Laman

Kamis, 23 November 2017

KAREN O




Dilahirkan pada 22 November 1978 dengan nama Karen Lee Orzolek di Busan, Korea Selatan, putri dari seorang ibu Korea dan ayah Polandia. Keluarga itu akhirnya pindah ke Englewood, New Jersey , tempat dia dibesarkan. Tentang masa kecilnya, dia menyatakan bahwa "ini hampir memalukan betapa baik perilaku saya, yang mungkin mengapa saya melakukan hal-hal seperti meludahi diri saya di atas panggung saat dewasa". Ia belajar di Oberlin College, namun dipindahkan ke New York University Tisch School of the Arts.

O paling dikenal sebagai vokalis untuk band Yeah Yeah Yeahs. Dia juga telah terkenal karena gaya busananya, mengenakan pakaian mewah yang dibuat oleh temannya, perancang busana Christian Joy. Pada hari-hari awal band ini, dia menjadi terkenal karena kejenakaannya yang keterlaluan selama pertunjukan live. Pertunjukan pertama mereka membuka untuk The White Stripes. 


Playboy mengajukan tawaran untuk berpose di sampulnya, tapi dia menyatakan: "Saya didekati tapi saya bilang tidak, siapa yang tahu? Mungkin saya akan melakukannya di masa depan, tapi sekarang sepertinya bukan saat yang tepat." Namun, sejak itu ,kata O dalam sebuah wawancara dengan Associated Press bahwa dia telah berubah pikiran dan tidak akan pernah berpose untuk Playboy karena orang-orang yang meminati majalah tersebuta atraktif.

Selama tur untuk Festival Livid 2003 di Australia, di sebuah tontonan di The Metro di Sydney, O secara tidak sengaja menari-nari dari panggung dan dengan enggan dibawa ke rumah sakit. Beberapa hari kemudian, di putaran dari the Livid Festival, Sydney dia muncul di kursi roda yang didorong ke atas panggung oleh Angus Andrew. 

O memenangkan Sex Goddess Award milik Spin Magazine pada tahun 2004 dan 2005. Pada tahun 2006, dia dinobatkan sebagai salah satu wanita terpanas di rock oleh Blender. Pada tahun 2007, O ditempatkan di nomor tiga di Women Who Rock Right Now milik Spinner.com. Pada bulan Februari 2010, dia memenangkan Penghargaan NME Shockwaves untuk Wanita Terpanas. Dia mulai mengerjakan proyek sampingan kecil bernama Native Korean Rock dan the Fishnets bersama musisi NYC lainnya di tahun 2008.


Pada tahun 2009, dia berkontribusi untuk vokal latar, suara binatang yang menjerit, dan suara bising pada lagu "Gemini Syringes", "I Can Be A Frog", dan "Watching the Planet" di album Embryonic milik The Flaming Lips. Pada tahun 2011, dia menyumbangkan vokal pada lagu "Pinky's Dream" di album debut David Lynch Crazy Clown Time. Pada tahun 2012, ia berkolaborasi dengan grup rock eksperimental Swans dalam lagu "Song for a Warrior" di album mereka The Seer. Dia juga memberikan vokal pada lagu "GO!" di album rilisan 2012 milik Santigold, Master of My Make-Believe.

Pada proyek kolaborasi dengan NASA di The Spirit of Apollo, dia muncul di lagu "Strange Enough", bersama dengan Ol 'Dirty Bastard dan Fatlip. Pendekatan vokal O digambarkan sebagai "ethereal", dan kadang-kadang digambarkan sebagai "yelping". Dia menggambarkan pendekatannya:

Kita masih harus merebut orang-orang dengan kerah ... Kami membuat rekaman setiap tiga tahun sekarang; kita bisa dengan mudah dilupakan Jika Anda melihat banyak teman sebaya yang kami datangi, banyak dari mereka telah hilang.

- Karen O di Los Angeles Times, 2009

O juga berkolaborasi dengan James Iha di LP solo keduanya Look to the Sky pada tahun 2012. Pada tahun 2014, Target menggunakan versi lagu Marshmallow World yang dinyanyikan oleh O. Pada tanggal 5 Mei 2015, sebuah lagu oleh Karen O untuk penghormatan kepada Nellie Bly digunakan sebagai bagian dari doodle Google yang memperingati ulang tahun Bly yang ke-151. Pada tahun yang sama, Microsoft mendekati O untuk menulis sebuah lagu tema untuk game Square Enix Rise of the Tomb Raider, yang menghasilkan lagu "I Shire Rise". 

O tampil di lagu "Cut Me Up" oleh Har Mar Superstar untuk soundtrack film horor House of Wax tahun 2005. Untuk film Jackass 2, O berkolaborasi dengan artis elektronik Peaches dan Johnny Knoxville untuk merekam lagu berjudul "Backass"; untuk Jackass 3D , dia membawakan ulang "If You're Gonna Be Dumb" milik Roger Alan Wade dengan judul alternatif "If You're Gonna Be Dumb, You Gotta Be Tough". Pada tahun 2007, dia juga menyumbangkan vokal ke versi "Highway 61 Revisited" milik Bob Dylan untuk soundtrack film I'm Not There. Di akhir episode 409, "Brothers Cinco", dari Tim dan Eric Awesome Show, Great Job! dia membawakan lagu pendek. Dia juga memiliki lagu berjudul "Strange Love" di album "Frankenweenie Unleashed!"

