Laman

Senin, 19 Februari 2018

CHEETAH CHROME


Dilahirkan dengan nama Eugene Richard O'Connor pada 18 Februari 1955 di Cleveland, Ohio, AS adalah seorang musisi Amerika yang meraih ketenaran sebagai gitaris Rocket From the Tombs dan band punk rock the Dead Boys.

 
Setelah Dead Boys bubar, Cheetah Chrome bermain di sekitar New York City (kebanyakan di Max's Kansas City ) melakukan pertunjukkan dengan Stiletto, serta bandnya sendiri Cheetah Chrome and the Casualties. Dia merekam satu lagu untuk ORK Records, "Still Wanna Die/Take Me Home", yang direkam oleh salah satu pendiri Atlantic Records Herb Abramson. Tak lama kemudian, ia bermain di album solo debut Ronnie Spector Siren. Pada tahun 1980, ia bermain gitar untuk Nico di Squat Theater di New York serta Max's Kansas City. Dia muncul di beberapa rekaman selama tahun 1980an, terutama miliknya "Cheetah Chrome and the Ghetto Dogs" (Get Hip), "I Kill Me" milik Jeff Dahl (Sympathy for the Record Industry), dan “Into the Vision” milik Todd Tamanend Clark (TMI). Dia juga bergabung kembali dengan Dead Boys untuk reuni akhir 1980-an. 


Pada 1990-an, Chrome pindah ke Nashville, Tennessee dan merekam album live Alive in Detroit (DUI) di Lili's di Hamtramck, Michigan. Pada tahun 2002, ia bermain gitar di beberapa track untuk Fuck 'Em All We've All Ready (Now) Won! Milik False Alarm. Dia juga bermain dengan Bob Stinson dari Replacements di band Shotgun Rationale.

Pada tahun 2003, setelah perilisan The Day the Earth Met Rocket from the Tombs, dia mereformasi Rocket from the Tombs dengan David Thomas, Craig Bell, bersama Steve Mehlman (Pere Ubu) pada drum dan Richard Lloyd (Television) menggantikan almarhum Peter Laughner. Reinkarnasi kelompok ini melakukan tur pada tahun 2003 dan 2006. Pada musim panas 2003, ia memasuki studio untuk merekam beberapa materi lama band ini untuk pertama kalinya. Rekaman tersebut dirilis dengan judul Rocket Redux (SmogVeil). Chrome melakukan tur pantai Barat AS pada bulan April 2004 (didukung oleh Sweet Justice) serta tur 10 jadwal pantai Midwest/East sebagai gitaris di band Texas Terri pada bulan Juli. Pada akhir Juli ia menjadi penampil utama "Festimal" di Cedeira, Spanyol. Pada tahun 2005, anggota RFTT terbang ke Jerman untuk menjadi penampil utama pada satu malam ( Buzzcocks adalah penampil utama yang lain) dari International Punk Kongress di Kassel; kemudian, pada tahun 2006, mereka berkumpul kembali di Cleveland untuk menulis materi untuk sebuah rekaman baru. Materi ini menjadi single "I Sell Soul/Romeo and Juliet", yang dirilis pada tahun 2010, dan album utuh Barfly, dirilis pada tahun 2011. Pada tahun 2007 Chrome memainkan pertunjukan solo berkala, termasuk menjadi penampil utama festival Road To Ruins di Roma, Italia (didukung oleh Unnatural Axe).

Pada bulan Mei 2008, dalam perjalanan pulang dari "Joey Ramone Birthday Bash", Chrome berkesempatan bertemu di Bandara LaGuardia bersama anggota band Joan Jett, Blackhearts, termasuk drummer Thommy Price, yang dengannya dia bermain di Siren milik Ronnie Spector. Hal ini membawa beberapa pertunjukan di daerah NYC dengan Blackhearts sebagai bandnya, termasuk pertunjukan live di WFMU di NJ. Pada tahun 2009, setelah mengulangi saran bahwa dia menulis sebuah buku dari seorang teman yang bekerja di Voyageur Press di Minneapolis, MN, Chrome mengalah dan menyerahkan sebuah bab contoh kepada mereka di musim semi 2009. Dia menandatangani sebuah kontrak buku dengan Voyageur dan mulai menulis otobiografinya.

