Laman

Sabtu, 07 Mei 2016

JERRY NOLAN




Lahir dengan nama Gerard Nolan lahir 7 Mei 1946 di Williamsburg, Brooklyn, New York City, adalah drummer Amerika yang terkenal dengan The New York Dolls dan Johnny Thunders and The Heartbreakers.


Nolan bergabung dengan The New York Dolls di musim semi 1972 untuk menggantikan Billy Murcia, yang meninggalkan karena sesak nafas karena gagal menghindari dari overdosis narkoba saat tur di Inggris, awal dalam karir band. The Dolls mendapatkan kesepakatan rekaman dengan Mercury Records pada 1973. Nolam juga teman masa kecil dari Peter Criss (drummer asli Kiss) yang diaudisi untuk The New York Dolls di waktu yang sama. Dia sebelumnya bermain dengan “Queen Elizabeth” milik Wayne (Jayne) County, “Kicks” milik Billy Squier dan meruoakan anggota pria satu-satunya dari band asal Detroit milik Suzi Quatro, Cradle. Jerry bermain drum untuk power trio “Shake”, sebuah band New York yang sering membuka untuk the Dolls, saat dia direkrut untuk menggantikan Billy. Nolan bermain di dua album pertama the Dolls (New York Dolls dan Too Much Too Soon).


Setelah banyak pertikaian internal dan masa yang singkat dibawah arahan manajer Sex Pistols masa depan Malcolm McLaren, Nolan meninggalkan the Dolls bersama dengan Johnny Thunders di musim semi 1975. Keduanya kemudian memasukkan bassis Richard Hell, mantan Neon Boys dan Television, untuk membentuk The Heartbreakers. Kemudian, Walter Lure dibawa ke dalam band dan Hell digantikan oleh Bill Rath. Pada 1976, The Heartbreakers diundang untuk tur dengan Sex Pistols di tur “Anarchy in the U.K.” mereka yang terkenal yang juga termasuk dukungan dari The Clash dan The Damned. Setelah tur, The Heartbreakers mengambil tempat permanen di London dan memainkan banyak pertunjukan selama 1976-1977. Nolan meninggalkan band setelah mereka merilis album studio mereka satu-satunya, L.A.M.F. pada Oktober 1977 karena dia merasa album mendapat mixing yang kurang. Nolan masih terus bermain dengan The Heartbreakers, tapi sebagai seorang “drummer sewaan” hingga akhir 1977.


Pada awal 1978, Nola bergabung dengan The Idols yang dipimpin oleh Steve Dior dan Barry Jones. The Idols dengan mantan bassis Chelsea Simon Vitesse merekam 4 demo di London untuk Track Records dan kemudian tur ke Amerika tahun itu dengan Arthur Kane pada bass. The Idols juga merilis sebuah single “You”/”The Girl That I Love” pada 1978 di Ork Records. Nolan juga mengisi drum untuk penampilan solo New York City Sid Vicious yang sakit pada September 1978 bersama dengan Arthur Kane dan Steve Dior juga mendukung Vicious. Mick Jones dari The Clash juga bergabung dengan band pendukung Vicious mengisi gitar di jadwal live terakhir. Rekaman live dari pertunjukan ini dapat ditemukan di Sid Sings. The Idols terus memainkan pertunjukan di pantai timur tapi bubar pada 1979, lineup terakhir terdiri dari Jerry Nolan, Steve Dior, Barry Jones, Arthur Kane, dan Walter Lure. Nolan kemudian bergabung dengan Steve Dior dan Barry Jones di band mereka berikutnya, The London Cowboys di awal 80an yang juga menampilkan Glen Matlock dari The Sex Pistols. Jerry tidak memainkan drum pada dua album The London Cowboys, Animal Pleasure (1982) dan Tall in the Saddle (1984), tapi dia bermain drum di album live mereka On Stage (1986).


Saat tur dengan Johnny Thunders pada 1982, Nolan bertemu Charlotte (Lotten) Nedeby, yang kemudian dia nikahi. Nolan berdomisili di Swedia, bergantian, selama 1980an. Di Swedia bermain drum dan menyanyikan vokal utama dia merekam sebuah single solo dengan the Teneriffa Cowboys dari lagu Heartbreakers yang tidak dirilis, “Take a Chance With Me” dan sebuah lagu baru, “Pretty Baby” yang dirilis pada 1982 di Tandan Records. Lagu lain yang direkam dengan the Teneriffa Cowboys selama 1982-1983 termasuk “Havana Moon” milik Chuck Berry yang dirilis di album “Sword – The Best in Scandinavian Rock” pada 1985 di Sword/Tandan Records dan “Countdown Love” yang dirilis pada single split dengan Johnny Thunders pada 1997 di Sucksex Records. Penyanyi dan gitaris lain dari Teneriffa Cowboys, Michael Thimren (yang juga kadang-kadang bermain dengan Johnny Thunders dari 1983-1988) berkontribusi lagu “Lickin’ My Boots” dan “Notorious Liar” bersama dengan lagu yang tidak dirilis lainnya dari periode 1982-1983. Juga di 1983, Nolan merekam sebuah single dengan band Swedia Pilsner bermain drum dan menyanyi pada “I Refuse (To Live in The U.S.A.)” dan “Sleep With You.” Dia juga anggota singkat dari band live Ugly Americans dengan mantan rekan Doll Sylvain Sylvain. Johnny Thunders pindah ke Swedia dengan pacarnya, Susanne, dan kolaborasi mereka berlanjut secara periodik hingga kematian Thunders pada 1991. 


Nolan tidak bersama teman lamanya hanya beberapa bulan. Selama periode itu dia mengerjakan sebuah proyek rekaman dengan penyanyi/penulis lagu/gitaris Greg Allen dan bassis Chicago Vin Earnshaw. Pada akhir tahun 1991, saat Nolan terkena meningitis dan pneumonia di Rumah sakit St. Vincent di New York, dia menderita stroke dan koma dimana dia tidak pernah sembuh. Menurut teman masa kecilnya Peter Criss (drummer Kiss – penulis dari Makeup to Breakup), Nolan secara sengaja “terjangkit meningitis karena menyuntikkan” heroin. Dia menghabiskan minggu terakhirnya dengan sistem pendukung kehidupan dan meninggal pada 14 Januari 1992. Dia dikuburkan di pemakaman Mount Saint Mary di Flushing, New York.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...