Laman

Selasa, 17 Mei 2016

MICK SWEDA




Penulis lagu dan gitaris Amerika ini dilahirkan dengan nama Michael Sweda pada 18 April1960 di Gowanda, New York, AS.


Setelah belajar di kampus dengan beasiswa drama dan melakukan tur pantai timur dengan banyak band, Sweda pindah ke Los Angeles dimana dia menghabiskan waktu di berbagai proyek musik.


Pada 1984, dia didekati oleh Carmine Appice untuk ikut band baru Appice, King Kobra, yang sudah menandatangani kontrak dengan Capitol Records. Sweda merekam dua rekaman dengan King Kobra (Ready to Strike dan Thrill of a Lifetime) dan tur secara luas, membuka untuk band-band seperti Iron Maiden, Kiss dan Ted Nugent. Sweda meninggalkan band pada 1987 dan bergabung dengan BulletBoys dengan Marq Torien, yang pernah menjadi penyanyi utama King Kobra secara singkat. Band teken kontrak dengan Warner Bros. Records pada 1988. Pada saat perilisan album debut mereka, band melakukan tur secara luas membuka untuk band-band seperti Cheap Trick, Bon Jovi, Ozzy Osbourne dan lain-lain, juga sebagai penampil utama. BulletbOys merekam dua album lagi untuk Warner Bros. (Freakshow dan Za-Za) dan mendukung kedua rekaman itu dengan tur sebelum Sweda meninggalkan band.


Setelah merekam demo untuk beragam artis di studionya dan melakukan beberaa kerja sesi, Sweda membentuk sebuah band baru bernama Brain Stem Babies yang menyertakan Jason Hook dan Jeremy Spencer. Mereka memainkan sejumlah pertunjukan tapi menghabiskan mayoritas waktu mereka melakukan rekaman dimana Sweda menyediakannya di label miliknya Monsters Making Music. Band bubar pada 1996 dan Sweda, bersama bassis BSB Jon Winquist, merekrut Troy Patrick Farrell (White Lion) membentuk Lolligag. Mereka terkadang bermain di Los Angeles tapi kembali lebih banyak menghabiskan di studio rekaman dan bubar pada 1998. Sweda terus melakukan rekaman denngan John Porter dan Marty Horenburg di Cello Studios di Hollywood tapi mulai berkonsentrasi pada masalah pribadi.

Sweda menikah pada 1999, memiliki seorang anak. Dia pindah dari LA, membangun studionya (Redcake Digital) dan terus menulis dan rekaman. Rilisan 2007 miliknya, ‘Songs in the Key of Cool’, direkam untuk anak-anak dan orangtua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...