Laman

Senin, 30 Mei 2016

TOM MORELLO




Lahir dengan nama Thomas Baptiste Morello pada 30 Mei 1964 di Harlem, New York, AS, dari Ngethe Njoroge dan Mary Morello. Morello berketurunan Italia dan Irlandia dari sisi ibunya, dan keturunan Kikuyu Kenya dari sisi ayahnya. Ibunya adalah guru sekolah dari Marseilles, Illinois, yang memiliki Master of Arts di Loyola University, Chicago dan bepergian ke Jerman, Spanyol, Jepang, dan Kenya sebagai seorang guru bahasa Inggris antara 1977 dan 1983. Ayahnya adalah partisipan Kenya di Mau Mau Uprising, dan bertindak sebagai duta  besar pertama Kenya di AS. Kakek buyut Morello dari sisi ayahya, Jomo Kenyatta, adalah presiden terpilih pertama dari sejarah Kenya. Orangtuanya bertemu pada Agustus 1963 saat menghadiri protes pro-demokrasi di Nairobi, Kenya. Setelah mengetahui kehamilannya, Mary kembali ke AS dengan Njoroge pada Nopember, dan menikah di New York.
Saat Morello berusia 16 tahun, Njoroge kembali ke Kenya, dan menyangkal sebagai ayah dari anaknya. Morello dibesarkan oleh ibunya di Libertyville, Illinois, sebuah daerah di Chicgao. Disana dia bersekolah di Libertyville High School, dimana ibunya adalah guru sejarah AS. Mary adalah guru pribadi untuk teman sekelas Tom dan sesama gitaris Adam Jons, dari band Tool, saat mengajar di Libertyville. Morello menyanyi di kor sekolah dan aktif dalam klub pidato dan drama; sebuah peran menonjol adalah Oberon di A Midsummer Night's Dream.

Morello membangun sifat politik haluan kiri sejak awal, dan mendeskripsikan dirinya sebagai "satu-satunya anarkis dalam sebuah SMA konservatif", dan mengidentifikasi sebagai sosialis nonsektarian. Pada pemilihan 1980 di Libertyville, dia mengkampanyekan "kandidat" anarkis fiksi bernama Hubie Maxwell, yang berada di tempat keempat dalam pemilihan. Dia juga menulis sebuah tajuk utama "South Africa: Racist Fascism That We Support" untuk untuk koran alternatif sekolah The Student Pulse.

Morello lulus dari SMA dengan kehormatan pada 1982, dan mendaftar di Harvard University sebagai murid ilmu politik pada musim semi tahun itu. Morello lulus pada 1986 dengan gelar Bachelor of Arts dalam Social Studies. Dia pindah ke Los Angeles, dia mendukung dirinya sendiri, pertama dengan belerja sebagai stripper pria. Dia bekerja dengan nama julukan Tom "Meat Swinger" Morello.

Adam Jones, teman SMAnya, pindah ke Los Angeles juga, Morello memperkenalkan Jones dan Maynard James Keenan pada Danny Carey, yang kemudian membentuk band Tool.

Dari 1987 hingga 1988, Morello bekerja di kantor Califronia Democratic Senator Alan Cranston, namun, hal ini terbukti sebagai pengalaman negatif untuk Morello, yang memutuskan tidak pernah menjalani karir dalam politik.

Pada usia 13 tahun, Morello bergabung dengan band pertamanya, sebuah band cover Led Zeppelin. Pada usia ini juga, Morello membeli gitar pertamanya. Sekitar 1984, Morello pertama memulai belajar gitar secara serius. Dia membentuk sebuah band di tahun yang sama bernama the Electric Sheep yang menampilkan gitaris Tool Adam Jones pada bass. Band menulis materi asli yang menampilkan lirik yang berhubungan dengan politik. Tidak satupun lagu yang dihasilkan the Sheep berisi solo; permainan solo adalah keterampilan yang dipelajari Morello di kampus. Dia berkata bahwa dia sangat dipengaruhi oleh Run-D.M.C., dan Jam Master Jay. Pengaruh ini dapat didengar di lagu Bulls on Parade dimana solo gitarnta berbunyi seperti garukan DJ. Selain itu, Bom Squad dan Public Enemy memilik dampak besar pada gaya musiknya.

Pada saat itu, rasa musik Morello ada dalam arah hard rock dan heavy metal, terutama Kiss dan Iron Maiden. Seperti yang dia katakan di Flight 666, dia adalah penggemar berat dari Piece of Mind, Alice Cooper, Led Zeppelin, dan Black Sabbath. Dia menyebut Tony Iommi dari Black Sabbath sebagai pengaruh terbesarnya sebagai penulis riff. Morello membangun suara unik miliknya melalui gitar listrik. Kemudian, gaya musik dan politiknya sangat terpengaruh oleh band-band punk rock seperti The Clash, The Sex Pistols dan Devo.



