Laman

Sabtu, 07 Mei 2016

BILL KREUTZMANN




Lahir dengan nama William Kreutzmann, Jr. (KROYTZ-mahn) pada 7 Mei 1946 di Palo Alto, California, adalah pemain drum Amerika yang bermain dengan grup musik the Grateful Dead selama 30 tahun karir band tersebut. Dia juga menjadi drumer dengan bandnya sendiri BK3, 7 Walkers dan Billy & the Kids.


Bill lahir dari ibu Janice Beryl (Shaughnessy) dan ayah William Kreutzmann, Sr. Kakek dari pihak ibunya adalah pelatih sepakbola dan innovator Clark Shaughnessy. Dia merupakan keturunan Jerman. Bill mulai bermain dram pada usia 13 tahun. Saat remaja, berlatih drum sendiri di bangunan besar di SMA-nya, Aldous Huxley, dan pria lain masuk. Huxley mengatakan padanya dia tidak pernah mendengarkan hal seperti ini, dan mendorongnya dalam berlatih drum – meskipun fakta Bill telah diberitahu oleh guru musiknya di kelas enam bahwa dia tidak bisa menjaga ritme.

Kreutzmann melakukan latihan dengan giat. Antusiasme pertamanya adalah untuk musik dari Ray Charles dan musisi R&B lainnya. Dia menjelaskan bahwa kemudian dia memperhatikan drummer jazz tingkat tinggi seperti Elvin Jones.

Pada akhir tahun 1964 dia ikut membentuk band The Warlocks, bersama dengan Phil Lesh, Jerry Garcia, Bob Weir, dan Ron "Pigpen" McKernan. Pertunjukan pertama mereka adalah 5 Mei 1965, dua hari sebelum ultah Bill ke 19. Selama hari-hari awal band, Bill terkadang menggunakan kartu nama palsu dengan nama “Bill Sommers” untuk masuk ke bar dimana band bermain, karena dia masih dibawah umur. Pada Nopember 1965, the Warlocks berubah menjadi the Grateful Dead.


Bertemu dengan rekan perkusionis Mickey Hart pada musim gugur tahun 1967 berdampak besar pada karir Bill. Hart kemudian bergabung dengan GD, yang membuat GD adalah band pertama yang menggunakan 2 drumer. Duet dram yang lama dari mereka ada di setiap show GD dari 1978-1995, dan didokumentasikan di sejumlah rekaman band.

Bill bertahan dengan Grateful Dead hingga pembubaran band setelah kematian Jerry Garcia pada 1995, yang membuatnya menjadi salah satu dari 4 anggota band yang tampil di show band sebanyak 2,300 kali, bersama dengan Garcia, Weir dan Lesh.

Pada 1994, Bill dan seluruh anggota GD dinobatkan ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame. Pada 2007, mereka memenangkan Grammy Lifetime Achievement Award.

Proyek musik Kreutzmann setelah Grateful Dead adalah Backbone, sebuah trio dengan gitaris Rick Barnett dan bassis Ed Cook. Mereka merilis satu album, Backbone pada 1998.


Pada 1998, mantan para anggota Grateful Dead Bob Weir, Phil Lesh, dan Mickey Hart membentuk sebuah band bernama the Other Ones, yang memainkan sejumlah pertunjukan sebagai bagian dari Further Festival. Band tidak bermain live hingga 1999. Kemudian, pada 2000, Kreutzmann bergabung dengan The Other Ones. Band dengan Kreutzmann, melakukan tur pada 2000 dan 2002. Pada 2003, mereka merubah nama mereka menjadi The Dead. The Dead memainkan sejumlah konser pada 2003, 2004 dan 2009.

Kreutzmann berkolaborasi dengan gitaris Journey Neal Schon, Sky Klopps, Ira Walker, dan Ralph Wodosn untuk membentuk the Trichromes pada 2002. Mereka merilis sebuah EP, Dice with the Universe, dan sebuah album, Trichromes.

