Laman

Minggu, 04 Februari 2018

MIKE CAMPBELL



Dilahirkan dengan nama Michael Wayne Campbell pada 1 Februari 1950 di Panama City, Florida, AS. 

Dia dibesarkan di Panama City dan di Jacksonville, Florida, di mana dia lulus dari Jean Ribault High School pada tahun 1968. Pada usia 16 tahun, dia membeli gitar pertamanya, model Harmony yang murah, dari sebuah pegadaian. Gitar listrik pertamanya adalah Guyatone seharga $ 60. Seperti Tom Petty, Campbell menarik pengaruh terkuatnya dari The Byrds dan Bob Dylan, dengan tambahan inspirasi dari gitaris seperti Scotty Moore, Luther Perkins, George Harrison, Carl Wilson, Jerry Garcia, Roger McGuinn, Keith Richards, Brian Jones, Jimmy Page, Mick Taylor, dan Neil Young. Lagu pertama yang ia pelajari adalah "Baby Let Me Follow You Down", sebuah lagu yang muncul di album debut Dylan. 

Ia membentuk band bernama Dead or Alive yang dengan cepat dibubarkan. Campbell pertama kali bertemu Petty melalui drummer Mudcrutch Randall Marsh saat mereka mengaudisinya dan dia menyarankan temannya Mike untuk bermain gitar ritem. 

Mudcrutch pindah ke L.A. dan menandatangani kontrak rekaman dengan Shelter Records, yang merekam album pada tahun 1974 yang akhirnya disimpan. Campbell kemudian bergabung dengan Petty untuk mendirikan Tom Petty and the Heartbreakers yang asli pada tahun 1975 bersama Benmont Tench (keyboard), Ron Blair (gitar bass) dan Stan Lynch (drum). 


Seperti pemain lain di Heartbreakers, Campbell menghindari pendekatan virtuoso untuk bermain, lebih memilih untuk mengerjakan karyanya melayani kebutuhan setiap lagu. Majalah Guitar World mencatat "hanya ada segelintir gitaris yang bisa mengklaim tidak pernah menyia-nyiakan sebuah notasi. Mike Campbell tentu saja salah satunya". Dia adalah pemain yang sangat melodis, sering menggunakan dua atau tiga senar pada lead sementara alih-alih pendekatan satu per satu waktu yang lebih konvensional. "Orang-orang mengatakan kepada saya bahwa permainan saya terdengar seperti bagpipes," renungnya. "Saya tidak begitu yakin apa artinya itu." Perkiraannya tentang gayanya sendiri biasanya sederhana: "Saya tidak berpikir orang benar-benar bisa mengalahkan Jimi Hendrix dan Eric Clapton sejauh gitar utama dimainkan. Saya suka permainan saya untuk mengeluarkan lagu-lagunya." Seperti Tench, dia sangat terlibat dalam menyusun aransemen untuk lagu-lagu Heartbreakers. Dan juga seperti Tench, dia lebih suka mengutak-atik musik di studio dan di atas panggung. 

Campbell turut memproduseri album-album Heartbreaker Southern Accents, Pack Up the Plantation: Live!, Let Me Up (I’ve Had Enough), Into the Great Wide Open, Songs and Music from “She’s the One”, Echo, The Last DJ, The Live Anthology dan Mojo, serta album-album solo Petty Full Moon Fever, Wildflowers, dan Highway Companion

Di luar the Heartbreakers, Campbell telah menulis bersama dan menampilkan lagu-lagu meliputi "The Boys of Summer" dan "Heart of the Matter" bersama Don Henley. Kredit penulisan lagu dan pertunjukan lainnya meliputi lagu untuk The Blue Stingrays, Johnny Cash, Fleetwood Mac, Lone Justice, Roger McGuinn, Tracy Chapman, Warren Zevon, George Harrison, Stevie Nicks, John Prine, Bob Dylan, Restless Sleeper, Patti Scialfa, Brian Setzer, J.D. Souther, Jackson Browne, Williams Brothers dan Robin Zander. Dia memproduseri empat lagu di album Mystery Girl milik Roy Orbison dan bermain gitar di "6th Avenue Heartache" milik The Wallflowers , "My Sweet Passion", tema Amy Rose dari Sonic Adventure

Pada tahun 2004, ia merekam solo gitar untuk lagu "Los Angeles Is Burning" dari album The Empire Strikes First milik band punk rock Bad Religion. Pada tahun 2010 ia merekam solo untuk lagu "Cyanide" di album 2010 mereka The Dissent of Man

Pada tahun 2007, ia bergabung dengan Mudcrutch yang telah direformasi dengan Petty, Tench, Tom Leadon dan Randall Marsh. Pada tahun 2008, ia bermain banjo di lagu "Love Song" dari album Earth to Dandy Warhols oleh The Dandy Warhols. Dia bermain gitar dan mandolin di album Bob Dylan di tahun 2009 Together Through Life.  

Pada tahun 2017 Campbell memproduseri album Marty Stuart Way Out West. 

Campbell melakukan tur dan mengerjakan album dengan Tom Petty and the Heartbreakers sampai tahun 2017. Pertunjukan terakhir Campbell dengan Tom Petty and the Heartbreakers, sebelum kematian Petty pada tanggal 2 Oktober 2017, terjadi pada tanggal 25 September 2017 di Hollywood Bowl in Los Angeles

Campbell terlibat dengan sebuah band sampingan, The Dirty Knobs. "Ini lebih kasar dari pada materi Petty," kata Campbell tentang grup tersebut. "Ini sedikit lebih keras, kurang dipoles, banyak pengaruh 60an: The Kinks, Led Zeppelin, The Animals. Ini adalah sesuatu yang mungkin seharusnya saya lakukan sejak lama, tapi saya tidak menyebabkan saya terfokus di Heartbreakers." Beberapa materi Dirty Knobs telah direkam. 

Campbell menikah dengan Marcie Campbell sejak 24 Maret 1974. Mereka memiliki dua anak perempuan, Brie dan Kelsey (yang terakhir bernyanyi di lagu Full Moon Fever "Zombie Zoo"), dan seorang anak laki-laki, Darian. 

11 November 2011 Majalah Rolling Stone menempatkan nama Mike Campbell untuk 100 gitaris teratas mereka yang masuk di nomor 79.

Campbell tampil di "Starshine" dan "I Don’t Care" pada album terbaru Stevie Nicks 24 Karat Gold: Songs from the Vault. Dia turut menulis "I Don’t Care" dengan Nicks dan Waddy Wachtel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...