Laman

Minggu, 12 Maret 2017

HARVEY MANDEL




Dilahirkan pada 11 Maret 1945 di Detroit, Michigan, dan tumbuh di Morton Grove, Illinois, sebuah wilayah dari Chicago.

Rekaman pertamanya adalah album Stand Back! Here Comes Charley Musselwhite's Southside Band pada 1966 dengan Charlie Musselwhite. Digambarkan dalam Legends of Rock Guitar (1997) sebagai sebuah album "legendary", album itu merupakan pengaruh dalam menghilangkan perbedaan antara blues dan rock and roll, dengan "relentless fuzztone, feedback-edged solos, and unusual syncopated phrasing" milik Mandel. Dia pindah ke San Fransisco Bay Area, sering tampil di The Matrix, sebuah klub dimana musisi lokal favorit seperti Jerry Garcia atau Elvin Bishop akan datang dan bermain. Dia kemudian bertemu DJ San Fransisco pelopor dan produser Abe "Voco" Kesh (Abe Keshishian), yang mengontrak Mandel kepada Philips Records dan memproduseri album pertamanya, Cristo Redentor, pada 1968. Mandel melakukan rekaman dengan Barry Goldberg dalam sebuah bootleg dari Cherry Records dan melakukan rekaman dengan Graham Bond. Dia merekam dua album solo lagi untuk Philips, Righteous (1969) dan Games Guitars Play (1970), diikuti oleh tiga buah album solo lagi untuk label rekaman independen Janus pada awal 1970an, termasuk Baby Batter.


Di malam saat Henry Vestine meninggalkan Canned Heat, Mandel sedang berada di kamar ganti milik band di Fillmore West. Mike Bloomfield bergabung dengan mereka untuk bagian pertama, dan Mandel masuk untuk bagian kedua. Penampilan ketiganya dengan band adalah di Woodstock Festival pada 1969. Selama periode ini, dengan rekan band Canned Heat Larry Taylor dan Fito de la Parra, Mandel berkontribusi untuk proyek sesi super 'Music from Free Creek'. Mandel bertahan dengan Canned Heat selama satu tahun, melakukan tur dan merekam materi yang muncul di tiga album. "Let's Work Together", sebuah lagu oleh Wilbert Harrison yang disertakan di album Future Blues menjadi sebuah hit internasional. Dia juga ada di album Live in Europe sebelum kematian dari Alan Wilson.


Dengan bassis Canned Heat Larry Taylor, Mandel bergabung dengan band John Mayall untuk dua tahun kedepan. Dia dapat didengar bermain di dua album pada periode itu USA Union dan Back to the Roots. Pada 1972, dia bergabung dengan Don "Sugarcane" Harris, Randy Resnick pada gitar, Victor Conte pada bass, dan Paul Lagos pada drum untuk membentuk band Pure Food and Drug Act, yang merilis satu album, Choice Cuts.


Saat gitaris Rolling Stones Mick Taylor meninggalkan band, Mandel diaudisi sebagai penggantinya. Dia merekam dua lagu untuk album 1976 mereka Black and Blue: "Hot Stuff" dan "Memory Motel". Selama 1970an Mandel merilis album-album Baby Batter, The Snake dan Shangrenade, di Shangrenade dia menggunakan teknik two-handed tapping. Dia juga merilis sebuah video instruksi, Harvey Mandel: Blues Guitar & Beyond.

Mandel berakting di film Chalk, yang disutradarai oleh Rob Nillson.

Pada 2009, Mandel dan Larry Taylor melakukan reuni dengan Fito de la Parra dan formasi Canned Heat saat ini untuk melakukan pertunjukan di tur Canned Heat. Taylor, Mandel dan de la Parra menjadi bagian dari formasi 1969 Woodstock Festival. Mandel bergabung kembali dengan Canned Heat secara permanen pada 2010.

Harvey Mandel and the Snake Crew dirilis pada 2006, dan diproduseri oleh Mandel dan Michael Borbridge. Para penampil tamu meliputi Elvin Bishop, Norton Buffalo, Marcy Levy, dan Nick Gravenites, juga Freddie Roulette, Pete Sears, Peter Albin, Mic Gillette, Barry Goldberg dan Howard Wales. Harvey Mandel and the Snake Crew (Live) menyusul pada 2009.

Pada 2014, Mandel menjadi tamu di album Primitive Son milik Eli Cook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...