Laman

Kamis, 04 Februari 2016

JOHN STEEL




Dilahirkan pada 4 Februari 1941 di Gateshead, County Durham, Inggris, adalah musisi Inggris terkenal karena menjadi drummer untuk band the Animals. Setelah menjabat sebagai drummer band sejak awal pendiriannya pada tahun 1963, ia adalah satu-satunya anggota band asli yang bermain di inkarnasi saat ini The Animals. Jabatannya dengan band adalah 1963-1966, 1975-1976, 1983 dan 1992 - sekarang. Steel adalah pemilik hak nama band, berdasarkan surat pendaftaran merek dagang.


John Steel adalah bungsu dari empat bersaudara. Ia bersekolah di Gateshead Grammar School. Saat masih anak-anak, ia dan saudara-saudaranya mengambil pelajaran piano, meskipun hanya Steel yang pada akhirnya memiliki karir di musik. Saat tumbuh, Steel dikenalkan dengan rekaman-rekaman Bing Crosby, Al Jolson, Fats Waller dan Sid Phillips.


Instrumen pertama Steel adalah terompet. Di grup pertama di mana ia dan Burdon bermain bersama dia memainkan terompet bukan drum. Pengaruh musiknya awalnya berasal dari jazz tradisional, tapi ia kemudian mendapat pengaruh dari jazz modern. Ketika ia beralih ke drum, Steel mengagumi drumer jazz seperti Elvin Jones dan Art Blakey.
 
Ketika saya bermain drum daripada terompet saya tidak pernah merasa cukup benar-benar percaya diri, karena orang yang mempengaruhi saya dan saya kagumi adalah drumer jazz. Tidak ada kemungkinan saya akan menjadi sebaik itu sehingga saya tidak pernah menganggap diri saya cukup baik untuk bercita-cita dengan hal semacam itu. Tapi entah kenapa saya tidak sengaja jatuh ke musik Rock 'n' Roll dan R&B. John Steel, Wawancara, 2011.

Steel memulai karirnya sebagai musisi saat masih di sekolah sekitar tahun 1957. Steel bertemu penyanyi utama masa depa dari the Animals, Eric Burdon, saat mereka belajar bersama di Newcastle College of Art and Industrial Design. Mereka beralih dari jazz untuk merangkul musik baru rock 'n' roll.
 
Pada bulan Maret tahun 1959, Steel bertemu Alan Price di hop gereja di Byker, Newcastle, dan dengan Hilton Valentine (gitar) dan Chas Chandler (bass) membentuk sebuah band; pada 1960 Alan Price Combo telah mendapatkan reputasi di Newcastle. Burdon bergabung pada tahun 1962 dari sebuah band bernama the Pagans, dan lahirlah the Animals.

Steel melanjutkan untuk bermain dan merekam dengan mereka sampai Maret 1966. Single terakhirny yang masuk chart dengan grup adalah itu "Inside Looking Out".
 
Selanjutnya, Steel kembali ke Newcastle dan menjadi seorang pengusaha, sementara juga bekerja di organisasi manajemen dan penerbit mantan rekan seband Chas Chandler. Pada tahun 1971 Chandler memperkenalkannya kepada Eggs over Easy, dengan siapa ia bermain saat mereka memulai genre musik pub rock. Selama bertahun-tahun Steel tetap aktif sebagai drummer lokal paruh waktu dan telah bergabung beberapa inkarnasi reuni the Animals.


Steel melakukan tur sejak tahun 1993 sebagai drummer dengan variasi lineup the Animals, termasuk Hilton Valentine, Dave Rowberry, Zoot Money dan Mick Gallagher. Pada tahun 1993, Hilton Valentine membentuk "Animals II" dan bergabung dengan John Steel pada tahun 1994 dan Dave Rowberry pada tahun 1999. Anggota lain dari versi band ini termasuk Steve Hutchinson, Steve Dawson dan Martin Bland. Dari tahun 1999 sampai kepergian Valentine tahun 2001, band ini melakukan tur sebagai the Animals. Setelah Valentine meninggalkan the Animals pada tahun 2001, Steel dan Rowberry melanjutkan sebagai "Animals and Friends", dengan Peter Barton, Jim Rodford dan John Williamson. Ketika Rowberry meninggal pada tahun 2003, ia digantikan oleh Mickey Gallagher (yang sebentar menggantikan Alan Price pada tahun 1965). Animals and Friednds terus tampil hingga hari ini, dan sering bermain di kapal Color Line yang mengadakan perjalanan antara Skandinavia dan Jerman.


Pada tahun 2008, juri memutuskan bahwa John Steel memiliki nama "The Animals" di Inggris, berdasarkan surat pendaftaran merek dagang telah dibuat Steel sehubungan dengan nama itu. Eric Burdon keberatan dengan pendaftaran merek dagang itu, dengan alasan bahwa Burdon pribadi memiliki setiap goodwill yang terkait dengan nama the Animals. Argumen burdon ini ditolak, sebagian didasarkan pada kenyataan bahwa ia telah menamakan dirinya sebagai "Eric Burdon and the Animals" pada awal 1967, dengan demikian memisahkan goodwill yang terkait dengan namanya sendiri dari band. Pada 2013 Eric burdon memenangkan banding. Dia adalah pemilik nama the Animals.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...