Laman

Minggu, 07 Februari 2016

SULLY ERNA




Dilahirkan dengan nama Salvatore Paul Erna pada 7 Februari 1968 di Lawrence, Massachusetts. Dia mulai bermain drum pada usia tiga tahun. Ayahnya, Salvatore Erna, adalah seorang pemain terompet dan berlatih di ruang bawah tanah di mana Sully menonton dan jatuh tertidur dalam tempat gitar kosong. Paman-kakeknya adalah seorang komponis terkenal di Sisilia, di mana setiap tahun mereka menghormati musiknya dan gambarnya digantung di sebuah museum. Pada usia 11 tahun, ia menemukan bahwa lebih mudah baginya untuk mendengarkan sesuatu dan memainkannya daripada membaca lembaran musik. Ia berhenti mengambil pelajaran dan berlatih di rumah, berlatih dengan rekaman oleh Aerosmith, Led Zeppelin, Motorhead, Rush, dan Alice in Chains


Pada usia 14 tahun, Dave Vose menjadi instruktur barunya. Dia menandatangani kontrak rekaman pertamanya pada tahun 1993 dengan sebuah band bernama Strip Mind. Album debut mereka What's In Your Mind terjual kurang dari 50.000 unit. Beberapa anggota band (terutama penyanyi) dan Erna tidak akur, dan ia keluar. Mereka bubar tak lama setelah itu. Dalam konser Godsmack ia memainkan bongo dan drum set besar, pementasan duel drum yang dikenal sebagai Batalla de los tambores dengan drummer Shannon Larkin. Pertarungan ini telah menjadi andalan dari pertunjukan live band. Dia juga pemain harmonika seperti yang dimainkan pada lagu Godsmack "Shine Down." Diumumkan bahwa Sully akan mengerjakan album solo yang akan keluar pada tahun 2010, yang akan berbeda dari hard rock milik Godsmack. Sully menyeelsaikan tur akustiknya dengan satu pertunjukan final di The House of Blues di Las Vegas, Nevada pada 28 Juni.


Erna juga bekerja sama dengan kancah musik lokalnya. Pada bulan April 2005, Sully berpartisipasi di Battle of the Bands-nya New Hampshire. Pemenang (band bernama Zion yang berasal dari Salem) memiliki kesempatan untuk merekam demo di studio California milik Sully. 

Erna mengatakan kepada Glam-Metal.com bahwa melakukan pertunjukan solo pertamanya adalah "sangat menegangkan," menambahkan, "pertunjukan pertama saya, saya benar-benar, benar-benar gugup. Jujur, saya belum pernah segugup, saya tidak tahu, mungkin saat berusia 10 tahun di sebuah pertunjukan bakat atau sesuatu." Erna memulai perjalanan pertama akustik solonya pada 1 Mei di Air Terjun Niagara, New York dan menutupnya tanggal 31 Mei di Las Vegas. Pertunjukan itu merupakan kombinasi lagu Godsmack dengan sedikit lagu aslinya yang baru dan cover mulai dari The Beatles ke Alice in Chains dengan tema dari Love Story .


Erna menyatakan bahwa ia berencana untuk menggarap album solo pertamanya. 

Pada tanggal 4 Maret 2009, Blabbermouth.net melaporkan bahwa Erna telah selesai mengerjakan album solo pertamanya, Avalon, dirilis 14 September 2010. Meskipun, single Sinner's Prayer akan diputra di stasiun radio dan dijual di mana-mana pada 3 Agustus 2010. Erna menggambarkan album ini sebagai "jenis yang sangat berbeda dari rekaman yang didengar," dan "perbedaan besar dari apa yang pernah saya lakukan." 

Album ini menampilkan Lisa Guyer pada vokal, Tim Theriault pada gitar dan vokal, Chris Decato pada kibord, midi dan vokal, Chris Lester pada gitar akustik dan bass, Irina Chirkova dari Bulgaria yang terlatih secara klasik pada Cello, Niall Gregory dari Dead Can Dance asal Irlandia pada drum dan perkusi dan David Stephanelli pada drum dan perkusi.
 
