Laman

Sabtu, 25 November 2017

RUSS PARRISH 'SATCHEL'




Dilahirkan dengan nama Russell John Parrish pada 24 November 1970 di Redwood City, California, AS, lebih dikenal dengan nama panggung Satchel, adalah seorang musisi Amerika. Ia dikenal sebagai gitaris di band glam metal komedi Steel Panther.

Russ Parrish lulus dari The Guitar Institute of Technology (GIT) di Hollywood's Musician's Institute pada tahun 1989. Setelah lulus, Parrish menjadi instruktur selama awal tahun 90an saat bermain dengan sampingan dari Racer X, Bad Dog dengan vokalis Jeff Martin dan The Electric Fence dengan Martin di drum dan Paul Gilbert bergantian pada gitar dan bass. Ketika Paul Gilbert bergabung dengan Mr. Big, Parrish menyewa sebuah kamar di rumah Los Angeles milik Gilbert dan menjaga untuknya saat Gilbert pergi tur, sekaligus merekam demo di studio rumah milik Gilbert. Dia telah bekerja secara ekstensif dengan Gilbert dan menulis beberapa lagu milik Paul Gilbert. Parrish terlihat bermain bass (bersama Jeff Martin di drum) di bagian tuning video Gilbert yang berjudul "Terrifying Guitar Trip".


Dia bermain gitar untuk band Jeff Pilson, War & Peace, muncul di album Time Capsule, koleksi demo yang dirilis di Shrapnel Records. Setelah pecahnya War & Peace, Parrish bermain di band cover Thin Lizzy saat Jeff Martin mengenalkannya pada penyanyi Judas Priest Rob Halford, yang mengakibatkan Parrish bergabung dengan band Halford Fight dan merekam album War of Words. Setelah keluar dari Fight dia bergabung dengan Cleveland's Outta The Blue, sebuah band glam metal lokal yang menutup pertunjukan mereka dengan cover Racer X, dan yang kemudian menjadi The Szuters. Pada tahun 1995, Parrish memainkan gitar di band tur Kevin Gilbert untuk mendukung album Thud milik Gilbert. Dia dapat terlihat tampil bersama Gilbert pada Welcome to Joytown - Thud Live di Troubadour, sebuah DVD dan CD yang dirilis pada tahun 2009, mendokumentasikan konser band tahun 1995 di The Troubador di Los Angeles. Pada tahun 1996, Parrish memainkan gitar bersama Sebastian Bach di lagu "Rock Bottom" untuk sebuah album penghormatan Ace Frehley, Spacewalk (A Salute to Ace Frehley). Dari tahun 2002 sampai 2006, ia juga bermain gitar di sebuah band penghormatan Van Halen dengan Ralph Saenz yang diberi nama The Atomic Punks. Sekitar waktu yang sama, ia berada di sebuah band cover Rush bernama Moving Pictures dengan drummer Atom Punks Scott Patterson. Russ Parrish juga tampil bersama Corey Taylor di album penghormatan Ronnie James Dio yang berjudul "This Is Your Life" di lagu "Rainbow In The Dark". Pada awal tahun 2000an, dia adalah pemimpin bandnya sendiri, The Thornbirds, dengan Darren Leader, Jeff Duncan, dan Dean Cameron.


Pada tahun 2000, Parrish secara bersamaan bermain di berbagai band dan berakting dalam produksi "Rockalypse Now", sebuah drama yang ditulis oleh bassis Thornbirds masa depan dan kadang-kadang penulis lagu Steel Panther Dean Cameron. Sekitar waktu ini, dia dan Ralph Saenz memulai band cover glam metal Metal Shop masing-masing sebagai karakter Rikki Ratchet dan Michael Diamond, dan muncul dalam iklan Discover card sebagai "Danger Kitty", sebuah band fiksi dengan satu hit yang menghabiskan semua uang royalti mereka pada kemewahan dan bangkrut. Pada tahun 2003, Metal Shop (sekarang berganti nama menjadi Metal Skool) merilis album debut mereka, Hole Patrol, dan mulai memasukkan lagu asli ke dalam lagu panggung mereka. Formasi Steel Panther "klasik" juga dimantapkan pada titik ini, dengan Travis Haley pada bass dan Darren Leeder pada drum, dan dengan alias Rikki Ratchet dan Michael Diamond masing-masing diganti dengan Satchel dan Michael Starr. Enam tahun kemudian, band ini berganti nama menjadi Steel Panther dan merilis album pertama mereka dengan nama tersebut, berjudul Feel the Steel.

Parrish menyebut Tony Iommi, Ritchie Blackmore, Buck Dharma, Eddie Van Halen, Alex Lifeson dan Yngwie Malmsteen sebagai pengaruh gitar utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...