Laman

Senin, 07 Agustus 2017

TON SCHERPENZEL



Dilahirkan di Hilversum, Belanda pada 6 Agustus 1952 adalah seorang kibordis dan salah satu anggota pendiri dari band rock asal Belanda, Kayak, bersama dengan Pim Koopman dan Max Werner yang dia jumpai saat di Hilversum Muziek Lyceum (Hilversum College of Music).

Album solo pertamanya (1978) adalah adaptasi dari Le carnival des animaux oleh composer music klasik Perancis Camille Saint-Saens. Pada 1980, Ton menulis music untuk film Belanda Spetters, yang menampilkan Rutger Hauer. Album solo keduanya, Heart of the Universe (dengan Chris Rainbow), dirilis pada 1984 dan merupakan sebuah kombinasi dari instrumental dan vokal.


Selain dengan Kayak, Ton menjadi kibordis dari Camel, sebuah band asal Inggris. Dia juga bermain beberapa tahun dengan Earth and Fire. Dia juga menulis sebagian besar musik untuk lagu-lagu dalam pertunjukan dari komedian Belanda Youp van’t Hek.


Pada 1991 Scherpenzel merilis album solo ketiganya Virgin Grounds, dibawah nama Orion. Pada 1998 dia memainkan sebuah solo synth pada lagu “Cosmic Fusion”, dari album Into the Electric Castle milik Ayreon, sebuah opera rock, dimana Edward Reekers, juga dari Kayak, memainkan salah satu peran utama.Pada 2013 dia merilis CD solo keempat, The Lion’s Dream.

Scherpenzel memiliki ketakutan akan terbang, yang membatasi turnya ke benua Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...