Laman

Sabtu, 25 Maret 2017

HOLGER CZUKAY




Dilahirkan dengan nama Holger Schuring pada 24 Maret 1938 adalah seorang musisi berkebangsaan Jerman, dikenal sebagai salah satu pendiri dari grup krautrock Can. Digambarkan oleh kritikus Jason Ankeny sebagai "successfully bridg(ing) the gap between pop and the avant-garde," Czukas juga dianggap menciptakan contoh penting awal dari musik ambient, untuk mengeksplorasi "world music" dengan baik sebelum istilah itu disebutkan, dan untuk menjadi pelopor dalam sampling.

Czukay dilahirkan pada 1938 di Free City of Danzig (sejak 1945 Gdansk, Polandia), dari keluarga yang diusir setelah PD II. Karena kekacauan perang, pendidikan utama Czukay terbatas. Namun, pengalaman awal penting, adalah bekerja, saat masih remaja, di sebuah tempat perbaikan radio, dimana dia menjadi gemar mendengarkan siaran radio (mengantisipasi penggunaan siaran radio shortwave sebagai elemen musik dan menjadi akrab dengan kelainan perbaikan dan keahlian alat listrik.

Czukay mempelajari musik dibawah Karlheinz Stockhausen dari 1963 hingga 1966 dan kemudian bekerja untuk sesaat sebagai guru musik. Pada awalnya Czukay memiliki sedikit minat dalam musik rock, tapi hal ini berubah, saat seorang murid memainkan untuknya lagu 1967 milik The Beatles "I Am the Walrus", sebuah single psychedelic rock 1967 dengan struktur musik yang tidak biasa dan membuat kebisingan di radio AM. Ini membuka telinganya pada musik oleh para eksperimentalis rock seperti The Velvet Underground dan Frank Zappa.


Czukay ikut mendirikan Can pada 1968. Dia memainkan bass dan mengerjakan sebagian besar rekaman dan penataan rekam untuk grup. Rosko Gee, mantan bassis dari band Inggris Traffic, bergabung dengan band pada 1977, dengan Czukay hanya menangani rekaman dan efek khusus pada album Saw Delight, album terakhirnya dengan grup sebelum pergi untuk berkarir solo.


Setelah kepergiannya dari Can, Czukay merekam beberapa album. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan dari suara radio shortwave dan pelopor awalnya dari sampling. Dia masa itu melibatkan pita magnetis. Dia merekam dengan pita beraga, suara dan potongan musik dari gelombang radio dan menggabungkan mereka ke dalam komposisinya. Dia juga menggunakan gelombang pendek saat tampil langsung, alat musik interaktif (seperti pada Radio Wave Surfer pada 1991), sebuah metode dari komposisi yang dia sebut "radio painting". Czukay juga mengatakan "If you want to make something new, you shouldn't think too far beyond one certain idea".

Czukay sudah berkolaborasi dengan sejumlah musisi besar, sejumlah album menonjol dengan Jah Wobble dan David Sylvain, dua musisi muda Inggris yang berbagi ketertarikannya dalam menggabungkan musik pop dengan rekaman eksperimental dan teknik sampling. Kolaborator lainnya meliputi U.N.K.L.E, Brian Eno, Eurythmics, dan band Neue Deutsche Welle Jerman, Trio.

Pada 2009, setelah sebuah waktu bermasalah dengan perusahaan rekaman yang secara bertahap merilis ulang album-albumnya dalam bentuk CD, Czukay mulai sebuah kolaborasi baru dengan label rekaman Claremont 56, merilis hanya dalam vinyl remix dari lagu-lagu dari album-album awal, juga beberapa rekaman baru. Pendekatan ini merubah rencana Czukay untuk katalog lamanya, maka album-album asli Der Osten ist Rot (1984), Rome Remains Rome (1987) dan Moving Pictures (1993) tidak akan dirilis ulang lagi (dalam kasus Moving Pictures, karena masternya tidak bisa lagi diperbaiki). Alih-alih, sebagian besar lagu dibuat ulang dan ditata secara baru sebagai rilisan vinyl edisi terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...