Laman

Kamis, 23 November 2017

ROD PRICE




Dilahirkan dengan nama Roderick Michael Price pada 22 November 1947 di Willesden, North London, Inggris adalah seorang gitaris Inggris yang terkenal karena karyanya dengan band rock Foghat. Ia dikenal sebagai 'The Magician of Slide', dan 'Slide King of Rock And Roll', karena permainan gitar slide-nya.

Pada usia 21, Price bergabung dengan band blues Inggris Black Cat Bones (menggantikan Paul Kossoff ), yang merekam satu album, Barbed Wire Sandwich. Album ini dirilis pada akhir tahun 1969, ketika blues Inggris digantikan oleh rock, dan meskipun secara artistik berhasil, ini adalah kegagalan komersial. Band ini bubar, dan Price bergabung dengan Foghat ketika grup ini pertama kali dibentuk di London pada tahun 1971. Dia bermain di sepuluh album pertama band ini, yang diluncurkan dari tahun 1972 sampai 1980. Kemampuan bermain slide ciri khasnya membantu mendorong band ini menjadi salah satu kelompok rock yang paling sukses di Amerika Serikat selama tahun 1970an. Permainan slide-nya ditampilkan dengan jelas pada lagu-lagu Foghat "Drivin' Wheel", "Stone Blue", dan hit terbesar kelompok ini, "Slow Ride ", yang merupakan hit top 20 di tahun 1976. Penampilan terakhir Price dengan Foghat sebelum dia pergi untuk pertama kalinya adalah di Philadelphia Spectrum pada tanggal 16 November 1980. Dia digantikan oleh gitaris Erik Cartwright.


Price lenyap dari bisnis musik hingga tahun 1990, saat ia sempat bergabung secara singkat dengan vokalis Foghat Dave Peverett. Foghat benar-benar berpisah beberapa tahun setelah Price pergi, dan drummer Roger Earl telah mereformasi band tanpa Peverett, yang memutuskan untuk memulai versi bandnya sendiri dan mengundang Price untuk berpartisipasi. Price masuk dan keluar dari band untuk beberapa tahun ke depan, namun setuju untuk berkomitmen total untuk sebuah reuni yang menampilkan keempat anggota Foghat yang asli pada tahun 1993.


Foghat kemudian merilis Return of the Boogie Men pada bulan September 1994. Album ini gagal meraih kesuksesan komersial sebanyak yang pernah mereka dapatkan, namun demikian mereka langsung melaju dan mulai melakukan tur secara teratur di seluruh Amerika Utara, membangun kembali reputasi mereka sebagai aksi live yang sangat baik. Foghat merilis CD Road Cases pada tahun 1998, sebuah rekaman live yang selanjutnya memperkuat kehebatan slide Price. Sebuah DVD berjudul Two Centuries of Boogie, yang direkam pada konser tahun 1996 di Dayton, Ohio memberikan tampilan langsung dan kemampuan tingkat mahir dari kemampuan gitar Price. Ini juga dilengkapi dengan wawancara mendalam dengan musisi itu sendiri, begitu pula anggota Foghat lainnya.

Price sekali lagi meninggalkan Foghat pada tahun 1999, setelah vokalis Dave Peverett didiagnosa menderita kanker. Penyanyi itu kembali ke band setelah beberapa bulan menjalani penyembuhan, namun pada saat ini Price telah memutuskan bahwa dia ingin berhenti dari pekerjaan jalan penuh waktu dan berpisah dengan Foghat. Ia digantikan oleh gitaris Bryan Bassett.


Price mulai karir solo pada awal abad ke-21, dan kembali ke akar bluesnya. Dia merilis dua CD, Open (2002) dan West Four (2003). [2] Ia melakukan tur dan tampil di klub blues di seluruh Amerika Serikat, dan juga tampil di seminar gitar dan lokakarya selama periode ini.
Price meninggal di rumahnya di Wilton, New Hampshire, pada 22 Maret 2005, setelah ia terjatuh menaiki tangga saat menderita serangan jantung. Ia meninggalkan istri Jackie dan lima anaknya. 

Price menikah dengan Robyn Renzi di tahun 1970an namun mereka bercerai pada tahun 1979. Perkawinan tersebut tidak menghasilkan anak.

Selama karirnya yang panjang, Price juga berkolaborasi dengan Shakey Vick’s Blues Band, Champion Jack Dupree, Duster Bennett, Eddie Kirkland, Muddy Waters, John Lee Hooker, Willie Dixon, dan David "Honeyboy" Edwards.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...