Laman

Sabtu, 20 Januari 2018

STEVE LYNCH 'The Two-Handed Guitarist'



Dilahirkan pada 18 Januari 1955 di Seattle, Washington, juga dikenal sebagai The Two-Handed Guitarist, adalah gitaris hard rock/heavy metal Amerika, serta instruktur untuk Guitar Institute of Technology, departemen gitar terkenal di Institut Musisi Los Angeles. Dia memutuskan untuk menyerahkan diri pada musik dan gitar pada hari kematian Jimi Hendrix pada tanggal 18 September 1970.

Selain Jimi Hendrix, pengaruh musik awal Lynch berasal dari musisi Inggris akhir 1960-an dan awal 1970-an, seperti Led Zeppelin, Pink Floyd, dan The Beatles.

Dia awalnya bermain gitar bass, dan kematian Jimi membuatnya beralih. Lynch secara bertahap mengembangkan teknik memainkan gitar dua tangan (8-jari) khasnya sepanjang tahun 1970an dan memasuki pertengahan 1980an.


Dia akhirnya mencapai pengakuan nasional pada pertengahan 1980an, saat bandnya saat ini, Autograph, mencetak hit dengan "Turn Up the Radio," yang mencapai No. 29 di Billboard Hot 100. Hasil kerja Lynch di lagu ini membantunya mendapatkan penghargaan "Guitar Solo of the Year" dari Guitar Magazine. Dia membentuk band lain, Network 23, pada tahun 1990, tak lama setelah Autograph bubar. Dia baru saja mulai merilis beberapa karya gitar instrumentalnya. Dan untuk menyenangkan penggemarnya di seluruh dunia telah kembali melakukan tur dengan Autograph (http://autographband.com) yang juga baru saja merilis lagu dan album baru.

Autograph dijadwalkan untuk memainkan 2016 Monsters of Rock Cruise West Coast. (Http://monstersofrockcruise.com/west).

Lynch telah menerbitkan beberapa buku dan video instruksional mengenai gaya gitarnya sepanjang karirnya. Ia juga bekerja sebagai guru gitar, mengajar: seni komposisi dan teknik tapping-nya.

Ketika Autograph ditawari tempat pembuka untuk Van Halen dalam tur 1984 mereka, Eddie Van Halen mengatakan bahwa Lynch tidak diizinkan melakukan two-handed shredding miliknya selama pertunjukan karena itu adalah "Eddie’s thing." Steve Lynch mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia telah menyempurnakan teknik "hammering" jauh sebelum dia pernah mendengar tentang Eddie Van Halen, dan dia juga mengatakan bahwa tur bersama Van Halen adalah salah satu pengalaman paling tidak disukainya.

Lynch saat ini tinggal di Florida.

Dia saat ini didukung oleh gitar Dean.

Lynch umumnya dianggap gitaris yang sangat terampil dan inovatif. Teknik multi-fingered tapping miliknya, yang masih dia ajarkan saat ini, menggabungkan pendekatan teori musik yang kompleks dan seringkali membutuhkan penggunaan keempat jari tangan untuk memetik dan juga tangan untuk fretting. Pendekatan ini berarti bahwa solo Lynch seringkali sangat menantang secara teknis. Mungkin contoh yang paling rumit dari teknik ini adalah lagu instrumental "Hammerhead," dari album kedua Autograph That's the Stuff. Pada tahun 1985, Lynch memenangkan penghargaan "Guitar Solo of the Year" dari majalah Guitar Player untuk solo-nya di "Turn Up The Radio," hit terbesar Autograph.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...