Laman

Sabtu, 07 Mei 2016

PHIL CAMPBELL




Lahir dengan nama Philip Anthony Campbell pada 7 Mei 1961 di Pontypridd, Wales, UK, adalah musisi asal Wales. Dia adalah mantan gitaris dari Persian Risk dan Motorhead, dan gitaris dari Phil Campbell’s All Starr Band. Phil telah menjadi anggota Motorhead selama 31 tahun, yang membuatnya menjadi anggota terlama kedua setelah anggota pendiri dan pimpinan band Lemmy; dia telah tampil di 16 buah album studio milik band, juga 4 album live. Motorhead dibubarkan pada Desember 2015, mengikuti kematian pendiri dan frontman Lemmy.

Phil mulai belajar gitar saat berusia 10 tahun, yang terinspirasi oleh gitaris-gitaris seperti: Jimi Hendrix, Tony Iommi, Jimmy Page, Jan Akkerman, Michael Schenker dan Todd Rundgren. Pada usia 12 tahun, Phil memperoleh tanda tangan dari Lemmy setelah pertunjukan Hawkwind. Saat berusia 13 tahun, dia menjadi gitaris semi profesional dengan band kabaret bernama Contrast. Kemudian dia bermain dengan band pub bernama Rocktopus pada sebuah gig sekitar South Wales. Dia membeli Les Paul pertamanya pada 1978 pada obral gitar tahun baru di Ealing Broadway, London; sama seperti nasib gitar-gitar lain miliknya, gitar itu dicuri.

Pada 1979 dia membentuk band heavy metal, Persian Risk yang menghasilkan single "Calling For You" (1981) dan "Ridin' High" (1983). Album kompilasi telah diedarkan yang menampilkan beberapa karyanya dengan Persian Risk.


Pada 8 Februari 1984, setelah keluarnya gitaris Brian Robertson, pimpinan Motorhead, Lemmy, mengadakan audisi gitaris, yang akhirnya terpilih dua gitaris - Michael "Wurzel" Burston dan Philip Campbell. Lemmy awalnya berencana memakai hanya 1 gitaris, tapi setelah mendengar Wurzel dan Phil bermain bersama, Lemmy memakai keduanya.

Pada 14 Februari 1984, Motorhead merekam trek latar untuk The Young Ones episode "Bambi". Salah satu kompilasi band terpopuler, No Remorse, mengikutinya, yang dirilis pada 15 September. Campbell telah melakukan tur dengan band dan menjadi anggota Motorhead yang konstan, walaupun terjadi perubahan lineup selama bertahun-tahun.


Pada 28 Desember 2015, pendiri band dan anggota tetap satu-satunya Lemmy meninggal. Hari berikutnya, drummer Mikkey Dee mengumumkan bahwa Motorhead dibubarkan, menyatakan: ‘Kami tidak akan melaukan tur lagi atau apapun. Dan tidak akan ada lagi rekaman, dan Lemmy akan hidup di hati semua orang.”

Pada Februari 2016 Phil Campbell masuk ke studio bersama dengan perkusionis Slipknot Chris Fehn untuk merekam sebuah album solo.

Phil tinggal di Pontypridd, Wales dengan istrinya, Gaynor dan ketiga anak-anak mereka, Todd, Dane dan Tyla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...