Laman

Minggu, 04 Februari 2018

SHAKIRA



Dilahirkan dengan nama Shakira Isabel Mebarak Ripoll pada tanggal 2 Februari 1977, di Barranquilla, Kolombia. Dengan ayah Lebanon dan ibu Kolombia, Shakira menghormati warisan Latin dan Arab dalam musiknya. Dia menulis lagu pertamanya pada usia 8 tahun dan menandatangani kontrak rekaman pertamanya di usia 13 tahun. 

Setelah dua album pertamanya gagal, Shakira mengambil alih kendali album ketiganya, terlibat dalam setiap aspek produksinya. Dirilis pada tahun 1996, Pies Descalzos, yang berarti "kaki telanjang", terjual lebih dari 3 juta eksemplar. Album ini menampilkan ciri khasnya, perpaduan gaya musik Latin, rock dan Arab. Rekaman tindak lanjutnya, Dónde Están Los Ladrones? (1998), yang diterjemahkan sebagai "Where are the thieves?", mencapai puncak tangga lagu Latin Billboard. Tidak lama kemudian, Shakira memenangkan Grammy Award pertamanya (album pop Latin terbaik) untuk Shakira: MTV Unplugged (2000). 

Dengan kesuksesan albumnya, Shakira menjadi superstar musik di pasar berbahasa Spanyol, yang dikenal dengan vokal yang kuat dan gerakan menari perut yang luar biasa. 

Sementara sangat populer di sebagian besar dunia lainnya, Shakira belum mencapai rekaman utama dalam tangga lagu pop Amerika Serikat. Dalam upaya untuk meningkatkan basis penggemar Amerika-nya, pada tahun 1997, pada usia 20 tahun, penyanyi tersebut pindah bersama keluarganya ke Miami, Florida, dan belajar menulis lagu dalam bahasa Inggris. Di sana, dia mendaftarkan Emilio Estefan, dari Gloria Estefan dari band Miami Sound Machine, untuk bertindak sebagai manajer dan produsernya. 

Pada tahun 2001, Shakira merilis album berbahasa Inggris pertamanya, Laundry Service, yang dengan cepat membawan kesuksesan di Amerika Serikat yang telah dia tunggu-tunggu. Album ini mencapai nomor 3 di tangga lagu, terjual lebih dari 200.000 kopi di minggu pertama peluncurannya. Hit besar Laundry Service meliputi "Whenever, Wherever" dan "Underneath Your Clothes." 


Shakira kembali ke Top 10 dari chart album dua kali pada tahun 2005. Dia merilis album bahasa Spanyol Fijación Oral, Vol. 1 pada bulan Juni tahun itu, diikuti oleh album dengan Bahasa Inggris , Oral Fixation Vol. 2 di bulan November. Fijación Oral, Vol. I mengumpulkan Shakira Grammy keduanya, kali ini untuk album rock/alternative Latin terbaik. 

Melakukan tur secara ekstensif, Shakira melanjutkan untuk merilis dua album konser: Live pada 2007 dan Oral Fixation Tour pada 2008. Pada bulan Juli 2009, dia mengeluarkan single baru, "She Wolf," dari album studio dengan judul yang sama. Album ini menempati posisi nomor 15 di tangga lagu Billboard tahun 2009, dan mendapatkan platinum pada tahun 2010. Sekitar waktu yang sama, hitnya "Waka Waka" dari Sale el Sol pada 2010 menjadi lagu tema untuk Piala Dunia FIFA 2010. Tak lama kemudian, yang kini menjadi superstar global melakukan tur untuk mempromosikan albumnya. Hingga Januari 2016, video untuk "Waka Waka" telah dilihat lebih dari satu miliar kali. 

Pada tahun 2012, penjualan album Shakira di AS telah mencapai hampir 10 juta dan penjualan albumnya di seluruh dunia telah mencapai lebih dari 70 juta. Dia adalah artis Kolombia terlaris sepanjang masa, dan penyanyi wanita terlaris kedua setelah Gloria Estefan. Pada bulan Maret 2014, Shakira merilis album studio self-titled. Album ini mencakup sebuah lagu dengan sesame bintang Voice dan penyanyi country Blake Shelton. Pada tahun yang sama, dia membawa music khasnya ke panggung global lagi saat dia menutup Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil. 


