Laman

Sabtu, 17 Februari 2018

JOHN HELLIWELL


Dilahirkan dengan nama John Anthony Helliwell pada 15 Februari 1945 di Todmorden, Yorkshire, Inggris adalah seorang musisi dan pemain keyboard, pemain woodwind, dan vokalis latar berkebangsaan Inggris untuk band rock Supertramp. Ia juga berperan sebagai MC saat konser band, berbicara dan bercanda dengan penonton di antara lagu-lagu.


Helliwell bermain dengan The Alan Bown Set, menggantikan Dave Green saat bergabung pada bulan Januari 1966, sebelum bergabung dengan Supertramp pada tahun 1973 bersama dengan bassis Dougie Thomson, yang meyakinkan Helliwell untuk pekerjaan itu. Pada tahun 2004, Helliwell membentuk band Crème Anglaise bersama Mark Hart, yang bergabung dengan Supertramp pada tahun 1985. Kelompok ini merekam album debut mereka pada tahun 2005.

Pada tahun 1987, Helliwell bermain di album Pink Floyd A Momentary Lapse of Reason; namanya salah eja sebagai "Halliwell". Ini adalah setelah gitaris Pink Floyd David Gilmour bermain di album Supertramp Brother Where You Bound. Dia juga bermain di album ketiga penyanyi Prancis Jean-Jacques Goldman pada tahun 1985. 



Selama jeda profesional pada 1990-an, Helliwell mulai belajar untuk mendapatkan gelar musik di Royal Northern College of Music di Manchester, namun dia menghentikan studinya untuk bergabung dengan Supertramp dalam tur ketika Some Things Never Change dilepaskan. Pada tahun 2004, Helliwell menyumbangkan karya saksofon di album Simon Apple "River To The Sea".


Helliwell menyumbangkan klarinet untuk lagu The Pineapple Thief' "Fend For Yourself" dari album Your Wilderness yang dirilis pada tahun 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...