Pada 17 Desember 2005, Kreutzmann berpartisipasi di the 17th Annual Warren Haynes Christmas Jam sebagai drumer untuk SeraPod, sebuah grup yang juga menampilkan para anggota Phis Trey Anastasio dan Mike Gordon.


Selama 2006, Kreutzmann bergabung dengan sesama drumer Grateful Dead Mickey Hart, bassis Phis Mike Gordon, dan mantan gitaris The Other Ones Steve Kimock untuk membentuk the Rhythm Devils. Band menampilkan lagu-lagu dari mantan band-band mereka juga lagu baru yang ditulis oleh rekan penulisan lagu Jerry Garcia, Robert Hunter. The Rhythm Devils memainkan tur pertama mereka pada 2006, yang berakhir di Vegoose festiva di Las Vegas, Nevada di akhir pekan Helloween. Pada 2008 mereka merilis sebuah DVD bernama The Rhythm Devils Concert Experience.

Pada 2008, Kreutzmann tur ke AS bagian timur dengan bassis Oteil Burbridge dari the Allman Brothers Band dan gitaris Scott Murawski dari Max Creek sebagai BK3. Pada 2009 Oteil Burbridge digantikan oleh mantan bassis Neville Brothers dan bassis lama Bonnie Raitt, James "Hutch' Hutchinson. Hutchinson pernah tampil dengan Kreutzmann, Papa Mali dan kibordis Matt Hubard pada awal tahun di konser tahun baru di kepulauan Maui. Beberapa konser 2009 juga menampilkan penyanyi/instrumentalis Donna the Buffalo, Tara Nevins. Pada Februari 2010 trio ini memainkan beberapa konser dengan Burbridge lagu berperan sebagai bassis.

Pada 2 Agustus 2009, Kreutzmann bermain dengan Phis selama sebagian besar jadwal kedua di Red Rocks Ampitheatre.


Pada 2010, Kreutzmann membentuk sebuah band baru, bernama 7 Walkers, dengan gitaris Papa Maui, multi instrumentalis Matt Hubbard, dan bassis Reed Mathis. Mereka melakukan tur AS bagian selatan selama musim semi 2010, dengan George Porter, Jr bermain bass saat Mathis tur dengan Tea Leaf Green. 7 Walkers merekam sebuah album studio yang dirilis pada 2 Nopember 2010.

Kreutzmann kadang-kadang menjadi drumer tamu dengan the David Nelson Band saat mereka tur di Hawaii. Band menyertakan David Nelson dari "New Riders of the Purple Sage", Pete Sears dari Jefferson Starship, Barry Sless dan Mookie Siegel. Pada akhir Januari 2012, dia memainkan beberapa pertunjukan dengan band ini di Maui dan kemudian di Big Island dari Hawaii, dimana mereka bermain di the Akebono Theater pada 3 Februari, the Lighthouse Deli di Hawaii pada 4 Februari dan di the Kona Historical Society di Kealakekua pada 5 Februari.

Pada Oktober 2014 Kreutzmann mengumumkan bahwa dia membentuk sebuah band baru, bernama Billy & The Kids, yang mulai tampil live pada Desember. Para anggota band lainnya adalah Reed Mathus pada bass, Aron Magner dari the Disco Biscuits pada kibord, dan Tom Hamilton Jr. dari American Babies pada gitar dan vokal.

Memoir Kreutzmann, Deal: My Three Decades of Drumming, Dreams, and Drugs with the Grateful Dead, diterbitkan oleh St. Martin's Press pada 5 Mei 2015.

Pada 1995, Kreutzmann memproduksi sebuah film berjudul Ocean Spirit. Dia juga bekerja sebagai artis visual pada 1993 saat dia mendapatkan komputer pertamanya.

Putra Kreutzmann, Justin adalah seorang sutradara film dan video. Dia menyutradari Backstage Pass dan Dead Ringers: The Making of Touch of Grey.

Pada 29 Oktober 2010, Kreutzmann mendukung Proposition 19, yang mendukung pelegalan mariyuana di California.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...