Laman

Kamis, 10 Maret 2016

RICK RUBIN




Lahir dengan nama Frederick Jay Rubin pada 10 Maret 1963 di Long Beach, New York, dan tumbuh di Lido Beach. Ayahnya adalah agen penjual sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Saat menjadi murid di Long Beach High School dia berteman dengan sutradara departemen audiovisual sekolah Steve Freeman yang memberinya sedikit pelajaran permainan gitar dan penulisan lagu dan membantunya menciptakan sebuah band punk bernama The Pricks. Klaim terbesar mereka sat mulai terkenal adalah saat naik panggung di CGBG dengan dua buah lagu dengan pentonton yang seru. Para penonton ini adalah teman-teman band yang menginstruksikan sebuah konfrontasi agar menjadi pentup pertunjukan dan menciptakan sebuah kehebohan. Menjadi sebuah anekdot, cerita ini dikonformasi dalam sebuah wawancara dengan jurnalis musik Zane Lowe. Walaupun dia tidak punya wewenang di New York City, ayah Rubin berangkat dari Nassau County, New York, ke Manhattan menggunakan seragam polisi buatan Lido Beachnya agar dia bisa "menutup" pertunjukan itu.


Selama tahun seniornya, Rubin mendirikan Def jam Records menggunakan recorder empat-trek sekolahnya. Dia pindah untuk membentuk Hose, yang terpengaruh oleh Flipper dari San Fransisco. Pada 1982, sebuah lagu Hose menjadi rilisan pertama Def Jam, single 45rpm 7" vinyl dalam sebuah tas kertas coklat, dan tanpa label. Band bermain di dan sekitar kancah punk NYC, melakukan tur Midwest dan California, dan bermain dengan band-band hardcore menengah seperti the Meat Puppets, Husker Du, the Circle Jerks, Butthole Surfers dan Minor Threat, menjadi teman dari frontman dan pemilik Dischord Records Ian MacKaye. Band bubar pada tahun 1986 saat hasrat Rubin beralih ke kancah hip hop.

Telah berteman dengan DJ Jazzy Jay-nya Zulu Nation, Rubin mulai mempelajari tentang produksi hip hop. Pada tahun 1983, keduanya memproduseri "It's Your" untuk raper T La Rock, dan merilisnya di label independen mereka, Def Jam Records. Produser Arthur Baker membantu mendistribusikan rekaman itu secara luas di Streetwise Records-nya Baker pada 1984. Jazzy Jay mengenalkan Rubin pada promotor konser/manajer artis Russell Simmons di sebuah klub, dan Rubin menjelaskan dia perlu bantuan agar Def Jam meningkat. Simmons dan Rubin pelan-pelan menjauhkan Jazzy Jay dan label rekaman Def Jam yang resmi didirikan saat Rubin berkuliah di New York City University pada 1984. Rilisan r ekaman pertama mereka adalah "I Need a Beat"-nya LL Cool J. Rubin menemukan lebih banyak artis hip-hop diluar The Bronx, Brooklyn dan Harlem antara lain para raper dari Queens, Staten Island dan Long island, yang kemudian membawa Def Jam mengontrak Public Enemy. Rubin merupakan orang penting dalam memilih anggota Beastie Boys menjauh dari akar punk mereka ke hip hop, berakibat keluarnya Kate Schellenbach dari grup. EP "Rock Hard"/"Party's Gettin' rough"/"Beastie Groove" oleh Beastie Boys menjadi sukses karena kerja produksi Rubin dengan aksi terobosan Run-D.M.C. Produksinya dikarakteristikkan dengan menggabungkan rap dengan heavy rock. rubin memilih Adam Dubin dan Ric Menello untuk bersama menyutradarai video musik untuk "(You Gotta) Fight for Your Right (To Party)" dan "No Sleep 'Til Brooklyn"-nya Beastie Boys, yang secara efektif meluncurkan hip hop mainstream band.

