Laman

Kamis, 23 November 2017

ROWAN ROBERTSON


Dilahirkan dengan nama Rowan Wingate Robertson pada 22 November 1971 di Cambridge, Cambridgeshire, Inggris adalah seorang gitaris rock Inggris yang saat ini bermain untuk Bang Tango. Dia juga bermain untuk DC4. Robertson juga bermain gitar untuk Radio AM, Dio, Vast, dan Violet's Demise. Robertson juga telah bekerja sebagai komposer film untuk Dirty Step Upstage milik sutradara Amber Moelter dan telah memfilmkan banyak video gitar instruksional.

Rowan Robertson direkrut untuk bergabung dengan band Dio saat usianya baru 17 tahun. Pengalaman itu meluncurkan gitaris muda ini dari ketidakjelasan ke ketenaran internasional hampir dalam semalam. Berita bahwa band Dio telah mengganti gitaris yang ditinggalkan Craig Goldy dengan pemain gitar muda yang luar biasa muda yang beredar di majalah hard rock dan heavy metal seperti Hit Parader, Rip, dan Circus beberapa bulan sebelum album pertama dan satu-satunya milik Robertson dengan band ini, Lock Up the Wolves, sudah diterbitkan. 



Sebagai penggemar Dio, Robertson menyadari kepergian Craig Goldy dari Dio setelah album Dream Evil band dan tur selanjutnya. Robertson memulai usaha sungguh-sungguh untuk melakukan kontak dengan manajemen band tersebut, meminta kesempatan untuk mengikuti audisi. Upaya awalnya tidak berhasil. Setelah sampai di label band, Phonogram Records, (tidak lama setelah melihat Dio bersama Craig Goldy pada gitar yang melakukan pertunjukan di festival Monster of Rock di Donington Castle, Inggris, pada 1987), Robertson menerima respons yang kurang bagus. menolak permintaan audisi pribadinya. Robertson bertahan dan mengulurkan tangan ke klub penggemar resmi Dio, berharap bisa menghubungi seseorang yang lebih dekat dan dengan ikatan pribadi yang lebih kuat dengan manajemen band. Upaya terakhir terbukti berhasil. Klub penggemar band ini meneruskan demo Robertson, kali ini mengarah ke sebuah audisi. Pada awal 1989 Robertson diterbangkan ke Los Angeles untuk audisi formal dengan Ronnie James dan Wendy Dio. Sebuah audisi kedua menghasilkan sebuah tawaran dan sebuah pengumuman resmi bahwa Robertson sekarang adalah gitaris resmi band yang baru. Anggota pers diundang untuk bertemu dengan pemain gitar baru di Oliver's Pub, di New York City pada tanggal 20 Juli 1989. Antara acara Oliver's Pub dan perilisan Lock Up the Wolves, fokus media pada pemain gitar baru yang menjanjikan itu signifikan.




Sesi Lock Up the Wolves awalnya meliputi Jimmy Bain, Vinny Appice dan Jens Johansson. Line-up ini telah menulis dan merekam bagian-bagian Lock Up the Wolves sebelum Bain dan Appice masing-masing diganti dengan Teddy Cook dan mantan drumer AC/DC Simon Wright. Album ini dirilis pada tanggal 15 Mei 1990, dan band ini memulai tur untuk mendukung album tersebut.

Masa jabatan Robertson di Dio terpotong oleh persistensi industri musik untuk reuni Ronnie James Dio dengan Black Sabbath. Pada tahun 1991 diumumkan bahwa reuni yang sangat dinantikan akan berlangsung. Pada saat itu, band, termasuk Robertson, telah menulis lagu untuk album mendatang yang telah dijadwalkan untuk dirilis pada Mei 1991. Setelah reuni Black Sabbath dengan Ronnie James Dio diumumkan, dengan demikian album kedua Robertson dengan Dio disimpan. Robertson telah mengkonfirmasi adanya rekaman latihan untuk apa yang akan menjadi tindak lanjut dari Lock Up the Wolves namun dia menyatakan ini akan tetap diarsipkan dan dia merasa tidak nyaman melepaskan semua ini ke publik, dengan mempertahankan bahwa dia hanya akan melakukan itu dengan izin dari Ronnie James Dio sendiri.

Sebuah reuni Robertson dengan Dio, yang diharapkan banyak penggemar tidak terwujudkan sebelum kesehatan penyanyi tersebut menurun, dan dia meninggal pada bulan Mei 2010. Sebuah reuni hampir terjadi pada tahun 2001 ketika Robertson dijadwalkan untuk menggantikan Craig Goldy dalam tur di Afrika Selatan untuk mendukung album baru Dio saat itu Magica setelah Goldy mengalami cedera. Namun serangan 11 September mempengaruhi rencana tur band tersebut. Jabatan kedua Robertson di Dio tidak pernah terwujud.


