Laman

Minggu, 27 Januari 2019

DAVE WALKER



Dilahirkan dengan nama David Walker pada 25 Januari 1945 di Walsall, Staffordshire, Inggris adalah penyanyi dan gitaris Inggris yang telah menjadi penyanyi utama untuk sejumlah band; terutama Idle Race, Savoy Brown, Fleetwood Mac, dan, secara singkat, Black Sabbath.
Walker dibesarkan oleh neneknya yang keras di sebuah rumah tangga di mana rock and roll tidak diizinkan untuk ditonton di televisi. Pengalaman pertamanya dengan bernyanyi di depan umum terjadi pada usia yang sangat muda di sebuah gereja Methodist, di mana Dave mengajukan diri untuk menyanyikan "Away in a Manger". Saat remaja, Dave dan saudaranya, Mick, membentuk sebuah kelompok "backyard skiffle" yang bermain di pesta pernikahan dan pertemuan kaum muda.

Dave Walker memulai karirnya pada tahun 1960 dengan sebuah band Brumbeat R & B bernama The Redcaps. Band ini dibentuk oleh Dave pada gitar ritem, saudara kembarnya Mick Walker (lahir Michael Walker, 25 Januari 1945, di Walsall - meninggal 25 Februari 2016) pada gitar bass, Ronnie Brown pada vokal utama, saudara Ronnie Roy Brown pada gitar utama, Mac Broadhurst pada saksofon, dan Jimmy Richards pada drum. Menyusul pertengkaran di panggung antara Dave Walker dan Ronnie Brown pada tahun 1962, Ronnie meninggalkan band, meninggalkan Dave untuk mengambil peran sebagai vokalis; dan menyusul tur Prancis pada tahun 1964 Roy Brown dan Jimmy Richards meninggalkan band, dan masing-masing digantikan oleh Mick Blythe dan Alan Morley (yang kemudian bergabung dengan Chicken Shack).

Mereka merekam tiga single untuk Decca Records, yang mencoba menguangkan kesuksesan The Beatles, ketika The Redcaps telah membuka untuk The Beatles dalam konser pada empat kesempatan. Single pertama mereka, pada tahun 1963, adalah cover dari "Shout" milik Isley Brothers yang didukung oleh "Little Things You Do" sebuah lagu asli yang ditulis oleh Dave Walker dan Roy Brown. Namun, Lulu telah mengalahkan The Redcaps ke tangga lagu Inggris dengan versinya dari "Shout". Single berikutnya, pada tahun 1964, adalah cover dari Chuck Berry "Talking About You" yang didukung oleh "Come on Girl". Telah dikabarkan bahwa gitaris Jimmy Page, yang kemudian membentuk Led Zeppelin, bermain di "Talking About You", pada hari-hari awal sebelum sesi Yardbirds London, tetapi sejak itu Walker mengatakan bahwa Page tidak bermain di lagu ini. Kisah di balik desas-desus adalah bahwa Page tersedia, jika diperlukan, tetapi gitaris Redcaps Roy Brown menangani sendiri bagian-bagian utama. Lagu ini direkam di studio berbeda dari tempat Page bekerja, pada hari rekaman. Single terakhir mereka, "Funny Things" sebuah lagu asli yang ditulis oleh Blythe yang didukung oleh "Mighty Fine Girl", juga dirilis pada tahun 1964; tetapi setelah ketiga single itu gagal, The Redcaps bubar pada tahun 1965.

Mick Walker meninggal pada 25 Februari 2016, pada usia 71.

Antara 1969 dan 1970 Walker bermain di Beckett, sebuah band yang terdiri dari Pete Oliver, Don McGinty dan Colin Timmons. Beckett bermain tiga hari seminggu di klub malam Rum Runner di Birmingham (yang pada saat itu dikelola oleh Mick Walker), tetapi mereka tidak pernah merekam, dan dibubarkan pada akhir 1969.

