Laman

Minggu, 20 Januari 2019

STEVE ROWE


Dilahirkan dengan nama Stephen Rowe pada 19 Januari 1965 di Melbourne, Victoria, Australia adalah pendiri, gitaris bass, dan vokalis band Christian Death Metal Australia Mortification yang dianggap sebagai pelopor utama dalam genre ini. Sebelum membentuk Mortification, ia berada di sebuah band Christian bergaya heavy metal tradisional yang dikenal sebagai LightForce. Dia didiagnosis menderita leukemia pada tahun 1997, tetapi sembuh total. Dia saat ini adalah pemilik dan kepala label rekaman Rowe Productions. Pada 2015, Rowe mengumumkan pengunduran dirinya dari musik Kristen. Namun, karirnya terus berlanjut, sementara Mortification tidak aktif proyek sampingan para anggota, Wonrowe Vision, telah sangat aktif.


Steve pertama kali diperkenalkan pada band-band heavy metal seperti AC/DC dan Deep Purple oleh kakaknya Scott ketika dia baru berusia delapan tahun. Pada saat ia mencapai usia 15 tahun band favoritnya adalah Iron Maiden, Motörhead dan Judas Priest. Karena Steve tumbuh di sebuah rumah Baptis dengan nilai-nilai Kristen yang kuat, ia menjadi kecewa karena musik yang ia nikmati tampak sangat terfokus pada tema-tema yang bertentangan dengan keyakinannya. Pada tahun 1980 ia mulai merasa seolah-olah tidak cocok dengan orang-orang yang dikenalnya di gereja dan mulai menghabiskan waktu luangnya berpesta bersama teman-teman heavy metal-nya.

Pada tahun 1983 Steve membeli gitar bass pertamanya dan mulai belajar cara bermain. Pengaruh utama pada gayanya ketika ia belajar adalah Lemmy dari Motörhead, Joey DeMaio dari Manowar, dan Steve Harris dari Iron Maiden. Pada tahun yang sama seorang pendeta muda dari gereja yang biasa dia hadiri mengundangnya untuk kembali ke gereja dan memberi Steve salinan dari album Resurrection Band. Album ini mengubah pandangan Steve tentang seperti apa musik Kristen dan merupakan faktor utama dalam keputusannya untuk kembali ke gereja. Melihat betapa banyak musik rock yang dikombinasikan dengan pesan Kristen telah membantunya, Steve bersumpah untuk membentuk band metal Kristen yang akan mengubah dunia. Awalnya, ia membentuk sebuah band dengan beberapa teman di gerejanya, tetapi segera menjadi jelas bahwa menemukan orang-orang dengan visi dan tujuan yang sama tidak akan menjadi tugas yang mudah. Ketika dia mencoba untuk memulai band ini, Steve menjadi tidak senang dengan Gereja yang dia hadiri, dan sebagai hasilnya, dia pergi dan bergabung dengan Harvest Christian Center, yang memiliki jangkauan besar ke grup-grup seperti metalhead dan punk. Di sinilah Steve akhirnya menemukan rumah untuk visi metal Kristennya. 



Setelah beberapa upaya gagal dengan band yang berbeda dan perubahan lineup konstan, Steve membentuk LightForce pada tahun 1986. Awalnya band itu gagal serta lineup pertama mereka, yang dibubarkan setelah hanya satu pertunjukan. Steve kemudian mereformasi band dengan formasi baru yang memenangkan "Melbourne Heavy Metal battle of the bands competition" di mana ia bersaing dengan lima band metal sekuler. LightForce langsung diterima ke kancah metal Australia dan melanjutkan untuk merekam album penuh pertama mereka Battlezone dan tur di seluruh Australia. Pada tahun 1988 band ini merilis album Mystical Thieves. Album ini terjual dengan sangat baik dan mereka melakukan tur terus-menerus untuk mendukung perilisannya, membuka band-band seperti Stryper, Whitecross dan Leviticus.

Tepat ketika tampaknya ditetapkan untuk LightForce untuk membuat nama besar untuk diri mereka sendiri di kancah metal Christian, dua anggota band mengumumkan bahwa mereka akan meninggalkan band. Steve berbicara dengan anggota yang tersisa tentang membentuk LightForce berorientasi thrash metal yang lebih ekstrim dengan dia menangani tugas vokal serta bermain bass. Anggota yang tersisa tidak berpikir itu akan berhasil sehingga Steve mereformasi band dengan gitaris Cameron Hall dan Jayson Sherlock pada drum. Band ini berganti nama menjadi Mortification dan merekam Break The Curse yang dirilis pada 1990.

Mortification melanjutkan untuk merekam lebih banyak album dan band ini dianggap sebagai salah satu pelopor dalam kancah metal Christian ekstrim. Album 1992 Scrolls of the Megilloth dianggap sebagai klasik besar death metal. Pada 1997 Steve didiagnosis menderita leukemia . Meskipun dokter yang memberinya hanya beberapa jam untuk hidup pada beberapa kesempatan yang berbeda dan transplantasi sumsum tulang yang tampaknya gagal, Steve berhasil membuat pemulihan penuh yang telah dikaitkan dengan keajaiban. Mortification kemudian melanjutkan untuk merilis album 1998 Triumph of Mercy yang membahas masalah pribadi yang dihadapi Steve saat menerima perawatan untuk penyakit tersebut. Mortification saat ini masih membuat musik dan sampai saat ini telah merilis 13 album studio. Steve juga adalah pemilik dan kepala label rekaman Rowe Productions dan telah membawakan vokal tamu pada sebuah lagu di Microscopic View of the Telescopic Realm oleh Tourniquet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...