Laman

Rabu, 09 Januari 2019

WANDA de FRETES



Wanda de Fretes adalah penyanyi dan artis rekaman yang populer di Belanda pada 1960-an. Dia juga putri gitaris baja legendaris Maluku George de Fretes dan penyanyi Joyce Aubrey. Selain upaya solonya, ia juga merekam dengan ibunya sebagai duo Wanda & Joyce. Selain menyanyikan pop dan rock'n roll, ia juga menyanyikan lagu-lagu tradisional Indonesia dan Melayu.

Wanda lahir di Bandung, Indonesia pada 8 Januari 1946 dari orang tua George de Fretes dan Joyce Aubrey, keduanya adalah musisi. Seperti orangtuanya, ia akhirnya menjadi artis rekaman. Pada tahun 1952, orang tuanya bercerai dan dia dan ibunya pindah ke Belanda. Sekitar tahun 1958, ayahnya tiba di Belanda, setelah singgah di kapal yang diyakini sebagai MS Johan van Oldenbarnevelt. Pada tahun 1962 ia tinggal bersama ibunya di Den Haag.

Dia menikah dengan Don Jerome yang merupakan drummer dengan band Fire Devils. Dia punya dua anak perempuan bersamanya.

Pada tahun-tahun berikutnya dia tinggal di Los Angeles, California.

Pada awal 1960-an dia dan ibunya Joyce menjadi cukup populer di Belanda sebagai penyanyi lagu-lagu Melayu. Sebuah album mini dirilis oleh Fontana Records. Isinya lagu "Ajoen", "Patokaan", "Rasa Sajang" dan "Koleh". Juga pada tahun itu dengan nama Wanda "De Loco-Motion" bw "Sweetie" dirilis di Decca. 


Pada 1968, ia berada di Indonesia bersama ayahnya. Banyak hal tidak berjalan baik bagi mereka di sana. Juga kemudian pada tahun 1968, ia dan ayahnya melakukan tur keliling Amerika Serikat dengan Abraham Bueno de Mesquita, The Shepherds dan Johnny Jordaan.

Pada bulan September 2010, ia melakukan perjalanan dari California ke Chanos Internastional Steel Guitar Festival ketiga alias CISGF yang diadakan di Chanos-Curson, Prancis. Dia ada di sana untuk menerima penghargaan European Steel Guitar Hall of Fame anumerta untuk ayahnya. Sementara di festival dia menyanyi dan didukung oleh René dan Nora Ranti dari Belanda. Bermain bersama mereka dengan sebuah gitar baja konsol Rickenbacker S8 vintage, adalah Rod King dan pada gitar bass, istrinya Rosemary.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...