Laman

Kamis, 05 Mei 2016

DEVIN TOWNSEND




Lahir dengan nama Devin Garret Townsend pada 5 Mei 1972, di New Westminster, British Columbia, Canada. Dia adalah pendiri, penulis lagu, vokalis dan gitaris di band extreme metal Strapping Young Lad dari 1994 hingga 2007 dan mempunyai karir yang hebat sebagai artis solo.

Townsend mulai memainkan banjo pada usia 5 tahun, dan mulai bermain gitar pada usia 12 tahun


Setelah membentuk sejumlah band metal di SMU, Townsend ditemukan oleh label rekaman pada 1993 dan diminta untuk menjadi vokalis utama pada album Steve Vai "Sex & Religion". Townsend melakukan tur yang kedua dengan band pembuka tur Steve Vai, the Wildhearts. Saat tur dengan the Wildhearts, Townsend membentuk band thrash metal jangka pendek dengan basis Metallica (saat itu) Jason Newsted. Band itu bernama IR8, dimana Jason sebagi vokalis dan basis, Townsend pada gitar dan Tom Huntington dari Exodus pada dram.


Setelah rekaman dan tur dengan Vai, Townsend terdorong oleh apa yang dia temukan dalam industri musik, dan menumpahkan amarahnya pada album solo Heavy as a Really Heavy Thing yang dirilis dibawah nama Strapping Young Lad. Dia kemudian membentuk band dengan nama tersebut, dan merilis album yang diperhatikan, City pada 1997. Sejak itu, dia merilis 3 album lagi dengan Strapping Young Lad, bersama dengan materi solo yang dirilis dibawah label independen milimya, HevyDevy Records.


Album solo Townsend, sebuah perpaduan musik hard rock, progresive metal, ambient dan new age, telah menampilkan berbagai musisi pendukung. Pada 2002 dia membentuk the Devin Townsend Band, sebuah lineup yang merekam dan tur untuk dua album solonya. Pada 2007, dia membubarkan Strapping Young Lad dan the Devin Townsend Band, mengambil cuti untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Setelah dua tahun cuti, dia mulai merekam lagi, dan kemudian membuat formasi the Devin Townsend Project. Proyek ini memulai dengan seri 4 album, yang dirilis dari 2009 hingga 2011, yang ditulis dengan gaya yang berbeda, dan Townsend berlanjut merekam dan tur dengan nama ini.


Disamping semua band dan proyeknya, Townsend telah merilis 23 album studio dan 3 album live. Gaya produksi Townsend, menampilkan multi trek yang berat, yang dibandingkan dengan gaya Phil Spector dan Frank Zappa. Gaya vokalnya bervariasi dari berteriak menuju gaya bernyanyi opera, dan penulisan lagunya berbeda. Gaya musik Townsend berakar di metal, dan album-albumnya ditulis untuk mengekspresikan aspek dari kepribadiannya.

Istri Devin, Tracy Turner, melahirkan putra pertama mereka, Reyner Liam Johnstan Townsend, pada 4 Oktober 2006.


Townsend mempunyai pengaruh yang beragam dari genre musik, paling besar adalah heavy metal, antara lain; Judas Priest, W.A.S.P., Franks Zappa, musikal Broadway, ABBA, musik new-age, Zoviet France, King's X, Morbid Angel, Barkmarket, Grotus, Jane's Addiction, Metallica, Cop Shoot Cop dan Fear Factory. Dia juga mengagumi Meshuggah. Dia menyebut Paul Horn dan Ravi Shankar sebagai "dua musisi paling penting dalam hidupnya." Dia juga terpengaruh oleh komposer orkestra dan klasik seperti John Williams, Trevor Jones dan Igor Stravinsky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...