Adalah sebuah ide teman Rubin, Sue Cummings, seorang editor di majalah Spin, untuk mengkolaborasikan Run-D.M.C. dan Aerosmith pada sebuah cover "Walk This Way"-nya Aerosmith. Produksi tahun 1986 sering dianggap untuk menghasilkan rap hard rock untuk telinga mainstream dan mendongkrak Aerosmith. Pada 1986, dia bekerja dengan Aerosmith lagi pada demo untuk album mereka mendatang, tapi kolaborasi mereka berakhir lebih awal dan hanya menghasilkan latihan studio kasar. Pada tahun yang sama, Rubin memulai rekanan musik panjangnya dengan Slayer, memproduseri Reign in Blood, dianggap sebuah klasik dari genre heavy metal. Ini adalah kerja pertamanya dengan sebuah band metal.


Pada tahun 1987 The Cult merilis album penting ketiga mereka, Electric. Diproduseri oleh Rubin, album ini menjadi salah satu merk dagang dan karya klasik The Cult. Rubin kemudian bekerja dengan The Cult lagi untuk single "The Witch". Rubin dikreditkan sebagai Music Supervisor di film Less Than Zero dan produser untuk soundtracknya. Rubin memerankan sebuah karakter berdasarkan dirinya sendiri di film hip hop tahun 1985, Krush Groove, yang terinspirasi oleh hari-hari awal grup rock The Jesus and Mary Chain dan stand up comedian Andrew Dice Clay. Walaupun kerja Rubin pada saat ini terutama berfokus pada rock dan metal, dia masih memiliki hubungan dekat dengan rap, mengontrak Geto Boys dan terus bekerja dengan antara lain Public Enemy, LL Cool J dan Run-D.M.C.


Rubin awalnya memberi nama labelnya "Def Jam". Kata "def" di budaya urban adalah sebuah slang untuk komposisi lagu atau musik yang dissukai untuk ritem atraktif dan daya tarik tarinya. Sembilan tahun kemudian, Rubin menemukan bahwa kata "def" telah diterima ke dalam kamus standar; pada 1993, Rubin mengadakan sebuah penguburan aktual, dilengkapi dengan sebuah peti mati dan kuburan, untuk kata "def". Def American menjadi American Recordings. Dalam hal ini dia menyatakan: "Saat para pengiklan dan dunia busana ikut memiliki citra hippie, sebuah grup hippie asli di San Fransisco secara harfiah mengubur citra hippie. Saat 'def' beralih dari jalanan kumuh ke mainstream, itu mengalahkan tujuannya."

Proyek mayor pertama pada label yang berganti nama adalah American Recordings-nya Johnny Cash (1994), sebuah rekaman yang memasukkan enam lagu cover dan materi baru yang ditulis oleh orang lain untuk Cash atas permintaan Rubin. Album ini mendapatkan sukses kritis dan komersil, dan membantu mendongkrak karir Cash menyusul periode suram. Formula itu diulang untuk lima album Cash lagi: Unchained, Solitary Man, The Man Comes Around (album terakhir yang dirilis sebelum kematian Cash), A Hundred Highways, dan Ain't No Grave. The Man Comes Around mendapatkan 2003 Grammy for Best Male Country Vocal Performance ("Give My Love to Rose") dan sebuah nominasi untuk Best Country Collaboration with Vocals ("Bridge Over Troubled Water" dengan Fiona Apple). Rubin memperkenalkan Cash ke "Hurt"-nya Nine Inch Nails, dan versi cover yang dihasilkan di album The Man Comes Around menjadi lagu yang menentukan dari Cash kemudian. Rubin juga memproduseri dua lagu final Joe Strummer, "Long Shadow", sebuah lagu Strummer yang ditulis untuk Cash untuk direkam walau tidak dia lakukan, dan sebuah cover "Redemption Song"-nya Bob Marley. Kedua lagu dirilis di album final Strummer, Streetcore, yang dirilis setelah kematiannya. Rubin juga memproduseri versi "Redemption Song" dengan Strummer dan Cash bersama-sama, yang tampil di box set Cash, Unearthed.


