Laman

Selasa, 17 Mei 2016

JOSH HOMME


Lahir dengan nama Joshua Michael Homme, pada 17 Mei 1973, di Joshua Tree, Califronia, dan tumbuh di sebuah keluarga kecil di Palm Desert, California. Kakeknya, Cap, pindah ke padang pasair dari North Dakota saat ayah Homme masih kecil. Nama belakangnya adalah berasal dari Norwegia, dan dipercaya dari kota Valle. Keluarga Homme memilik sebuah jalan yang namanya dari keluarga mereka di sebuah komunitas golf, dan Cap memiliki sebuah taman yang namanya diambil dari namanya di sebuah lahan eksklusif di Coachella Valley. Homme muncul pada sebuah episode 2001 dari No Reservations milik Anthony Bourdain di wilayah itu, dan berdiskusi tentang “menciptakan kesenangan anda sendiri” sebagai seorang anak yang tumbu di padang pasir. Dia juga menyatakan bahwa dia tidak memulai main musik untuk “mendapatkan gadis atau uang” dan bahwa dia beranggapan akan tumbuh menjadi “seorang kontraktor yang baik seperti ayah (nya)”.

Homme juga memiliki ikatan di Idaho, dan berkata di masa lalu tentang menghabiskan musim panas disana, termasuk pengalaman seprti melihat Carl Perkins tampil di Festival di Sandpoint dan membeli gitar listrik pertamanya (sebuah Ovation Ultra GP) di sebuah toko musik Sandpoint. Dia mulai bermain gitar pada usia 9 tahun, setelah orangtuanya menolak permintaannya untuk sebuah drum. Dia mengambil pelajaran polka dengan gitar daru usia 9 hingga 11 tahun, selama dimana dia seharusnya tidak mempelajari barre chord untuk 2 tahun pertama, atau menggunakan pick hingga tahun ketiganya, memulai gaya permainannya yang unik.


Homme bergabung dengan band pertamanya Autocracy, pada usia 12 tahun. Pada 1987, saat dia berusia 14 tahun, Homme membentuk sebuah band heavy metal yang terpengaruh punk rock dengan teman sekolah John Garcia dan Brant Bjork di Palm Desert bernama Katzenjammer; dia adalah gitaris band. Setelah mengganti nama mereka beberapa kali, pertama dengan Sons of Kyus (mereka merilis sebuah EP dengan judul yang sama), mereka akhirnya memperpendeknya menjadi Kyuss. Karena Homme belum berusia 18 tahun pada saat penandatanganan kontrak, orangtuanya yag harus mewakilinya. Kyuss merilis tiga labum label mayor, Blues for the Red Sun, Welcome to Sky Valley, dan …And the Circus Leaves Town, semuanya sering disebut sebagai batu pertama pembangunan dari genre stoner rock di 1990an. Kyuss bereformasi secara terpisah pada 2010 (kini dengan nama Vista Chino), tapi Homme memilih tidak menjadi bagian dari reuni itu.


Saat Kyuss bubar pada 1995, Homme bergabung dengan Screaming Trees sebagai gitaris ritem, melakukan tur tapi tidak rekaman dengan band. Dia dan vokalis Mark Lanegan menjadi teman dekat selama waktu ini. Tidak suka dengan ketidakharmonisan rutin band, Homme pergi setelah satu tahun dengan mereka. Dia mendirikan Gamma Ray, sebuah grup yang lebih memusatkan pada gaya dan rasanya yang unik, yang kemudian menjadi Queens of the Stone Age pada 1997. Awalnya, Homme meminta sejumlah penyanyi, termasuk Lanegan, untuk tampil sebagai vokalis utama untuk Queen of the Stone Age, tapi akhirnya menyanyi untuk pertama kalinya dalam karirnya. Band ini telah merilis 6 buah album studio hingga kini.


Homme mendirikan The Desert Sessions pada 1997 di Rancho De La Luna di Joshua Tree, California mendeskripsikannya sebagai serangkaian kumpulan musik “yang tidak bisa didefinisikan. Pada artis seperti PJ Harvey, Twiggy Ramirez, Dave Catching, Nick Oliveri, Mark Lanegan, Ben Shepherd, John McBrain, Josh Freese, Chris Goss, Alain Johannes, Dean Ween, dan banyak lagi dari Palm Desert Scene telah berkontribusi pada rekaman The Desert Sessions.


Pada 1998, Homme membentuk Eagles of Death Metal dengan teman Jesse Hughes. Rekaman dari proyek ini pertama muncul di The Desert Sessions Volumes 3 & 4 milik Homme, yang dirilis pada tahun itu. Sejauh ini band telah merilis empat album. Karena komitmennya dengan Queens of the Stone Age dan proyek lain, Homme tidak secara rutin tur dengan Eagles of Death Metal, tapi terkadang muncul selama penampilan live.


Pada Juli 2009, terungkap bahwa Homme, Dave Grohl dan John Paul Jones melakukan rekaman bersama untuk sebuah proyek musik bernama Them Crooked Vultures. Trio ini menampilkan pertunjukan pertama mereka pada 9 Agustus 2009 di Chicago di The Metro dengan penonton sejumlah 1.100 orang. Album mereka, Them Crooked Vultures, dirilis oleh Interscope Records di AS pada 17 Nopember 2009, dan oleh Sony secara internasional. Them Crooked Vultures memenangkan Grammy Award for Best Hard Rock Performance di the 53rd Grammy Awards pada 13 Februari 2011.


Para artis dimana Homme melakukan kolaborasi antara lain Mondo Generator, Foo Fighters, PJ Harvey, Fatso Jetson, Mark Lanegan Band, Trent Reznor, Masters of Reality, Millionaire, Wellwater Cons[ircay, U.N.K.L.E., Primal Scream, Melissa Auf der Maur, Paz Lenchantin, Death from Above 1979, Eartlings?, Mastodon, Peaches, The Strokes, Local H, Biffy Clyro, dan Arctic Monkey.

Homme menikahi penyanyi dan musisi Brody Dalle pada 2007. Mereka tinggal di Palm Springs, California dan memiliki 3 anak bersama: putri Camille Harley Joan Homme (lahir 17 Januari 2006) dan putra Orrin Ryder Homme (lahir pada 12 Agustus 2011) dan Wolf Dillon Reece Homme (lahir 13 Februari 2016).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...