Laman

Minggu, 28 Januari 2018

CORKY LAING



Dilahirkan dengan nama Laurence Gordon Laing pada 26 Januari 1948 adalah drummer rock asal Kanada, yang paling dikenal sebagai anggota lama grup musik rock Amerika pelopor Mountain.

Penduduk asli Montreal, Quebec, Laing adalah anak bungsu dalam keluarga dengan lima anak. Kakak perempuan tertuanya Carol diikuti oleh saudara kembar tiga, Jeffrey, Leslie, dan Stephen, dan kemudian oleh Corky. Menurut Corky, saudara laki-lakinya memanggilnya "Gorky" karena mereka tidak bisa mengucapkan namanya "Gordon". "Gorky" akhirnya berubah menjadi Corky, sebuah panggilan yang tetap bersamanya sepanjang karirnya. 


Mendapatkan kesempatan bermain drum untuk grup vokal The Ink Spots pada tahun 1961, ia kemudian bermain dalam kelompok yang bernama Energy, yang diproduksi oleh kolaborator Cream dan rekan band Laing di masa depan Felix Pappalardi. Laing meninggalkan Energy pada tahun 1969 untuk menggantikan drummer N.D. Smart dalam band hard rock dan pendahulu heavy metal Mountain, yang, dengan Laing di drum kit, merilis tiga album dan lagu klasik "Mississippi Queen" antara tahun 1970 dan 1971.  


Setelah perpisahan pertama band ini pada tahun berikutnya, Laing dan rekan band Mountain Leslie West kemudian membentuk trio blues-rock West, Bruce dan Laing dengan mantan bassis/vokalis Cream Jack Bruce. West, Bruce dan Laing menghasilkan dua album studio dan sebuah rilisan live sebelum Mountain direformasi tanpa Laing pada tahun 1974 dan merilis dua album lagi, Avalanche (dengan Laing) dan live Twin Peaks (tanpa Laing), hanya untuk bubar lagi tak lama kemudian. Band ini sekali lagi berkumpul kembali dengan Laing pada tahun 1985 saat merilis Go For Your Life, dan Laing terus berlanjut dengan mereka sampai hari ini, yang terakhir bekerja pada album cover Bob Dylan rilisan 2007 Master of War

Pada akhir 1977, ia merekam sebuah album dengan John Cale (mantan anggota Velvet Underground), Ian Hunter (dari Mott the Hoople) dan Mick Ronson. Album ini tidak dirilis.


Selain Mountain, ia melakukan rekaman sebagai kelompok Cork, dengan gitaris/vokalis Spin Doctor Eric Schenkman dan gitaris Noel Redding, mantan gitaris bass The Jimi Hendrix Experience. Pada akhir tahun 1975, ia memainkan conga di beberapa trek di album all-star Bo Diddley The 20th Anniversary of Rock 'n' Roll

Pada tahun 2003, Laing dan Leslie West menulis Nantucket Sleighride and Other Mountain on-the-Road Stories, sebuah kronikel waktu mereka dengan Mountain di masa jayanya dan karir mereka di tahun-tahun berikutnya. 

Laing tinggal di Liberty Village yang bersejarah di Toronto dan diwawancarai untuk film dokumenter 2006, Liberty Village - Somewhere in Heaven. Dia menyumbangkan musik untuk film itu dari rekaman bandnya Cork

Pada tahun 2007, Laing merekam Stick It!, versi audio dari memoarnya dengan Cory Bruyea di Oakville, Ontario. Minat Laing dalam pendidikan membawanya untuk menghadiri KoSA Music Camp di Vermont untuk musim panas 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...