untuk menjadi anggota penuh dari band. Selain banyak kontribusinya yang beragam untuk musik grup secara keseluruhan dan aksi panggungnya, juga menonjol bahwa Evan membuat komposisi intro piano yang memorable untuk Locomotive Breath, menciptakannya di studio saat beberapa anggota band lainnya sedang keluar untuk makan siang.


Saat bersama dengan Jethro Tull, Evan memiliki ciri khas untuk mengenakan pakaian putihnya, bersama dengan pakaian berwarna kuning di bagian bawah dan sebuah dasi polka-dot berwarna pink dan kuning. Evan dapat dilihat mengenakan busana ini di foto di album War Child, dan album live Bursting Out, sementara sebuah versi lukisan dirinya terlihat mengenakan pakaian dan dasi di sampul bagian dalam dari album Aqualung. Selama konser, gerakan pantomim Evan akan menarik perhatian para penonton yang merupakan persilangan dari Harpo Marx dan The Hatter dari Alice's Adventures in Wonderland. Karena akrab dengan pakaian putih, Anderson dikenal sering bergurau yang merujuk pada Evan (selama pengenalan anggota band) sebagai "everyone's favourite ice cream salesman".


Evan pergi dari Jethro Tull pada Juli 1980, dengan "Big Split" dari band. Dia kemudian membentuk Tallis dengan sesama mantan anggota Tull, David Palmer. Setelah bertahun-tahun menjalankan perusahaan konstruksi miliknya, selama dimana dia terkadang dikenal oleh penggemar berat Tull, dia kini bermukim di Australia. Dia juga muncul di DVD Jethro Tull - A New Day Yesterday: The 25th Anniversary Collection (1969-1994) pada 2004 (aslinya dirilis pada 1994 dalam bentuk VHS), DVD Jethro Tull - Their Fully Authorised Story (1968-2008) pada 2008, dan CD/DVD Jehro Tull - Live at the Madison Square Garden (1978) pada 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...