Laman

Kamis, 17 Agustus 2017

PETER-JOHN VETTESE


Dilahirkan pada 16 Agustus 1956 di Skotlandia, juga dikenal sebagai Peter Vettese, adalah seorang kibordis, penulis lagu, aranjer dan produser rekaman berkebangsaan Inggris.

Peter Vettese tumbuh dalam sebuah keluarga music di Brechin, Skotlandia. Dia memulai pelajaran musiknya dengan les piano pada usia 4 tahun. Pada usia 9 tahun, dia mulai bermain di muka umum dengan band milik ayahnya. Dia meninggalkan rumah pada usia 17 tahun untuk bergabung dengan salah satu Big Band terbesar Inggris, tapi dipecat  untuk berlatih di saat bekerja dengan grupnya sendiri. Dia kemudian membentuk grup jazz fusion Solaris dengan gitaris Jim Condie, dan tur di Skotlandia dan AS. Dia bermain di pub-pub dan klub-klub di Skotlandia saat dia melihat sebuah iklan untuk pemain kibord di koran music Melody Maker, yang ternyata dari Jethro Tull.


Vettese bergabung dengan Jethro Tull pada 1982 untuk rekaman dari album mereka The Broadsword and the Beast, dan melakukan tur dengan band secara luas untuk dua tahun berikutnya, muncul di album Live at the Hammersmith ’84. Vettese membuat kontribusi signifikan untuk album album eletronik milk Tull Under Wraps (1984) dan melakukan tur dengan mereka lagi pada 1986, dan rekaman sebagai musisi tamu di Rock Island (1989).

Vettese juga berkolaborasi dengan frontman Tull Ian Anderson di album solo rilisan 1983 milik Anderson, Walk Into the Light. Vettese ikut menulis separuh dari album itu, terutama untuk kontribusi inovatifnya pada kibord elektronik.

Vettese memulai sebuah karir independen sebagai seorang penulis lagu, aranjer dan produser. Pada 1980an dia bekerja dengan dan memproduseri artis-artis yang berbeda meliputi Frankie Goes to Hollywood, Go West, Pet Shop Boys, Bee Gees, Cher, Foreigner, Carly Simon dan Clannad. Pada 1987, dia memenuhi impian masa kecilnya untuk bermain dengan Paul McCartney sebagai seorang musisi sesi, tapi kemudian dia menolak tawaran itu untuk menjadi anggota dari band reformasi milik McCartney Wings.

Kemudian dia juga bekerja dengan Simple Minds, Annie Lennox (aransemen pemenang Grammy dari Walking on Broken Glass), Zucchero, Peter Cox, Heather Small, Dido, Sophie B. Hawkins, Andy Leek, Beverley Knight, Gary Barlow, Mark Owen, Geri Halliwell, Melanie C, Nate James, Alex Parks, Darren Hayes, Robin Gibb (terutama di album 50 St. Catherine’s Drive), Laura Critchley, Peter Heppner dan Spark.

Vettese saat ini dikontrak oleh Kobalt Music dan memiliki studio rekaman sendiri di Battersea dimana dia juga menulis, memproduseri, dan merekam music untuk soundtrack music.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...