Rubin juga memproduseri sejumlah rekaman dengan artis lain, yang dirilis pada label selain American Recorbings. Kesuksesan besarnya sebagai produser datang pekerjaan dengan Red Hot Chili Peppers dengan siapa Rubin memproduseri enam album studio dari 1991-2011 termasuk debut label mayor mereka di Warner Bros., Blood Sugar Sex Magik tahun 1991, yang meluncurkan band ke mainstream berkat single hit "Give It Away" dan "Under the Bridge" dan secara tinggi dianggap sebagai salah satu album paling berpengaruh dari 90an. Enam album dengan Chili Peppers juga menelurkan 12 single nomor 1 di tangga lagu Alternative Songs-nya Billboard, sebuah rekaman band yang tetap tinggi hingga 2015, dan berbagai penghargaan termasuk 16 nominasi Grammy (dengan memenangkan 6) dengan Producer of the Year Granmny award untuk Stadium Arcadium tahun 2006, yang juga dinominasikan untuk Album of the Year. Band telah menjual lebih dari 80 juta album ke seluruh dunia, sebgain besar dengan Rubin sebagai produser album. Tiga dari album band; Blood sugar Sex Magik, Californication dan By The Way tampil di daftar 500 Greatest Albums of All Time-nya Rolling Stones dan band dalah indukti tahun 2012 ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. Beragam anggota Chili Peppers juga telah dipekerjakan di proyek lain oleh Rubin termasuk rekaman oleh Johnny Cash. Setelah 24 tahun bekerja dengan band, mereka mengumumkan di akhir 2014 bahwa mereka akan bekerja dengan produser lain di album studio kesebelas mereka membawa akhir masa kerja panjang dan sukses mereka dengan Rubin.


Dia juga memproduseri album Wandering Spirit-nya Mick Jagger tahun 1993, album Voodoo-U-nya Lords of Acid tahun 1994, Wild Flowers-nya Tom Petty tahun 1994, Ballbreaker-nya AC/DC tahun 1995, Sutras-nya Donovan tahun 1996, dan Death Magnetic-nya Metallica tahun 2008. Pada tahun 2005, Rubin menjadi produser eksekutif dua proyek album Shakira, Fijacion Oral Vol. 1 dan Oral Fixation Vol. 2. Rubin muncul di album Eradrum-nya Talib Kweli, album Til the Casket Drops-nya Clipse dan album Lil Jon Crunk Rock. Rubin juga memproduseri lagu "99 Problems"-nya Jay Z, dan muncul di video musik lagu itu. Dia juga bekerja dengan Eminem pada lagu dan video musik Berzerk. Selama periode ini, dia juga memproduseri "Breath of the Heart" pada 2001 untuk penyanyi kirtan Krishna Das melalui Karuna, LLC.


Rubin menyelesaikan memproduseri album Black Sabbath, 13, pada tahun 2013.

Pada mei 2007, Rubin ikut menjadi pimpinan Columbia Records. Rubin ikut memproduseri album tahun 2007 Linkin Park, Minutes to Midnight, dengan Mike Shinoda. Rubin dan Shinoda kemudian memproduseri album 2010 band, A Thousand Suns, dan rilisan Juni 2012 mereka, Living Things.


Pada 2007, Rubin memenangkan Grammy Award untuk Producer of the Year, Non-Classical untuk kerjanya dengan Dixie Chicks, Michael Krantz, Red Hot Chili Peppers, U2, Green Day, dan Johny Cash yang dirilis pada 2006. Rubin memenangkan sebuah penghargaan lagi pada 2009, untuk kerja produksi bagi Metallica. Neil Diamond, Ours, Jakob Dylan dan Weezer pada 2008.

Pada 2012 Rubin memenangkan Grammy untuk Album of the Year untuk perannya sebagai produser pada album 21-nya Adele.

Rubin meninggalkan Columbia pada 2012, dan membangkitkan kembali American Recordings kerjasam melalui sebuah kesepakatan dengan Republic Records. Album pertama yang dirilis dibawah kesepakatan baru ini adalah La Futura-nya ZZ Top dan The Carpenter-nya The Avett Brothers.

Rubin juga berkeinginan untuk merekam sebuah album cover dengan Crosby, Stills & Nash pada 2012, tapi sesi itu hanya sebentar dan akhirnya tidak sukses. Graham Nash mengatakan sesi itu "irritable" dan "not a great experience." Dia juga mendukung dan menjadi manajer band rock, Sunday Mornin'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...