Pada awal 1970, Jeff Lynne meninggalkan band aslinya, The Idle Race, untuk bergabung dengan The Move dengan mantan gitaris Mike Sheridan & The Nightriders, Roy Wood; sesaat sebelum evolusinya menjadi Electric Light Orchestra. Idle Race telah membangun pengikut besar di wilayah Birmingham, dan ingin melanjutkan setelah Lynne keluar. Hal ini mengakibatkan anggota band yang tersisa (gitaris ritem Dave Pritchard, drummer Roger Spencer, dan bassis Greg Masters) merekrut Walker sebagai vokalis dan Mike Hopkins sebagai gitaris. 



Pada tahun 1970 line-up baru ini merekam dua single untuk Liberty Records; cover hit skiffle milik Mungo Jerry "In the Summertime", (yang mencapai nomor satu di Argentina) didukung oleh Idle Race asli "Told You Twice". Single kedua mereka adalah cover dari “Neanderthal Man” milik Hotlegs yang didukung oleh nomor asli Idle Race "Victim of Circumstance".

Juga pada tahun 1970, Idle Race merekam album Time Is untuk Regal Zonophone, namun Walker secara keliru dikreditkan sebagai "Richie Walker". Walker menulis dua lagu ("I Will See You" dan "And The Rain") dan ikut menulis dua lagu lainnya ("Alcatraz" dan "We Want It All") di album ini. Album ini gagal secara komersial dan pada tahun 1971 semua anggota jajaran yang ada dengan pengecualian Masters (Walker, Hopkins, Pritchard, dan Spencer) meninggalkan band. Awalnya Masters mengumpulkan susunan lain dari The Idle Race, tetapi ia terlalu cepat pergi, dan anggota yang tersisa segera direformasi sebagai Steve Gibbons Band.

Pada tahun 1971, gitaris Kim Simmonds, pemimpin band blues-rock Savoy Brown, kehilangan sisa dari bandnya - gitaris Dave Peverett , bassis Tony Stevens, dan drummer Roger Earl - setelah mereka memutuskan untuk meninggalkan Savoy Brown untuk membentuk Foghat dengan mantan Gitaris Black Cat Bones Rod Price. Untuk menggantikan anggota yang pergi, Simmonds menyewa Walker pada vokal, bersama dengan tiga anggota yang baru saja pergi dari Stan Webb’s Chicken Shack - keyboardist/gitaris Paul Raymond (kemudian UFO dan Michael Schenker Group), bassis Andy Silvester, dan drummer Dave Bidwell. 



Mereka merekam album Street Corner Talking pada tahun 1971 di Parrot/Deram Records, yang memasukkan salah satu hit terbesar milik Savoy Brown "Tell Mama", yang ditulis oleh Raymond, dan mereka menggelar tur utama dengan Rod Stewart dan The Grease Band pada awal tahun 1971, saat tur yang terus-menerus mulai membuahkan hasil untuk para anggota Savoy. Album berikutnya, Hellbound Train (Parrot/Deram), adalah album terlaris mereka hingga saat ini, mencapai 40 besar di AS sementara judul album menjadi favorit konser. Mantan bassis Blodwyn Pig/Juicy Lucy Andy Pyle menggantikan Silvester dengan album Lion's Share (Parrot/Deram) berikutnya dimana Walker menulis "Denim Demon". Lion's Share dirilis pada akhir 1972; setelah Savoy Brown melihat pratinjau lagu pada tur ekstensif mereka awal tahun itu.

Selain album studio, dua album live “resmi" Savoy Brown dari era ini, juga menampilkan Walker: - konser New York City tahun 1972, Live in Central Park (Relix Records) 1985 (LP) dan 1989 (CD); dan Jack the Toad Live '70/ 72 (Mooncrest Records) 2000 diambil dari koleksi pribadi rekaman live Savoy Brown milik Kim Simmonds. Rekaman Simmonds semuanya dari tempat yang sama: The Gardens Edmonton, Alberta, Kanada tetapi pada tanggal yang berbeda, dan hanya dua lagu yang menampilkan Walker.

