Laman

Selasa, 29 Agustus 2017

STEVE WHITEMAN




Dilahirkan pada 28 Agustus 1956 di Piedmont, West Virginia, AS adalah vokalis rock kelahiran Amerika, dikenal sebagai penyayi utama dari Kix.

Whiteman pertama menyadari kecintaannya akan musik di usia muda, saat masih anak-anak, dia terburu-buru pulang ke rumah dari gereja untuk memainkan, dengan cara mendengarkan, lagu himne yang dia dengar selama pelayanan Hari Minggu, dia memulai karir musiknya dengan memainkan drum di sebuah band cover Led Zeppelin dan direkrut oleh Kix pada 1978 saat mereka masih dikenal sebagai “The Shooze”. Whiteman dan drummer Donnie Spence memilih antara siapa yang akan memainkan drum dan siapa yang akan menyanyi hingga diputuskan bahwa sejak Whiteman bisa mencapai notasi tertinggi dia yang menjadi penyanyi utama, Spence kemudian pergi pada 1979 dan digantikan oleh drummer saat ini Jimmy “Chocolate” Chalfant. Grup ini sudah merilis tujuh album studio dan satu album live dengan Whiteman pada vocal, namun band menjalani hiatus pada 1996 dikarenakan terjadinya ketegangan dalam band, penurunan popularitas hard rock, dan penurunan penjualan rekaman dari album mereka $how Bu$ine$$. Lebih dari 30 tahun dia menjadi faktor terpenting untuk menjaga band tetap bersama selama berbagai perubahan personel.


Whiteman membentuk Funny Money dengan gitaris Billy Andrews di tahun 1996, grup ini sudah merilis empat album studio sejak pembentukannya. Whiteman juga mengambil waktu libur dari Kix untuk memulai karir sebagai seorang guru, dia mengajar vocal, drum, gitar, dan harmonica di the Maryland Institute of Music, murid-murid vokalnya meliputi Jordan White dan Lzzy Hale dari Halestorm.


Pada 2003, para anggota dari Kix, minus bassis Donnie Purnell, terbentuk kembali dengan bassis, vokalis dan penulis lagu Mark Schenker (asalnya dari Centerfold) dan sudah merilis Rock Your Face Off pada 2014 yang mendapatkan pengakuan kritikus. Hal ini mengakibatkan peningkatan dalam popularitas band dan mereka menetapkan sebuah jadwal tur yang aktif menempuh negara bagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...