Tiga hari kemudian, Rockerrazzi.com mengeluarkan sebuah wawancara dengan Erna di mana ia mengatakan bahwa rekaman ini "harus keluar dalam dua bulan ke depan." Lebih lanjut menjelaskan suara album, Erna mengatakan bahwa "sangat eklektik," dan "tribal" dengan "banyak drum tangan" dan "komposisi piano yang indah." Ia juga menyatakan bahwa ia "bekerja dengan sesi perkusi untuk Dead Can Dance" dan bahwa album ini akan menampilkan Lisa Guyer, yang telah menampilkan vokal latar untuk lagu "Hollow" di album Godsmack sebelumnya.


Album solo debutnya Erna berjudul Avalon, dan dirilis pada tanggal 14 September 2010. Menurut The Pulse of Radio, Sully Erna merencanakan tur solo debutnya pada awal tahun 2011, mungkin di musim semi. 

Erna merilis DVD live, Avalon Live, pada musim gugur 2012.

Sully Erna merilis edisi terbatas Avalon box set yang sangat istimewa pada bulan November serta DVD dari Sully Erna yang membawakan lagu dari album debut solonya, Avalon, pada 16 Desember 2011 di The Wilbur Theatre di Boston, Massachusetts. Koleksinya meliputi disc ganda dokumenter Avalon Live, The Making of Avalon Live, dokumenter The Journey to Avalon, dan DVD dari blooper dan outtake. Box set ini juga berisi sepasang CD - album Avalon asli dan rekaman pertunjukan Avalon Live. Benda lain yang merupakan bagian dari koleksi ini termasuk dua CD, buku, T-shirt, pick gitar, poster, dupa, dll, dan metal kustom Sully Erna terukir kotak logam dengan lapisan suede. Hanya 5.000 eksemplar yang tersedia. Sebuah versi disk single dan Blu-Ray standar dari pertunjukan tersebut dirilis pada tanggal 18 Desember 2012.


Dalam sebuah wawancara dengan harddisk, Sully Erna menyebutkan bahwa ia akan melakukan album solo lain; meskipun, rincian belum diungkapkan.

Sully Erna berteman baik dengan Criss Angel dan telah berpartisipasi dalam beberapa episode dari acara TV Criss Angel Mindfreak. Kontribusi Sully terhadap diskografi dari Criss Angel termasuk ikut menulis dan membawakan lagu tema Mindfreak yang baru l"MF2." Sully muncul dalam video musik bersama dengan Criss Angel dan drummer Godsmack Shannon Larkin.

Sully Erna juga tampil di video musik Mötley Crüe "White Trash Circus" dirilis pada 25 Februari 2009. Dia juga muncul di tahun 2007 di serial TV Dirt . Sully Erna telah ditunjuk untuk menjadi pemeran dari Woodhaven Pictures mendatang, Army of the Damned. Juga ia akan muncul dalam film mendatang berjudul 'Bleed for This' yang diproduksi oleh Martin Scorsese. Sully Erna dilaporkan menandatangani untuk tampil di film Street Level. Dia juga bintang dalam aksi-thriller independen baru yang berjudul Black Files.

Erna merilis memoar berjudul The Paths We Choose pada hari ulang tahunnya, 7 Februari 2007. Buku ini merinci perjuangannya selama 30 tahun pertama hidupnya, sampai saat Godsmack mendapatkan kontrak rekaman.
 
Buku ini terjual 100.000 eksemplar pada bulan pertama rilis, dan sampai saat ini telah dikirimkan 1.000.000 kopi di seluruh dunia.
 
Sully Erna berpartisipasi dalam acara utama the 2006 World Series of Poker di mana ia membuat penampilan singkat di siaran pertunjukan ESPN; disebutkan bahwa ia adalah yang terakhir dari selebriti. Dia berakhir di posisi 713th dari 8.773 yang memberinya $ 17.730.
Erna juga bermain di acara utama the 2007 World Series of Poker. Setelah eliminasiTobey Maguire, Erna adalah selebriti akhir yang tersisa. Dia berada di posisi 237 dari 6358, dengan penghasilan $ 45.422. Untuk penempatannya di World Series of Poker, ia ada di No. 2 dalam acara pendahuluan di Bellagio's 5 Diamond World Poker Classic, di mana ia kalah JC Tran tapi mendapatkan $ 307.325 sebagai penghiburan.

