Laman

Minggu, 12 Maret 2017

JAN SCHELHAAS




Dilahirkan dengan nama Jan Russell Schelhaas pada 11 Maret 1948 di Liverpool, Inggris adalah seorang musisi Inggris, paling dikenal sebagai pemain kibord dari band Caravan dan Camel.

Schelhaas memulai karirnya dengan bermain bass untuk beberapa band di Liverpool merilis sebuah single melalui label Deram milik Decca sebagai sebuah band soul Bernie & the Buzz pada 1968 sebelum pada akhirnya kembali ke kibord dan memulai sebuah band softrock 'National Head Band' pada 1970 dengan Neil Ford pada gitar & calon Uriah Heep Lee Kerslake pada drum. Mereka merilis album Albert One pada 1971 dengan produser Yes Eddie Offord, tapi tidak mendapatkan kesuksesan. Pekerjaan berikut untuk Schelhaas adalah Gary Moore band dan rekaman album Grinding Stone dari 1973. Setelah melakukan rekaman, dia meninggalkan Moore untuk melakukan proyek solo termasuk sebuah sesi organ di album Vagabonds of the Western World milik Thin Lizzy pada 1973.


Pada Juli 1975, Schelhaas diminta untuk bermain kibord di band Caravan setelah Dave Sinclair meninggalkan mereka. Schelhaas melakukan tur dunia dengan band dan merekam tiga album: Blind Dog at St. Dunstans (1976), Better by Far (1977) dan Cool Water, yang tidak dirilis hingga 1994. Musim panas 1978, Caravan mengambil istirahat dan Schelhaas menerima sebuah tawaran untuk bergabung dengan Camel di tur dunia mereka untuk album mereka Breathless (1978). Pada saat itu, band juga menyertakan dua sepupu Richard Sinclair (bass & vokal) dan Dave Sinclair (kibord) dengan siapa dia sudah bermain di Caravan.


Schelhaas bekerja dengan Camel hingga 1981, saat dia berkontribusi untuk I Can See Your House from Here dari 1979 dan album Nude dari 1981.


Pada 2002, Schelhaas sekali lagi diminta untuk bergabung dengan Caravan karena Dave Sinclair sudah pergi karena perbedaan musikal. Dia merekam The Unauthorized Breakfast Item dengan mereka di tahun yang sama juga sebuah tur. Walaupun ada waktu hiatus dalam aktifitas band dari 2005-10 (selama dimana dia merilis album solo pertamanya, Dark Ships, pada 2008), Jan bertahan sebagai anggota dari Caravan dan muncul di album terbaru mereka, Paradise Filter pada 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...