Laman

Kamis, 16 November 2017

FRANK INFANTE




Dilahirkan pada 15 November 1951 di New York, AS adalah gitaris dan bassis berkebangsaan Amerika yang dikenal sebagai mantan anggota dari band Blondie.

Sebelum Blondie, Infante memantapkan dirinya dengan bermain gitar di grup heavy, electric blues seperti The Elegant End dan World War III. Pada 1975, dia bergabung dengan Sniper. Infante bergabung dengan Blondie pada 1977 sebagai seorang pemain sesi. Grup ini sudah dibentuk tiga tahun sebelumnya oleh penyanyi Deborah Harry dan pemain gitar Chris Stein, yang tersisa dari grup milik Harry sebelumnya, The Stilettos. Gary Valentine adalah bassis milik band di Agustus tahun itu tapi digantikan oleh Infante pada Juli 1977.


Chrysalis Records mengambil alih kontrak milik Blondie dari Private Stock Records, dan pada Februari 1978, band merilis album kedua mereka, Plastic Letters. Infante bermain di rekaman itu tapi gambarnya tidak ada di sampul album. Dia terus bermain bass untuk Blondie hingga Nigel Harrison bergabung dengan grup kemudian di tahun itu, dimana Harrison mengambil alih peran pemain bass dan Infante beralih ke gitar. Produser rekaman Mike Chapman mengatakan bahwa dia menganggap Infante sebagai seorang “amazing guitarist!” dan anggota Blondie produktif yang paling memiliki teknik dimana dia mulai memproduseri Parallel Lines. Baik Infante dan harrison bertahan dengan band hingga bubar pada 1982, tapi tidak seorangpun dari mereka yang dilibatkan saat Blondie terbentuk kembali di akhir 1990an. Infante dan Harrison menggugat anggota band lainnya untuk membentuk kembali band tanpa mereka, tapi tuntutan hukum itu tidak berhasil.

Selama masanya dengan band, Infante berkontribusi untuk menulis sejumlah lagu-lagu milik Blondie, meliputi “Victor”, “I Know But I Don’t Know”, dan “Underground Girl” yang merupakan demo dari sesi Parallel Lines milik band pada 1978.

Selama hiatus Blondie pada 1981, Infante mengerjakan album Bad Reputation milik Joan Jett. Dia juga mengerjakan album-album milik Stiv Bators dan Sylvain Sylvain. Tidak lama kemudian, dia melakukan tur dan rekaman dengan grup-grup seperti Iggy Pop dan Divinyls. 1999 terlihat perilisan dari album Nuggets milik Iggy Pop dan kemudian, pada 2008, Where The Faces Shine, dimana dia bermain gitar di kedua album itu.

Pada Maret 2006, Blondie dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame. Tujuh anggota diundang ke acara itu, yang mengakibatkan pertengkaran antara grup yang ada dengan mantan rekan band Frank Infante, yang diminta selama penyiaran langsung dari acara itu bahwa dia dan Nigel Harrison diijinkan untuk tampil dengan grup. Permintaan mereka ditolak oleh Deborah Harry, yang menyatakan bahwa formasi band saat ini sudah siap untuk tampil.

Pada 2010, Infante melakukan tur dan tampil dengan The New York Dolls dalam pertunjukan di The Cluny, Newcastle upon Tyne, Inggris. Dia juga bermain gitar di album mereka Dancing Backward in High Heels, yang dirilis pada Maret 2011.

Infante saat ini tinggal di Los Angeles, California. Dia terus melakukan rekaman dan tampil dengan Infante’s Inferno dengan Infante pada gitar, Clem Burke (drum) dan Steve Fishman (bass). Trio ini tampil di Pop Up Store milik Rhino Records, Los Angeles pada 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...