Sully juga berkompetisi di 2007 VH1 Celebrity Rock and Roll Tournament dengan Ace Frehley, Vinnie Paul, Scott Ian, dan Dusty Hill. Erna ada di tempat kedua, kalah oleh Scott Ian dari Anthrax.
 
Erna mengatakan dia kembali dan siap untuk bermain sirkuit dengan tujuan untuk kembali ke 2013 Summer's World Series of Poker.
 
Godsmack, Creed dan gitaris Rage Against the Machine Tom Morello adalah beberapa musisi yang bermitra dengan perusahaan multimedia DC3 Music Group untuk menggalang dana dan mengisi pesawat MD-80 dengan persediaan dan tenaga medis untuk membantu gempa Haiti 2010. Menurut siaran pers, pesawat dijadwalkan berangkat dari Long Beach, California pada tanggal 27 Januari 2010 dan membawa 10.000 pon persediaan medis, bersama dengan dokter dan staf medis, menuju Port-au-Prince .  

Pada tanggal 9 Oktober 2010, Godsmack tampil di Mohegan Sun Arena di Uncasville, Connecticut, saat selama lagu "Whatever", Erna memuntahkan cacian panjang pada penonton, dan ketika seorang penggemar, yang tidak menikmati pertunjukan setelah menyebutkan ketidaksukaan Erna akan Creed, tidak menghiraukannya dan pergi, Erna mengatakan: "Kamu suka Creed? Kamu suka Scott Stapp? Dia homo! homo!!" Erna kemudian mengeluarkan permintaan maaf kepada Stapp dan anggota Creed untuk komentar yang merendahkan, dan menjelaskan bahwa selama beberapa tahun ada ketegangan antara dirinya dan Stapp, menyusul insiden di mana Stapp menolak permintaan tanda tangan dari penggemar, yang disaksikan oleh Erna.

Erna memiliki anak perempuan bernama Skylar Brooke Erna. Dia juga memiliki saudara bernama Carlo dan seorang kakak perempuan bernama Maria.
 
Erna cukup terguncang dari kecelakaan reaksi berantai tiga mobil di Methuen, Massachusetts dimana dia terlibat didalamnya ketika kendaraannya dan dua lainnya bertabrakan di persimpangan. "Dia sangat prihatin untuk gadis yang terluka dalam kecelakaan malang ini," kata manajernya, Paul Geary, mengacu pada warga Chelmsford berusia 25 tahun, Lindsay Taylor. "Sully bersyukur ia keluar dengan bibir pecah dan beberapa rasa sakit dan nyeri, tapi dia trauma tentang gadis itu," menurut Boston Herald 17 April 2007.
 
Taylor sedang duduk di kursi belakang Toyota Camry biru gelap yang bertabrakan dengan H3 dikendarai oleh Erna. Kecelakaan itu terjadi di malam yang gelap, sekitar 7 pm di jalan yang mengarah dari I-93 south ke Route 213.
 
Taylor menderita cedera otak traumatik yang parah dan dalam kondisi koma setelah kecelakaan. Dia menderita efek abadi, dan kemudian menuntut. Sebuah kesepakatan dicapai pada tahun 2010.

Erna mepraktekkan Wiccan. Agamanya mempengaruhi beberapa lagunya antara lain lagu "Spiral" dari album kedua Godsmack, Awake dan "Releasing the Demons" dari album ketiga mereka Faceless. Namun, Dia menyatakan secara terbuka, bahwa ia "tidak ingin menjadi anak pengguna sihir ", dan tidak memanfaatkan agamanya untuk mencapai ketenaran band. Bahkan, isu keyakinan agamanya tidak pernah muncul kecuali ia ditanya dalam sebuah wawancara. Pada umumnya percaya bahwa lagu Godsmack "Voodoo" adalah tentang kecanduan heroinnya, tapi, pada kenyataannya adalah pengantar terhadap kisah "The Serpent and the Rainbow."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...