Laman

Jumat, 09 Februari 2018

HAL BLAINE




Dilahirkan dengan nama Harold Simon Belsky pada tanggal 5 Februari 1929 si Holyoke, Massachusetts, AS adalah seorang drummer Amerika dan musisi sesi.

Dia paling dikenal karena karyanya dengan Cracker Wrecking di California. Blaine bermain dalam banyak hits oleh kelompok-kelompok populer, termasuk Nancy Sinatra, Jan and Dean, Elvis Presley, John Denver, the Ronettes, Simon & Garfunkel, the Carpenters, the Beach Boys, the Grass Roots, the 5th Dimension, the Monkees, the Partridge Family , dan Steely Dan. Dia telah bermain di 40 hit nomor satu, 150 sepuluh hits teratas dan telah tampil pada, dengan hitungannya sendiri, lebih dari 35.000 lagu yang direkam. Dia secara luas dianggap sebagai salah satu drummer paling produktif dalam sejarah rock and roll, karena "pasti bermain di rekaman yang lebih banyak daripada drummer manapun di era rock".

Blaine adalah anggota Rock & Roll Hall of Fame, Musicians Hall of Fame and Museum, dan Percussive Arts Hall of Fame Society. Dia dilantik ke Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 2010. 

Blaine lahir dari imigran Yahudi Eropa Timur, Meyer dan Rose Belsky, di Holyoke, Massachusetts. Pada tahun 1944, di usia 15 tahun, Blaine selamat dari kebakaran sirkus Hartford - salah satu bencana terburuk dalam sejarah Amerika.

Hal Blaine Strikes Again adalah stempel karet yang digunakan oleh Blaine untuk menandai jumlah musik dan tempat dimana ia bermain. Drummer dan penulis Max Weinberg , dalam pengantar bab tentang Blaine dalam bukunya, menulis: 


Sebelas tahun kemudian band kami bermain di Wembley Arena, dekat London. Setelah pertunjukan, saat kami bersantai di belakang panggung, Bruce [Springsteen] memintaku masuk ke kamarnya. Aku masuk, dia menunjuk ke dinding dan berkata, "Lihat itu." Aku melihat dinding tapi tidak melihat apa-apa kecuali wallpaper yang mengupas. "Lihat lebih dekat," katanya. Akhirnya, aku langsung melihat di tempat yang dia tunjuk. dan di sana, di celah di kertas, karet dicap ke dinding, katanya HAL BLAINE STRIKES LAGI. Ketika ditanya untuk menjelaskan tentang cap tersebut, Blaine menjawab, "Saya selalu membuat cap grafik saya. Dan ada alasan mengapa saya memulai itu, itu tidak semuanya tentang ego." Dia kemudian menjelaskan bahwa kadang-kadang dia perlu menemukan bagan tertentu di tengah "lima ratus keping musik dalam tumpukan" dan dia perlu beberapa tanda untuk melakukannya. "Akhirnya saya memasang stempel karet, dan sejak hari itu saya selalu mencap setiap musik yang saya mainkan, entah itu demo atau sesuatu yang saya mainkan di rumah seorang teman."

Seorang drumer lain, Mike Botts, yang pernah bersama band Bread, bercerita: "Setiap studio yang saya kunjungi pada akhir tahun enam puluhan, ada bekas stempel karet di dinding dari stan drum yang berbunyi, 'Hal Blaine menyerang lagi.' Hal mendapatkan begitu banyak jadwal studio yang sebenarnya dia dapatkan dari stempel karet. Dia ada dimana-mana! "

Drum Hal Blaine dapat didengar sebagai bagian dari Wall of Sound di hit #2 1963 milik the Ronettes “Be My Baby ", diproduseri oleh Phil Spector di Gold Star Studios di Hollywood. Max Weinberg menulis, "Jika Hal Blaine hanya bermain drum di 'Be My Baby' milik the Ronettes, namanya tetap akan diucapkan dengan rasa hormat dan penghargaan atas kekuatan beat-nya yang besar." Majalah Rolling Stone mencantumkan lagu tersebut di No. 22 di The 500 Greatest Songs of All Time.


Pada bulan Maret 2000, dia adalah salah satu dari lima pemain pertama yang masuk ke Rock and Roll Hall of Fame (salah satu induktor lainnya adalah teman lamanya dan rekan drumnya, Earl Palmer). 

Prestasi Grammy Awards yang sedikit dikenal oleh Blaine adalah bahwa ia bermain di enam pemenang Record of the Year berturut-turut:
Pada tahun 2018, Blaine menerima Grammy Lifetime Achievement Award.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...