Laman

Sabtu, 25 Maret 2017

CAROL KAYE



Dilahirkan pada 24 Maret 1935 adalah seorang musisi berkebangsaan Amerika, dikenal sebagai salah satu pemain bass produktif dan terkenal, bermain di 10.000 rekaman dalam karirnya yang terentang selama lebih dari 50 tahun.

Sebagai seorang musisi sesi, Kaye adalah bassis di banyak produksi milik Phil Spector dan Brian Wilson pada 1960an dan 1970an. Dia merekam gitar di "La Bamba" milik Ritchie Valens dan dikreditkan dengan bass di beberapa hit Simon & Garfunkel dan banyak musik film oleh Quincy Jones dan Lalo Schifrin. Salah satu album yang paling terkenal dimana Carol berkontribusi adalah Pet Sounds milik the Beach Boys.

Kaye lahir di Everett, Washington, dari musisi profesional Clyde dan Dot Smith. Dia tumbuh di lingkungan dekat Port Angeles dan pada 1949, pada usia 14 tahun mulai mengajar gitar secara profesional. Selama 1950an, Kaye memainkan gitar bebop jazz di banyak klub malam seputaran Los Angeles dengan banyak band yang diperhitungkan meliputi grup jazz milik Bob Neal, Jack Sheldon yang mendukung Lenny Bruce, Teddy Edwards dan Billy Higgins. Dengan memakai namanya sendiri, Kaye mendapatkan pekerjaan studio "secara tidak sengaja" pada akhir 1957 dengan Sam Cooke. Beberapa tahun kemudian, saat seorang pemain bass gagal untuk muncul untuk sebuah sesi di Capitol Records di Hollywood, dia diminta untuk mengisi pada apa yang sering disebut Fender Bass. Dia adalah anggota dari The Wrecking Crew, yang dia sering sebut "The Clique", sebuah grup dari para musisi studio yang memainkan banyak rekaman terkenal dari Los Angeles pada 1960an.

Selama 1960an, pada saat belum dikenal umum, Kaye memainkan bass pada sebuah lagu menonjol dari rekaman yang muncul di Billboard Hot 100. Oleh beberapa perhitungan, dia bermain di 10.000 sesi rekaman. Kaye bermain bass di banyak rekaman hit milik the Beach Boys, meliputi "Help Me, Rhonda", "Sloop John B", dan "California Girls". Dia bekerja di proyek Smile yang gagal tapi legendaris milik Brian Wilson dan hadir di sesi "Fire" pada akhir November 1966 saat Wilson secara mendadak diminta oleh para musisi studio untuk memakai topi pemadam kebakaran. Karya Kaye juga muncul secara luas di soundtrack tv dan film yang terkenal dari 1960an dan awal 1970an.

Dia bekerja dengan sebagain besar produser dan penata musik terkemuka di Los Angeles selama era itu, termasuk Terry Melcher, Brian Wilson, Michel Legrand, Phil Spector, Elmer Bernstein, Lalo Schifrin, David Rose, Dave Grusin, Ernie Freeman, Hugo Montenegro, Leonard Rosenman, John Williams, Alfred Newman, David Axelrod dan Lionel Newman. Alur solo bassnya yang intens, menyatu di produksi milik Spector dari "River Deep, Mountain High", yang dipakai drama untuk lagu "Wall of Sound" dan membantu mengangkat rekaman itu ke Grammy Hall of Fame. Kaye memainkan bass di beberapa lagu hit milik the Monkees, dan mengerjakan soundtrack (termasuk efek suara pada bass) untuk Steven Spielberg muda. Dia juga muncul dengan intro terkenal pada hit besar "Wichita Lineman" milik Glen Campbell. Pekerjaannya untuk Quincy Jones sangat memukau Jones, dimana dia berkata di otobiografi miliknya pada 2001, Q bahwa "... women lika... Fender bass player Carol Kaye... coul do anything and leave men in the dust."

Kaye tampil di beberapa tema tv Amerika termasuk Quinn Martin yang memproduksi Cannon, The Streets of San Fransisco, Mission: Impossible, M*A*S*H, Kojak, Get Smart, Hogan's Heroes, The Love Boat, McCloud, Mannix, It Takes a Thief, Peyton Place dan Crosby Show. Dia dikreditkan dengan tampil di soundtrack dari Hawaii Five-O, The Addams Family dan The Brady Bunch juga Ironside, Room 222, Bonanza, Wonder Woman, Alias Smith & Jones, Run for Your Life dan Barnaby Jones.

Pada 1969, dia menulis How to Play The Electric Bass, yang pertama dari banyak buku panduan dan video instruksi. Dia memberikan pelajaran untuk ribuan murid, termasuk John Clayton, Mike Porcaro, Alf Clausen, David Hughes, Tony Sales, Karl E. H. Seigfried, Roy Vogt dan David Hungate. Kaye pensiun dari pekerjaan studio selama 1970an karena arthritis. Dia kemudian aktif lagi sebagai seorang musisi sesi, penampil jazz live, dan guru dari bass dan gitar, memberikan seminar dan wawancara.

Kaye memainkan 12-string guitar di album Freak Out! milik Frank Zappa. Dia juga bermain di beberapa lagu untuk album Zappa selanjutnya tapi menolak untuk melanjutkan, mengatakan dia menemukan beberapa lirik yang ofensif. Kaye kemudian mengatakan Zappa tidak tersinggung dan mengerti tentang keputusannya dan mereka tetap berteman.

Tidak seperti kebanyakan bassis, Kaye lebih banyak menggunakan sebuah pick, atau plectrum, daripada memainkan senar dengan jari-jarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...