Laman

Minggu, 04 Februari 2018

PAUL RAVEN



Dilahirkan dengan nama Paul Vincent Raven pada16 Januari 1961 di Wolverhampton, West Midlands, dan merupakan anak dari musisi folk Jon Raven

Karir musikal awalnya mencakup jabatannya di Neon Hearts, yang merilis 3 single dari 1977-79 dan album Popular Music pada tahun 1979, dan band rock glam singkat 1982, Kitsch, yang juga menampilkan Rook Randle dan Tyla, nantinya dia akan sukses lebih besar dengan bandnya, Dogs D'Amour. Pada musim panas 1980 ia bermain bass dengan Tony McPhee’s Turbo yang juga berumur pendek. Band ini memainkan beberapa pertunjukan dan merekam sesi tiga lagu untuk Capitol Radio. Turbo menampilkan Clive Brooks, drummer dengan band milik Tony McPhee Groundhogs (1972-1975). 


Kesempatan besar Raven datang saat ia menggantikan bassis asli Killing Joke Youth pada pertengahan 1982, tepat pada waktunya tur Amerika Utara yang didokumentasikan di EP live Ha!. Dia bersama grup ini menjalani periode yang paling sukses secara komersial, muncul di album-album Fire Dances, Night Time dan Brighter Than a Thousand Suns, sebelum pergi selama rekaman Outside the Gate rilisan1988, bergabung kembali pada 1990 untuk Extremities, Dirt & Various Repressed Emotions


Setelah melakukan untuk mendukung album ini, Killing Joke dibubarkan, dengan semua anggota kecuali vokalis Jaz Coleman membentuk Murder, Inc pada tahun 1991, menambahkan vokalis Chris Connelly. Selama masa ini, Raven juga berpartisipasi dalam Pigface, sebuah proyek yang disusun oleh drummer Martin Atkins, yang beroperasi dengan perubahan tajam dari musisi yang berbeda dalam barisan mereka. 


Killing Joke direformasi pada tahun 1992, namun dengan bassist original Youth kembali di formasi. Raven selanjutnya bergabung dengan Prong, muncul di album Cleansing and Rude Awakening mereka. Setelah meninggalkan Prong pada tahun 1996, ia memulai karir sebagai produser dan remixer dan juga bermain dengan kelompok Zilch, bersama dengan hide, Joey Castillo dan Ray McVeigh. 


Pada tahun 2002 Paul Raven dibawa untuk tur dua bulan oleh Godflesh di Amerika Serikat, namun band tersebut bubar sebelum berangkat. Pada tahun 2003, Raven bermain bass di Exit Through Fear dengan Society 1 dan tampil dalam tur berikutnya untuk album tersebut. Dia kemudian meninggalkan Society 1, bergabung kembali dengan Killing Joke untuk merilis album mereka pada tahun 2003, Killing Joke (album kedua mereka dengan judul itu), dan tindak lanjutnya, Hosannas from the Basements of Hell. Pada tahun 2005, Raven mulai bekerja dengan Al Jourgensen dari Ministry untuk album mereka Rio Grande Blood. Pada tahun 2006, Raven menyelesaikan tur Eropa dan Amerika dengan Ministry. Pada tahun 2007, Raven menulis dan merekam di album studio Ministry The Last Sucker dan juga mulai bekerja sama dengan Mark Gemini Thwaite (dari The Mission dan band Peter Murphy) pada sebuah proyek baru bernama Mob Research. Frontman Warrior Soul Kory Clarke dan mantan drumer Queens of the Stone Age (dan kemudian Peter Murphy) Nick Lucero melengkapi line-up.


Raven meninggal karena serangan jantung dalam tidurnya pada tanggal 20 Oktober 2007 di Jenewa, Swiss, di mana dia merekam dengan vokalis Treponem Pal Marco Neves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...