Laman

Selasa, 29 Januari 2019

SARAH McLACHLAN



Dilahirkan degan nama Sarah Ann McLachlan pada 28 Januari 1968 di Halifax, Nova Scotia, Kanada. Dikenal karena balada folk-rock seperti "I Will Remember You," "Building a Mystery" dan "Angel," Sarah McLachlan telah menjadi perlengkapan populer di kancah musik selama beberapa dekade. Dia juga salah satu penyelenggara di balik tur musik yang sukses yang dikenal sebagai Lilith Fair.

Anak perempuan adopsi dari seorang ahli biologi kelautan, McLachlan memilih musik daripada sains pada usia dini. Dia mulai bernyanyi sekitar usia 4 tahun, dan menghabiskan masa mudanya tenggelam dalam studi suara, gitar, dan piano. Untuk sementara waktu, McLachlan bermain di sebuah band new wave bernama October Game. Dia baru berusia 17 tahun ketika kelompok itu ditawari kontrak rekaman dengan Nettwerk Records. Kesepakatan ini gagal, tetapi McLachlan menandatangani kontrak dengan Nettwerk dua tahun kemudian sebagai artis solo.

Pada tahun 1988, McLachlan merilis album pertamanya, Touch, di negara asalnya, Kanada. Dia mencetak hit dengan lagu "Vox," single up-tempo namun terdengar mistis yang menceritakan akhir suatu hubungan. McLachlan kemudian memiliki terobosan karir di Amerika Serikat pada tahun 1994 dengan album Fumbling Toward Ecstasy, yang membuatnya masuk ke tangga lagu kontemporer. Salah satu lagu paling populer dan menghantui dari album, "Possession," dilaporkan terinspirasi oleh pengalaman penyanyi yang sedang dikuntit oleh penggemar. 


Dengan rilisan berikutnya, Surfacing pada 1997, McLachlan menikmati kesuksesan yang lebih besar. Album ini terjual lebih dari 7 juta kopi, didukung oleh popularitas lagu-lagu seperti "Building a Mystery," "Adia" dan "Angel."

Pada tahun yang sama, McLachlan ikut mendirikan Lilith Fair, serangkaian konser musim panas yang memamerkan bakat artis wanita, menampilkan artis kelas A seperti Suzanne Vega, Tracy Chapman, Paula Cole dan Indigo Girls. Seiring dengan mempromosikan kesadaran tentang isu-isu perempuan, tur ini ternyata sukses besar. Lebih dari tiga musim panas, Lilith Fair dihadiri oleh 2 juta orang dan mengumpulkan lebih dari $10 juta untuk amal. McLachlan menghidupkan kembali tur pada 2010 tetapi dengan hasil yang beragam.

Pada tahun 1998, McLachlan memenangkan dua Grammy Awards — untuk instrumental "Last Dance" dan yang lainnya untuk "Building a Mystery." Dia membawa pulang Grammy Award lainnya pada tahun berikutnya untuk balada menyentuh "I Will Remember You," yang ditampilkan dalam soundtrack The Brothers McMullen.

Sementara dia melanjutkan tur dan merilis rekaman live dan kompilasi, McLachlan tidak mengeluarkan album studio lain sampai 2003, setelah dia dan suaminya Ashwin Sood menyambut putri mereka, India. Album berikutnya, Afterglow, mencerminkan kematangan yang lebih besar bagi McLachlan sebagai seorang seniman.

Untuk seseorang yang biasanya mengeksplorasi emosi pribadi, McLachlan menangani tema yang lebih besar di album dengan lagu "World on Fire." Dia memilih untuk tidak menggunakan gaya produksi yang apik untuk video musik lagu tersebut. Sebaliknya, video tersebut membandingkan biaya pembuatan video dengan biaya yang terkait dengan makanan dan pasokan medis di negara-negara miskin. Direktur, Sophie Muller, dan kru lainnya menyumbangkan honor mereka dari proyek — sekitar $150.000 — kepada 11 badan amal.

McLachlan menjelajahi liburan bersama Wintersong pada tahun 2006, yang mencakup hits musiman dan standar tradisional. Waktu album studio berikutnya, Laws of Illusion 2010, bertepatan dengan periode yang sulit dalam hidupnya. Berita tentang perceraiannya yang akan datang dari suaminya pecah tepat saat album itu akan dirilis. Pada saat ini, pasangan itu memiliki dua putri bersama. Bungsu mereka, Taja, lahir pada 2007. 


Perjuangan pribadi McLachlan menjadi inspirasi untuk karya terbarunya, yang menampilkan lagu-lagu tentang "kekuatan kemerdekaan yang diperoleh dengan susah payah; cobaan cinta dari menang, hilang dan ditemukan lagi; dan kegembiraan hidup yang tak terbatas," menurut situs webnya. Untuk mendukung album, McLachlan melakukan tur secara luas, termasuk kebangkitan musim panas dari Lilith Fair pada tahun 2010. Pada tahun yang sama, lagunya "One Dream" menjadi lagu tema Olimpiade Musim Dingin 2010 di Vancouver.

Selama karirnya yang panjang, McLachlan telah menjual lebih dari 40 juta rekaman di seluruh dunia.

Selain musik, McLachlan juga dikenal karena dukungannya yang kuat untuk organisasi kesejahteraan hewan, ASPCA, di mana hitnya "Angel" terkenal ditampilkan dalam salah satu iklannya.

Selama bertahun-tahun dia juga menyumbangkan bakatnya untuk bantuan bencana, badan amal AIDS, dan organisasi nirlaba pendidikan musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...