Sebelum tur akhir 1972 dimulai, Walker memutuskan untuk meninggalkan Savoy Brown untuk bergabung dengan Fleetwood Mac.

Pada Agustus 1972 Danny Kirwan dipecat dari Fleetwood Mac dan digantikan oleh Walker pada vokal dan Bob Weston pada gitar. Mereka bergabung dengan Fleetwood Mac pada saat band sedang berjuang untuk merekam album Penguin (1973, Reprise Records). Walker hanya muncul di dua lagu, yang ditulis sendiri "The Derelict" dan sebuah cover dari klasik Motown milik Jr. Walker & the All Stars "(I'm A) Roadrunner".

Tur berikutnya tampaknya berjalan dengan baik, dan Penguin adalah album chart tertinggi Fleetwood Mac di AS pada saat itu, menapak jalannya ke Top 50. Namun, selama rekaman album berikutnya, Mystery to Me; disepakati bersama oleh lima anggota band lainnya pada waktu itu (Mick Fleetwood, Christine McVie, John McVie, Bob Welch, dan Weston) bahwa gaya dan sikap vokal milik Walker "tidak cocok" dengan Fleetwood Mac dan dia diminta untuk pergi pada pertengahan tahun 1973; akhirnya tidak tampil di Mystery to Me.

Pada 1974 Walker membentuk band Hungry Fighter bersama dengan mantan rekannya di savoy Brown bassis Andy Silvester dan keyboardis/gitaris Paul Raymond; pendahulunya di Fleetwood Mac, Danny Kirwan; dan mantan drummer Warhorse Mac Poole. Hungry Fighter hanya berhasil memainkan satu pertunjukan langsung, di University of Surrey di Guildford, Inggris (yang tidak direkam), sebelum konsekuensi dari kecelakaan lalu lintas yang berkelanjutan oleh kru mereka setelah pertunjukan (yang termasuk penghancuran peralatan band dan cedera serius yang diderita oleh salah satu anggota kru jalan); dikombinasikan dengan kondisi kesehatan mental Kirwan yang memburuk, menyebabkan band dibubarkan.

Mac Poole meninggal pada 21 Mei 2015.

Walker kemudian pindah ke San Francisco dan bergabung dengan Raven; sebuah band yang dalam hidupnya yang singkat memiliki sejumlah pergantian personel tetapi digawangi oleh mantan gitaris Quicksilver Messenger Service, John Cipollina. Selama masa Walker dengan Raven ia tampil di beberapa pertunjukan langsung dan mengerjakan beberapa sesi rekaman awal untuk apa yang akhirnya akan menjadi album milik Raven (ditunda pada 1976 tetapi akhirnya dirilis pada 1980 sebagai John Cipollina’Raven); namun Walker tidak muncul pada rilisan final. Selama masa Walker di Raven, susunan band terdiri dari dirinya sendiri, Cipollina, calon gitaris Greg Kihn Band Greg Douglass, bassis Skip Olsen, dan drummer David Weber.