Pada musim gugur tahun 2009, Chrome bertemu dengan teman lama Sylvain Sylvain untuk merekam sebuah EP atas usul kepala SmogVeil Records Frank Mauceri. Mereka merekrut Thommy Price dan Enzo Pennizotto dari Blackhearts sebagai bagian seksi ritem, menamai diri mereka Batusis dari tarian dari acara TV 60an "Batman". Mereka menampilkan dua pertunjukan di SXSW 2010; Price dan Penizzotto tidak dapat melakukan pertunjukan live bersama Batusis, karena jadwal mereka bersama Joan Jett, dan digantikan oleh Chuck Garric dari band Alice Cooper pada bass, dan Lez Warner, sebelumnya dari the Cult, pada drum. EP empat lagu ("Big Cat Stomp/What You Lack in Brains/Bury You Alive/Blues Theme") dirilis pada bulan Mei 2010. Tur Inggris harus dibatalkan karena letusan gunung berapi di Islandia, namun mereka melakukan tur ke AS secara ekstensif sampai Desember 2010 dengan Warner pada drum dan mantan Blackheart lainnya, Sean Koos, pada bass. 



Pada bulan September 2010 "Cheetah Chrome: A Dead Boy’s Tale From The Front Lines of Punk Rock" diterbitkan dengan penerimaan yang sangat hangat dari masyarakat dan ulasan 5 bintang dari kritikus. Chrome berpartisipasi di Februari/Pantai Barat dan April/Midwest-East Coast "Cleveland Confidential Book Tour" dengan sesama musisi Cleveland dan penulis Mike Hudson dari the Pagans dan Bob Pfeiffer dari Human Switchboard. Tempat lain meliputi Experience Music Project di Seattle, Rock and Roll Hall of Fame and Museum di Cleveland, Exile on Bowery @ Bowery Electric di NYC dan Museum GRAMMY di L.A Live di Los Angeles. Pada akhir tur RFTT seminggu penuh di bulan Desember 2011, Chrome mengumumkan kepada band bahwa dia telah memutuskan untuk berhenti melakukan tur secara ekstensif setelah 2012. Hal ini telah disalahartikan sebagai "masa pensiunnya", namun tidak demikian. Sementara ia berencana untuk menghormati setiap pertunjukan yang mereka pesan di tahun 2012, mereka memilih untuk mendapatkan pemain gitar lain untuk tur Eropa yang akan datang pada bulan Mei 2012.

Chrome tetap menjadi anggota non-tur RFTT, dan akan merekam dan tampil bersama band di masa depan. Chrome mengatakan dia akan terus tampil live dan bahkan melakukan tur singkat (7-10 hari) secara berkala sampai dia "kicks it". Pada bulan Februari 2012, Chrome menjadi Direktur Kreatif dari A&R/Director Proyek Khusus untuk Plowboy Records, sebuah label alternatif/warisan yang diluncurkan oleh Shannon Pollard, cucu legenda music Country Eddy Arnold, dan sejarawan musik/penulis Don Cusic. Ini secara resmi diumumkan pada tanggal 15 Mei 2012. Chrome saat ini memproduksi sebuah rekaman penghormatan kepada Arnold oleh berbagai seniman di RCA Studio B di Nashville; serta mempersiapkan rilis utuh baru oleh Batusis.

Pada 2013, sebuah film buatan Amerika bertajuk CBGB dilepas. Aktor Rupert Grint, yang terkenal karena karyanya di film Harry Potter memerankan Chrome sementara Justin Bartha, yang terkenal karena karyanya dalam trilogi The Hangover memerankan Stiv Bators. Chrome sendiri juga membuat penampilan cameo di film ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...