Laman

Minggu, 12 Maret 2017

PIM KOOPMAN




Dilahirkan dengan nama Wilhelmus Frederikus Koopman pada 11 Maret 1953 di Hilversum, Belanda, adalah drumer dari band progressive rock Belanda, Kayak.

Koopman ikut mendirikan Kayak pada 1972, bersama dengan Ton Scherpenzeel, Johan Slager dan Max Werner. Koopman meninggalkan band pada 1976 karena masalah kesehatan dan bermasalah dengan manajer grup. Dia kemudian menjadi seorang produser rekaman, dan mendapatkan kesuksesan dengan para musisi seperti Maywood, Jose Hoebee, Valensia, Petra Berger dan Robby Valentine. Dia kembali ke Kayak untuk reuni pada 1999, dan bermain drum di Kayak lagi hingga kematiannya pada 2009.


Sebagai seorang musisi, penulis, produser dan aranjer, Koopman juga terlibat dalam dua band lainnya: Diesel dan The President. Di Diesel dia bekerja dengan (antara lain) Rob Vunderink, yang kemudian bergabung dengan Koopman di Kayak. The President adalah sebuah kolaborasi dengan Okkie Huysdens.


Dia adalah komposer dari enam lagu untuk Eurovision Song Contest: "Jouw lach" dibawakan oleh Dick Rienstra (1977), "Later" oleh Brigitte (1984), "Champagne" dan "Deja Vu" oleh Willeke Alberti (1994) dan "De Wereld is van jou" oleh Gina de Wit dan "Met of zonder jou" oleh Clau-Dya's pada 1996.

Terpisah dari pekerjaannya sebagai seorang musisi, Koopman sering meminjamkan suaranya untuk versi Belanda dari kartun dan film, dia dapat didengar di Barnyard, Happy Feet dan Lilio & Stitch.

Dia meninggal pada 23 November 2009, pada usia 56 tahun, karena serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...