Pada akhir 2012, Shakira dikonfirmasi sebagai hakim/pelatih di acara kompetisi menyanyi NBC yang populer, The Voice. Bersama dengan penyanyi dan penulis lagu R&B Usher, Shakira membuat debut Voice-nya di acara perdana musim perdana 4, yang ditayangkan pada tanggal 25 Maret 2013. Mengganti Christina Aguilera dan Cee Lo Green, Shakira dan Usher bergabung dengan para hakim/pelatih Adam Levine dan Blake Shelton. "Usher dan Shakira masuk ke dalamnya sebagai institusi yang besar," kata Levine pada akhir 2012, menurut The Huffington Post. "Jadi acara itu menjadi berbeda, tapi tetap terasa enak, karena mereka artis yang sah." 

Shakira dengan cepat menjadi populer di kalangan pemirsa TV. Meskipun dia dan Usher meninggalkan The Voice setelah musim ini untuk memberi ruang bagi kembalinya Aguilera dan Green, pendatang baru musim 4 kembali lagi sebagai juri musim 6. 

Sementara itu, superstar Latin ini terus menggarap musiknya. Pada bulan Oktober 2016, dia mengeluarkan sebuah single baru, "Chantaje," dari album barunya, El Dorado. Pada rilisan Mei 2017, El Dorado mengungkapkan daftar lagu yang hampir seluruhnya terdiri dari lagu-lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Spanyol. Benar-benar tampil dengan baik, album ini memberi multi platinum bagi penyanyi Latin tersebut, yang mengumumkan rencana tur pada bulan Juni. 

Sayangnya, turnya tidak berjalan seperti yang direncanakan. Sesaat sebelum pertunjukan 8 November yang dijadwalkan di Cologne, Jerman, Shakira membatalkan konser tersebut karena pita suara yang mengalami gangguan. Meskipun dia berharap bisa pulih pada waktunya untuk pertunjukan 10 November di Paris, dia meminta maaf untuk membatalkan jadwal tersebut dan berikutnya juga. 

"Saya ingin kembali ke panggung dan 100% untuk kalian semua," tulisnya di Twitter. "Saya berterima kasih kepada Anda semua dari lubuk hati atas semua dukungan yang telah ditunjukkan kepada saya akhir-akhir ini dan yang telah membantu membuat saya tetap bertahan dalam masa sulit. Semoga kita akan bertemu lagi untuk kickoff tur saya. " 

Pada akhir Desember, Shakira mengumumkan bahwa dia telah pulih dan telah menjadwal ulang tur Eropa tersebut untuk memulai bulan Juni berikutnya. Beberapa minggu kemudian, kabar baik datang untuk penyanyi tersebut dalam bentuk kemenangan Grammy dalam kategori Best Latin Pop Album. 

Di luar karirnya yang sibuk, Shakira menciptakan Pies Descalzos Foundation untuk membantu anak-anak di kampong halamanya di Kolombia menerima pendidikan berkualitas. Dia juga merupakan Duta Goodwill UNICEF, dan mendapat kehormatan dari Organisasi Perburuhan Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk usaha amalnya di tahun 2010. 


Saya selalu bertanya pada diri sendiri, apa tujuan sebenarnya dari hidup saya? Saya selalu tahu itu bukan untuk bergerak tanpa henti, Anda tahu apa yang saya maksud? 

Shakira sedang menjalin hubungan dengan pemain sepak bola Spanyol Gerard Piqué. Pasangan tersebut menyambut anak pertama mereka pada 22 Januari 2013. Mereka menamai anak mereka Milan, yang berarti "sayang, penuh kasih dan murah hati" dalam bahasa Slavia; "bersemangat dan kuat" dalam bahasa Romawi Kuno; dan "penyatuan" dalam bahasa Sanskerta, menurut sebuah pernyataan di situs Shakira. Pada bulan Agustus 2014, pasangan tersebut mengumumkan bahwa dirinya hamil lagi. Putra kedua mereka, Sasha, lahir pada tanggal 29 Januari 2015. 

Shakira sebelumnya berkencan dengan Antonio de la Rua, putra mantan Presiden Argentina Fernando de la Rua. Pada bulan April 2013, de la Rua menjadi berita utama saat dia menggugat penyanyi pop Latin seharga $ 250 juta, menuduh bahwa dia telah membantu menciptakan beberapa lagu hit mantannya dan juga "Shakira brand".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...