Kemudian pada tahun 1976, Walker, Douglass, dan Olsen memutuskan untuk meninggalkan Raven dan bergabung dengan pemain keyboard Chris Kovacs dan drummer Chris Paulsen di Mistress; sebuah band baru yang telah ada sejak tahun 1972. Olsen pergi kemudian tahun itu dan digantikan oleh Dave Brown; dengan Kovacs juga pergi dan band ini menambahkan Charlie Williams pada gitar pada saat yang sama. Dengan susunan pemain ini, band ini merekam beberapa demo dengan harapan mendapatkan kontrak rekaman, tetapi ini tidak membuahkan hasil selama masa jabatan Walker di band. Pada 1977 Walker kembali ke Inggris untuk bergabung dengan Black Sabbath dan Douglass pergi untuk bergabung dengan Steve Miller Band; meninggalkan Williams untuk beralih menjadi vokalis, dan gitaris Danny Chauncey dan Kenny Hopkins bergabung dengan band. Akhirnya band ini dapat merilis album, yang menampilkan lagu yang ditulis bersama oleh Walker dan Paulsen, berjudul "High on the Ride", di antara daftar lagu; tetapi tidak diketahui apakah ada vokal Walker yang ditampilkan di lagu ini. Album ini juga termasuk hit kecil, dengan balada "Mistrusted Love" masuk ke tangga lagu 50 besar AS. Kesulitan hukum juga menyebabkan album yang direkam oleh Mistress (lagi-lagi tanpa Walker) pada tahun 1977 dibatalkan, tetapi dirilis pada tahun 1979 oleh RSO Records, hampir dua tahun setelah Mistress dibubarkan.

Tony Iommi ingat Walker dari hari-hari mereka di Birmingham, dan menghubungi Walker di San Francisco, memintanya untuk bergabung dengan Black Sabbath, karena Ozzy Osbourne baru saja meninggalkan band.

Dalam penerbangan dari San Francisco ke London pada November 1977, dan selama tiga minggu berikutnya, Walker menulis lirik untuk musik baru yang ditulis oleh anggota Black Sabbath yang tersisa (Tony Iommi, Terry 'Geezer' Butler dan Bill Ward) menulis untuk album mereka berikutnya. Tidak ada vokal yang direkam dengan Walker, tetapi line-up baru muncul di program TV BBC Midlands "Look Hear" pada 6 Januari 1978, menampilkan hit "War Pigs” plus versi awal dari apa yang akhirnya akan menjadi "Junior’s Eyes".

Tak lama setelah penampilan ini, Osbourne memutuskan untuk bergabung kembali dengan Black Sabbath, jadi Dave Walker keluar sebelum merekam dengan band. Tidak ada lirik Walker yang digunakan untuk album Never Say Die!, karena Osbourne tidak akan menyanyikan materi yang ditulis selama dia keluar dari band. Geezer Butler kemudian melanjutkan pekerjaan tradisionalnya sebagai penulis lirik utama Black Sabbath, dan lirik yang sama sekali baru untuk album itu ditulis, termasuk apa yang menjadi "Junior’s Eyes". Setelah tur 1978 untuk mempromosikan album, Osbourne diminta untuk pergi, dan digantikan oleh Ronnie James Dio.

Setelah kembali ke AS, Walker dengan singkat mengumpulkan bandnya sendiri; terdiri dari dirinya sendiri, Michael Boyd dan Steph Burnbaum pada gitar, Jim Pugh pada keyboard, Jim Wade pada drum, dan Mike Williams pada bass. Usaha ini berumur pendek; dan setelah pembubaran band Walker sementara pensiun dari musik.

Setelah keluar dari bisnis musik selama delapan tahun, pada tahun 1986 Kim Simmonds membujuk Walker untuk bergabung kembali dengan Savoy Brown yang telah dirubah, yang menampilkan Al Macomber pada drum dan Jim Dagnesi pada bass.

Pada tahun 1987 Walker pindah ke Gallup, New Mexico di mana ia tinggal sampai tahun 1998 dan Savoy Brown merekam album Make Me Sweat, dirilis pada awal tahun 1988 di GNP Crescendo Records, diikuti pada bulan April 1989 oleh album Kings of Boogie (juga di GNP Crescendo).

Macomber digantikan oleh Pete Mendillo pada drum, Lou Kaplan menggantikan Dagnesi pada bass dan Rick Jewett menambah line-up pada keyboard untuk tur untuk mempromosikan Kings of Boogie, dan pada bulan November 1990 album live dari tur ini dirilis berjudul Live And Kickin' (GNP Crescendo). Album yang diterima dengan baik ini diproduseri oleh Neil Norman yang mencari gaya komedi menular Dave.

