Laman

Senin, 12 Desember 2016

STEVIE YOUNG




Dilahirkan dengan nama Stephen Crawford Young pada 11 Desember 1956 di Glasgow, Skotlandia, adalah seorang musisi Skotlandia, dan gitaris ritem untuk band hard rock Australia, AC/DC. Dia secara resmi bergabung dengan band pada September 2014, menggantikan pamannya, Malcolm Young yang pensiun karena dementia. Dia sebelumnya mengisi tempat Malcolm di tur AS 1988 milik AC/DC.

Selain kepada Malcolm, Stevie adalah keponakan dari Angus Young, George Young dan Alex Young, dan putra dari kakak tertua mereka Crawford Young (1933-1989). Dia beremigrasi dengan keluarganya dari Skotlandia ke Sydney, Australia pada 1963. Keluarga itu berdomisili di Concord, New South Wales.

Setelah band pertamanya, The Stabbers, Prowler dan Tantrum terbentuk di kota perbatasan Skotlandia, Hawick pada akhir 70an, Young membuat dua album pada 1980an dengan band rock miliknya Starfighters, terbentuk pada 1980 di Birmingham. Starfighters terpilih sebagai pendukung untuk Back in Black Tour milik AC/DC pada 1980.


Starfighters bubar pada 1983 sebelum kembali bersama pada 1987 untuk upaya lainnya. Saat hal itu tidak berhasil, Stevie membentuk Little Big Horn yang demonya diproduseri oleh Malcolm Young. Mereka kemudian bubar setelah kurang sukses dalam mencari kesepakatan rekaman, walaupun sebelum mereka melakukan rekaman sebuah sesi untuk Friday Rock Show milik Tommy Vance di BBC Radio 1. Stevie kemudian membentuk Up Rising, sebuah band yang juga dibubarkan. Strafighters disebut dalam buku Get Your Jumbo Jet Out of My Airport (Randon Notes for AC/DC Obsessives) dan juga tampil di panduan rekaman langka 2007.

Pada 1988 Stevie memrpoduseri sebuah demo untuk band thrash metal Cancer berjudul No Fuckin' Cover.

Pada 2009 Young adalah anggota dari band rock Birmingham, Hellsarockin'.

Dari Juli 2013 Stevie dan Pat Hambly dari Starfighters tampil dalam sebuah trio blues dengan penyanyi Martin Wood bernama Blue Murda. Blue Murda kemudian ditambah pada gitar oleh putra Stevie, Angus (Gus), dan John Malan pada bass. Dengan demikian Gus adalah cucu keponakan dari Angus Young dari AC/DC dan secera singkat menjadi anggota band penghormatan AC/DC, AC/DC UK.

Hubungan dengan AC/DC dimulai pada 1960an saat Stevie, Angus dan Malcolm belajar di sekolah yang sama dan bermain gitar bersama saat tumbuh du Sydney. Secara kebetulan, Starfighters juga nama band Belanda dari salah satu produser AC/DC Harry Vanda sebelum keluarganya pindah ke Australia.


Selama akhir 1970an Stevie dan adiknya Fraser terkadang bepergian dengan AC/DC dalam tur, keduanya difoto dengan Angus dan Malcolm di belakang panggung di Wembley pada 1979 selama Highway to Hell Tour.


Selama tur AS 1988 untuk album Blow Up Your Video milik AC/DC, yang dimulai pada 3 Mei 1988, Stevie mengisi tempat Malcolm pada gitar ritem, sementara Malcolm pergi untuk mengatasai ketergantungan alkohol yang makin tinggi. Banyak penggemar bahkan tidak mengetahui bahwa Malcolm sudah digantikan, karena Stevie memiliki kesamaan fisik (pada saat itu) dengannya. Malcolm mengatasi masalah minumnya dan kembali ke band, bertahan hingga dia pensiun pada 2014.


Pada Juli 2014, Brian Johnson dari AC/DC menegaskan bahwa Stevie melakukan rekaman dengan band untuk album mereka selanjutnya Rock or Bust, menggantikan lagi pamannya yang sakit. Pada September dikonformasikan bahwa Stevie akan menggantikan Malcolm secara permanen. Hal itu diungkapkan dalam wawancara Rolling Stone bahwa Stevie sudah direkrut oleh angus pada Januari 2014, sebelum kontak dibuat dengan para anggota band lainnya.

Hingga Juli 2014 putra Stevie, Angus (dikenal sebagai Goose atau Gus) juga bermain gitar untuk band reggae Birmingham, Young Culture Collective bersama adiknya Stevie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...