Laman

Sabtu, 12 Januari 2019

CHARLIE HUHN



Dilahirkan dengan nama Charles Huhn pada 11 Januari 1951 adalah penyanyi dan gitaris rock Amerika. Dia mulai bermain dengan Vic Amato, Andy Dennen dan Al Lesert di band Cirrus, di dan sekitar Grand Rapids, Michigan memainkan banyak pertunjukan di Michigan Barat sebelum bergabung dengan Ted Nugent pada tahun 1978.

Dilahirkan di Portland, Oregon, Charlie Huhn pindah ke Grand Rapids, Michigan pada usia empat tahun ketika ia memulai karir musiknya. Dia mulai dengan pelajaran piano dan suara, dan setelah itu belajar sendiri gitar. Dia mulai tampil di band rock pada tahun 1967, awalnya dengan Cirrus, terdiri dari teman-teman sekolah menengah; pada tahun 1973, ia tampil di Tanglewood, sebuah band bar barat-tengah yang sukses penuh waktu. Pada tahun 1975, setelah lulus dari Michigan State dengan gelar sarjana di bidang Ilmu Sosial, ia kemudian bermain dengan teman lama dan drummer, Vic Amato selama dua setengah tahun, sebelum mengikuti audisi untuk Ted Nugent. Dia menjadi terkenal ketika ia bergabung dengan band Ted Nugent pada tahun 1978. Huhn menggantikan anggota band Derek St. Holmes, dan segera didorong menjadi sorotan. Pada saat Charlie bergabung dengan Ted Nugent, itu adalah salah satu band terpanas di dunia. 


Huhn menangani vokal utama pada lagu klasik Nugent "Weekend Warriors", dan juga tampil dengan jelas di album dengan judul yang sama, yang terjual lebih dari satu juta kopi, menjadi platinum dalam waktu seminggu setelah dirilis. Huhn tetap bersama band Ted Nugent hingga 1982, dan merekam tiga album studio dan satu album live selama masa jabatannya. Rekaman langsung lain dari pertunjukan 1979 di London Hammersmith Odeon kemudian dirilis pada 1998. 


Setelah meninggalkan Ted Nugent, Huhn bekerja sebentar dengan legenda gitar Irlandia Gary Moore di album Dirty Fingers, melakukan tur dengan Moore untuk beberapa pertunjukan pada bulan Agustus 1982. Dia pergi untuk mengejar tawaran dari Geffen Records untuk menulis lagu dengan gitaris masa depan Yes Trevor Rabin dan untuk menyatukan sebuah band dengan bassis Mark Andes dan drummer Frankie Banali. Kelompok ini merekam demo tetapi tidak ada hasilnya. 


Pekerjaan berikutnya adalah pentolan untuk band Victory, sebuah grup yang berbasis di Hannover, Jerman. Dia merekam empat rilisan sebagai vokalis, gitaris dan penulis lagu asli dari Victory, dan band ini sedikit berhasil dengan single mereka pada tahun 1986 "The Check's in the Mail". Dia meninggalkan grup pada awal 1988 untuk bermain dengan Jerry Shirley dan Humble Pie.

Pada 1989 dengan bergabung dengan Axel Rudi Pell dan menghasilkan sebuah album studio Wild Obsession yang dirilis pada tahun 1989 juga.

Dia juga bekerja sama dengan mantan seksi ritem band Alice Cooper Neal Smith dan Dennis Dunaway dan Joe Bouchard dari Blue Öyster Cult dalam sebuah proyek bernama Deadringer, yang menghasilkan perilisan album Electrocution of the Heart pada tahun 1989.

Pada tahun 1988, mantan drummer Humble Pie dan Fastway Jerry Shirley mengorganisir versi baru Humble Pie di mana ia akan menjadi pemimpin grup dan satu-satunya anggota asli. Dia mempekerjakan Huhn sebagai vokalis grup, yang bekerja dengan sangat baik seperti vokalis band asli Steve Marriott dan Huhn keduanya memiliki gaya vokal yang sangat mirip. Humble Pie Featuring Jerry Shirley berbasis di Cleveland, Ohio, di mana Shirley bekerja sebagai seorang DJ di stasiun radio rock klasik. Huhn dan Shirley adalah andalan dalam band, dan bersama-sama dengan banyak musisi yang bergantian menampilkan musik Humble Pie secara teratur di seluruh Amerika Serikat selama sepuluh tahun ke depan. Tidak ada rekaman resmi dengan Huhn sebagai penyanyi band yang pernah dirilis, meskipun kelompok itu disiarkan langsung di konser radio khusus pada beberapa kesempatan, dan bootleg dari pertunjukan tersebut memang ada. Selama bagian akhir tahun 1990-an, Jerry Shirley mengembangkan serangkaian masalah hukum dan pindah kembali ke Inggris, membawa nama Humble Pie bersamanya. Huhn mengakhiri tugasnya yang lama dengan Shirley pada tahun 1999. 


Antara tahun 1993 dan 1995, Charlie Huhn mengomandani band Michigan No Mercy dengan Michael Lutz dari Brownsville Station pada bass, Ted Nugent, drummer Blackfoot Gunner Ross dan Scotty Anderson pada lead guitar. Huhn dan Ross juga bermain bersama di band Detroit The Almighty Strut pada awal '80 -an. 


Sejak 2000, Charlie Huhn telah menjadi vokalis utama untuk band rock klasik lainnya, Foghat. Vokalis Foghat asli Dave Peverett meninggal karena kanker pada tahun 2000, dan anggota band yang tersisa ingin terus tampil. Huhn menerima tawaran band untuk bergabung. Selain tugas vokalnya, Huhn juga bermain gitar. Meskipun Bryan Bassett (sebelumnya Wild Cherry dan Molly Hatchet) menangani sebagian besar pekerjaan gitar utama, Huhn memberikan ritem yang mantap dan memainkan beberapa solo juga. Sejak bergabung dengan Foghat, Huhn telah merekam dua rilisan studio, Family Joules (2002) dan Last Train Home (2010), dan sepasang CD live, Foghat Live II (2007), koleksi double disc yang menampilkan hit terbesar band, dan Live at the Blues Warehouse, awalnya merupakan sesi live untuk acara mingguan 'Long Island Blues Warehouse Radio Show' milik DJ Mark Klein. Huhn juga dapat dilihat di dua rilisan DVD, Official Bootleg DVD - Vol. 1 (2002 - 2004) rilisan 2005, dan Live in St. Pete, dikeluarkan pada Desember 2013.

Pada tahun 2003, ia mengambil bagian dalam reuni dengan mantan teman band Victory. Hasilnya adalah rilisan CD Instict. Huhn menolak tawaran untuk bergabung kembali dengan Victory sebagai vokalis utama permanen band, dan malah memilih untuk melanjutkan pekerjaannya dengan Foghat. Dia tetap menjadi bagian penting dari Foghat. Pada tahun 2007, ia merekam album dengan gitaris Matt Roehr, mantan superstar Jerman Böhse Onkelz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...