Namun, pada September 1991, Dave Walker sudah cukup dengan banyak tur yang melelahkan, jadi dia meninggalkan Savoy Brown lagi.

Pada akhir 1990-an Walker pindah ke Bozeman, Montana, di mana pada tahun 1999 ia bertemu dengan seorang teman lama dari masa hidupnya di San Francisco, Ron Sanchez, yang (dan masih) memiliki band garasi psikedelik bernama Donovan's Brain, yang memiliki sebuah pendekatan "pintu terbuka” untuk personil, bermain dan membuat musik. Akibatnya, antara 1999 dan 2003 Walker adalah anggota Donovan’s Brain; dan selama waktu ini ia mengerjakan sesi Donovan’s Brain untuk album Tiny Crustacean Light Show mereka (awalnya di Get Hip Records tetapi sekarang di Career Records), di mana ia melakukan banyak vokal pendukung dan beberapa vokal utama; peran yang juga dia lakukan di album berikutnya, The Great Leap Forward pada 2003. Dia juga bernyanyi pada apa yang sekarang dianggap sebagai trek Donovan’s Brain yang langka, "22 Lost Marbles" (yang muncul di A Pot By Any Other Name, sebuah CD gratis dengan jumlah 30 buah (Spring 2001) dari majalah musik independen Ptolemaic Terrascope), dan sebuah cover Brain dari lagu "The Single #2", awalnya oleh band Man. Cover ini muncul di CD penghormatan berbagai artis Man, We’re Glad We Know You: A Tribute to the Man Band (awalnya sebuah cetakan pribadi, tetapi sekarang di Career Records). Beberapa lagu yang menampilkan Walker; yang tersisa dari sesi TCLS, dirilis pada Januari 2003 di album Donovan’s Brain, The Great Leap Forward (Career Records).

Pada 2007 Dave Walker merekam dan merilis album solo dengan namanya sendiri. Album, berjudul Walking Underwater, menampilkan gitaris Jimmy Lewis; dan hubungan kerja antara dua musisi ini menyebabkan Dave Walker mereformasi sebuah band di bawah namanya, menampilkan musisi hanya dari kota asalnya Montana, yang telah mengadakan tur sejak Januari 2008. Line-up band terdiri dari Walker, Lewis, Chris Cundy (piano, keyboard, organ Hammond), Eddie Tsuru (bass), dan Mike Gillan (drum). Band ini telah tampil di Rockin' The Rivers Music Festival dan Magic City Blues Festival.

Walker memiliki sebuah band bernama The Pleasure Chorizos di hari-hari terakhirnya di New Mexico pada awal 1990-an tetapi pada akhirnya band ini tidak melakukan apa-apa. Walker memainkan tamborin di lagu oleh The Nomads (yang bekerja di studio yang sama dengan Donovan's Brain pada 24 Mei 1999) berjudul "Top Alcohol", yang merupakan "B-side" untuk single "The King of Night Train" mereka (White Jazz Records). Dia juga merekam vokal latar untuk satu lagu di sebuah album 2003 oleh Angie Pepper. Pada tahun 2004, Walker juga menyumbangkan vokal untuk cover "I'm Tired", pada album milik anggota pendiri Savoy Brown John O'Leary, Sins. Album ini dirilis ulang sebagai Two For The Show pada 2010 di label Acrobat. Pada 2005 Walker merekam Mostly Sonny - A Tribute To Sonny Boy Williamson pada label The Mooreland Street Records. Para musisi termasuk anggota Grup Splinter Peter Green, The Kinks, Downliners Sect (Don Craine & Keith Grant) dan mantan Yardbird Ray Majors pada gitar utama. Selain itu mantan anggota Savoy Brown John O'Leary ditampilkan di harmonika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...