Ketika Dio di non-aktifkan karena reuni Ronnie James Dio-Black Sabbath, Rowan Robertson mulai menjalankan dua proyek baru: mengerjakan video instruksi untuk pemain gitar dan sebuah band baru dengan vokalis Oni Logan (mantan Lynch Mob ) dan drummer Jimmy Paxson. Mereka mulai merekam album untuk Atlantic Records, namun tidak dirilis oleh label pada saat itu. Atlantic Records akhirnya merilis album itu - berjudul Revisited - pada tahun 2002 dengan nama band yang berbeda: Logan-Robertson. Setelah Violet's Demise, Robertson menghabiskan tiga tahun melakukan pekerjaan sesi di Los Angeles, dan juga beberapa pekerjaan di Jepang, di mana dia melakukan tur sebentar.

Robertson kemudian bekerja dengan VAST (Visual Audio Sensory Theatre), didirikan dan dikepalai oleh Jon Crosby, dalam tur yang mendukung album pertama proyek tersebut. VAST mengambil pendekatan teatrikal terhadap pertunjukan. Meskipun Robertson bermain live dengan band ini setelah mereka merilis album pertama mereka dan dia berkontribusi dalam pengembangan rilis VAST kedua, Music for People, dia berpisah dengan VAST karena perbedaan kreatif. Sebagian besar karya Robertson yang dikontribusikan pada VAST adalah pada gitar ritem, sementara Robertson secara khusus dikenal dengan berbagai kemampuan yang mencakup gitar ritem dan gitar utama yang kuat.

Robertson direkrut oleh Kevin Ridel dan Rivers Cuomo dari Weezer. Setelah pindah ke Los Angeles selama tahun-tahun Dio- nya, Robertson sangat dekat dengan dunia musik yang berkembang dan mulai mengalami keragaman gelombang musik setelah rotasi tajam seniman grunge yang mulai berkurang setekah puncak genre tersebut pada akhir 1990-an. Sepanjang waktu ini, Robertson terus bekerja dengan Oni Logan dari Violet's Demise - sebuah kolaborasi yang pada akhirnya akan membuka jalan bagi peluncuran album debut Violet's Demise yang telah disimpan bertahun-tahun sebelumnya. Album penuh pertama band ini, diproduseri oleh Rivers Cuomo, Radioactive , dirilis melalui Elektra pada tahun 2003. Ini termasuk single "Taken for a Ride" dan "I Just Wanna Be Loved." "I Just Wanna Be Loved" ditampilkan di serial televisi WB Smallville, dan dirilis di soundtrack acara tersebut. Juga pada tahun 2003, "Taken for a Ride" ditampilkan di soundtrack video game untuk John Madden Football 2003 milik EA Sports. Band ini menerima lebih banyak dukungan dari WB saat "Taken for a Ride" ditampilkan di episode One Tree Hill. Lagu tersebut juga muncul di trailer televisi untuk film FOX yang berjudul The Girl Next Door pada tahun yang sama.

Salah satu proyek Robertson yang lebih tidak jelas adalah sebuah band bernama Happy Birthday. Pada bulan April 2005, Robertson memulai tur singkat Pantai Barat dengan Happy Birthday, yang mendukung band milik Jimmy Chamberlin, The Jimmy Chamberlin Complex, menurut biografi Robertson di sebuah halaman untuk perusahaan itu yang mewakili artis secara legal.

Pada tahun 2005 Robertson juga mulai berkolaborasi dalam sebuah proyek bernama Wicked Outlaw. "Band baru, yang menampilkan gitaris Rowan Robertson dan komposer Finlandia dan bassis Marko Pukkila (sebelumnya dari Altaria)," sedang "menulis materi asli" dan diharapkan untuk melakukan debut dan tur ke Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2006 menurut Blabbermouth.net. Gerakan awal untuk mengatur Wicked Outlaw benar-benar terjadwal kembali ke awal Mei 2004 dan dikenal untuk mencari penyanyi dan drummer. Meskipun status terkini dari Wicked Outlaw tidak diketahui, Robertson tidak pernah menyatakan bahwa pekerjaan pada proyek ini telah selesai.




DC4 awalnya menampilkan Shawn Duncan (dari Odin) pada drum, Matt Duncan pada bass, dan Jeff Duncan (dari Armored Saint dan Odin) pada vokal dan gitar. DC4 merilis album debut mereka, Volume 1, dengan gitaris Hyland Church pada tahun 2002. Rowan bergabung dengan band ini pada tahun 2006 sebagai pengganti Church dan tampil di album kedua band ini, Explode, pada tahun 2007. Robertson juga hadir di album ketiga mereka, Electric Ministry di 2011.

Pada tahun 2014, Rowan Robertson adalah anggota dari Bang Tango.




Sejak Mei 2011, Rowan Robertson telah menjabat sebagai kolumnis untuk majalah Intense Guitar and Bass. Dia juga bekerja sama dengan kibordis Black Sabbath lama Geoff Nicholls, Nils Patrik Johanson dan yang lainnya di sebuah band bernama The Southern Cross. Band ini berfokus pada materi Black Sabbath dan Dio yang tidak satupun dari anggota asli lainnya dari band-band itu tidak bermain lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...