Pada 1991 Morello ingin membentuk sebuah band baru setelah Lock Up dibubarkan. Lock Up menghasilkan satu buah album Something Bitchin' This Way Comes (1989). 



Rage Against the Machine terbentuk pada tahun 1991. Rage Against the Machine terdiri dari Zack de la Rocha (vokalis), Tom Morello (gitaris), Brad Wilk (dramer) dan Tim Commerford (basis). Pada tahun 1992 mereka mengeluarkan album perdananya dengan lagu andalan Bullet in the Head, Killing in the Name dan Bombtrack ke penggemar musik dunia.

Setelah mengikuti tur Lollapalooza, Group Band ini kembali merilis album kedua, Evil Empire (1996) dengan lagu Andalan Bulls on Parade. Album berikutnya, Battle of Los Angeles menghasilkan penghargaan dobel platinum dan menempati posisi pertama album terlaris di Amerika. Namun setelah merilis Album Renegades pada tahun 2000, pada Oktober tahun itu juga, Zack De La Rocha mengundurkan diri. Para personel Rage Against the Machine yang tersisa lantas berkolaborasi dengan pentolan grup band Soundgarden dan Chris Cornell dalam formasi Audioslave dan merilis album debut, November 2002.


Audioslave terdiri dari Tom Morello (gitar), Tim Commerford (bass), dan Brad Wilk (drums), dan mantan penyanyi Soundgarden, Chris Cornell. Mereka dibentuk di Los Angeles, California pada 2001, setelah bubarnya RATM. Audioslave adalah band AS pertama yang mengadakan konser di Kuba secara gratis untuk sekitar 50.000 penonton pada 6 Mei 2005.

Setelah menerbitkan tiga album: Audioslave (2002), Out of Exile (2005) dan Revelations (2006), menerima tiga nominasi Grammy, dan menjual 8 juta keping rekaman di dunia, Chris Cornell menyatakan keluar dari band tersebut. Hal ini dilakukan sekitar sebulan setelah Morello, Commerford, dan Wilk menyatakan diri bergabung kembali dengan penyanyi Zack de la Rocha untuk membentuk kembali RATM. Selain itu baik Morello maupun Cornell menerbitkan album solo pada 2007, sehingga Audioslave saat ini praktis bubar.


RATM hidup lagi. Pada 29 April 2007, Zack de la Rocha Kembali tampil dalam acara Coachella, di California dan membawakan kembali lagu-lagu lama mereka. 



Morello juga memiliki proyek lain: The Nightwatchman (2003 hingga sekarang) yang membawakan lagu-lagu folk. Street Sweeper Social Club (2006 hingga sekarang), dia menjadi bintang tamu dengan Bruce Springsteen and the E Street Band (2008-2015), dan Shandi's Addiction. Morello juga menjadi musisi tamu/produser di beberapa band/artis seperti: Primus, Johnny Cash, Anti-Flag, Device, Linkin Park Park dan lainnya.



Morello memainkan beberapa soundtrack, antara lain Spawn (1997), Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby (2006), Dodgeball: A True Underdog Story, Spider-Man (2002), The A-Team, Battleship dan Pacific Rim (2013). Dia dikreditkan sebagai "Additional Electric Guitar" pada film superhero 2008 Iron Man dan bermain sebagai seorang teroris. Dia juga muncul di film Berkeley (2005). Dia juga berkolaborasi dengena John Debney untuk musik dari Iron Man 2.



Morello dan Serj Tankian dari System of a Down adalah pendiri dari Axis of Justice, sebuah grup politik yang memilki maksud "membawa bersama para musisi, penggemar musik, dan organisasi politik akar untuk berjuang bagi keadilan sosial bersama-sama." Mereka "bertujuan membangun sebuah jembatan antara para penggemar musik di seluruh dunia dan organisasi politik lokal untuk secara efektif mengatur masalah dari perdamaian, hak asasi manusia, dan keadilan ekonomi. Grup ini telah mengerjakan kasus seperti hak para imigran dan hukuman mati. Mereka merekomendasikan daftar buku para penulis seperti Karl Marx, Che Guevara, George Orwell, Noam Chomsky, Mumia Abu-Jamal dan Grant Morrison.



Morello dan Tankian, bersama dengan bantuan para artis lain, termasuk Maynard James Keenan, Wayne Kramer dari the MC5 grup hip hop Jurassic 5, dan Michael "Flea" balzary dari Red Hot Chili Peppers, merilis sebuah rekaman live dari lagu cover dan asli berjudul The Axis of Justice Concert Series Volume 1.

Morello dan istrinya Denise memilki dua putra, Rhoads (lahir 2007) dan Roman (lahir April 2011).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...