O berkolaborasi dengan Trent Reznor dan Atticus Ross dalam versi cover “Immigrant Song” milik Led Zeppelin untuk soundtrack film 2011 The Girl with the Dragon Tattoo, dimana Reznor dan Ross yang menyusunnya. Pada bulan Desember 2011, diumumkan bahwa lagu tersebut akan membuka album soundtrack, dirilis sebagai single pembuka, dan tersedia gratis untuk semua orang yang telah memesan sebelum tanggal rilis resmi 9 Desember.

O dan Spike Jonze berkolaborasi dalam iklan Adidas 2005, Hello Tomorrow. O menyusun semua lagu di soundtrack film milik Jonze Where the Wild Things Are (kecuali sebuah cover dari lagu Daniel Johnston "Worried Shoes") yang bekerja sama dengan Carter Burwell. Dia tercatat di soundtrack sebagai "Karen O and the Kids". Lagu "All Is Love", yang ditulis oleh O dan Nick Zinner dan dimasukkan dalam soundtrack ini, dinominasikan untuk Grammy Award for Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media, sebuah penghargaan milik penulis lagu, di Grammy Awards 2010. 

O juga menyumbangkan "The Moon Song" untuk film Jonze tahun 2013 Her. O dan Jonze dinominasikan pada tahun 2014 untuk mendapatkan Academy Award for Best Original Song untuk "The Moon Song". 

Pada tahun 2004, O, menggunakan moniker Marshmellow, mengarahkan video musik untuk "We Fenced Other Gardens with the Bones of Our Own" oleh Liars, yang dipimpin oleh pacarnya saat itu, Angus Andrew. Tahun berikutnya, dia mengarahkan video "Blessed Evening" untuk Fetus bersama pacarnya saat itu Spike Jonze yang bekerja sebagai sinematografer. Pada tahun 2006, dia mengarahkan video Yeah Yeah Yeahs untuk "Cheated Hearts". 

Di bawah moniker Kids with Canes, O dan suaminya sekarang Barnaby Clay mengarahkan video musik untuk lagu Tiny Masters of Today "Hologram World", yang dirilis pada tahun 2008. O juga menyumbangkan vokal untuk lagu tersebut dan menjabat sebagai koreografer video tersebut, di mana ia muncul dengan rekan band Yeah Yeah Yeahs Nick Zinner dan Brian Chase, serta Mike D dari Beastie Boys, Gibby Haynes dari Butthole Surfers, Russell Simins dari The Blues Explosion, dan Sam James dari The Mooney Suzuki. 

Pada tanggal 10 Desember 2006, sebuah album yang direkam di rumah berjudul KO at Home telah bocor melalui situs pelacakan BitTorrent yang hanya untuk undangan. Album yang awalnya merupakan hadiah pribadi untuk Dave Sitek dari TV on the Radio, ditemukan di dalam koper yang ditinggalkan Sitek di sebuah apartemen di New York City. Cakram berisi 14 lagu dan pindaian dari sampul (foto O dengan sebuah puisi yang ditulis oleh Oscar Wilde di sisi belakang foto) dengan cepat menyebar. Situs berita menyebarkan cerita tentang kebocoran saat Sitek mengecam penggemar yang membocorkan demo tersebut. Akhirnya, Sitek menindaklanjuti komentarnya dengan sebuah surat permintaan maaf. Sebagai tanggapan atas kebocoran tersebut, O mengatakan bahwa "shit happens", dan meskipun dia "sedikit jengkel", dia menawarkan saran tentang lagu mana yang paling dia sukai.

Album debut solo milik O, Crush Songs, dirilis pada tanggal 9 September 2014. Album ini dirilis di Cult Records via Kobalt Label Services. Pada tanggal 17 Februari 2015, O merilis sebuah album live berjudul Live from Crush Palace, yang direkam dalam tiga pertunjukkan di Masonic Lodge di Hollywood Forever Cemetery di Los Angeles pada bulan September 2014. Album ini menampilkan penayangan langsung lagu-lagu dari Crush Songs, serta "Hideaway" dari Where the Wild Things Are dan "The Moon Song" Her. 

O telah berkencan dengan Spike Jonze dan prnyanyi utama Liars, Angus Andrew. Pada bulan Desember 2011, dia menikahi sutradara Barnaby Clay. Putra mereka Django lahir pada bulan Agustus 2015.

O mendukung Little Kids Rock, sebuah nirlaba nasional yang bekerja untuk memulihkan dan merevitalisasi pendidikan musik di sekolah umum AS yang kurang beruntung, dengan melukis Fender Stratocaster khusus dan menyumbangkannya untuk sebuah lelang untuk mengumpulkan uang bagi organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...