Laman

Sabtu, 06 Februari 2016

VINNIE COLAIUTA




Dilahirkan dengan nama Vincent Colaiuta pada 5 Februari 1956 di Brownsville, Pennsylvania, adalah drummer Amerika yang berbasis di Los Angeles. Berasal dari Republic, Pennsylvania , ia mulai bermain drum saat masih anak-anak dan menerima drum kit penuh pertamanya dari orang tuanya pada usia empat belas tahun. Dia dilantik ke Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 1996.


Setelah belajar di the Berklee College of Music di Boston selama satu tahun, Colaiuta mendapatkan terobosan besar pertamanya sebagai anggota dari Christopher Morris Band di tahun 1976-1977. Pada tahun 1977, ia pindah dengan band itu ke Los Angeles. Setelah meninggalkan band, ia bermain dengan band-band lounge. Terobosan berikutnya datang pada bulan April 1978, setelah audisi untuk Frank Zappa. Audisi mensyaratkan menampilkan "The Black Page". Colaiuta melanjutkan bekerja dengan Zappa sebagai drummer utamanya untuk studio dan pertunjukan live. Ia bermain di album sukses Zappa, Tinsel Town Rebellion, Joe’s Garage, dan Shut Up 'n Play Yer Giutar. Joe’s Garage disebut sebagai salah satu pertunjukan dari top-25 drumming performances of all time di artikel Modern Drummer tahun 1993.


Pada tahun 1990, Colaiuta berhasil mengikuti audisi sebagai drummer di band tur-nya Sting untuk mendukung album The Soul Cages . Colaiuta bertahan sebagai anggota band Sting selama tujuh tahun ke depan. Dia menolak tawaran untuk pergi melakukan tur untuk Brand New Day pada tahun 1999 karena tur dunia Sting memiliki waktu yang lama. Karya studionya dengan Sting dapat didengar pada Ten Summoner’s Tales (1993), Mercury Falling (1996), tiga lagu di Brand New Day (1999) dan dua lagu di Sacred Love (2003). Pada tanggal 21 Oktober 2011, ia bergabung kembali dengan band tur Sting untuk tampil di Back to Bass Tour.
 
Colaiuta merilis rekaman solo self-titled pada tahun 1994, dan masih menjadi salah satu musisi studio yang paling diminati ynag bermain di album yang tak terhitung jumlahnya, soundtrack film , musik iklan TV dan radio. Dia telah memenangkan total 18 penghargaan Drummer of the Year dari jajak pendapat pembaca tahunan majalah Modern Drummer. Ini termasuk 10 penghargaan di kategori "Best Overall".


Pada tahun 2004, Colaiuta bermain drum pada musik film Elektra karena sutradara Rob Bowman adalah penggemar beratnya.
 
Pada 2006-07, Colaiuta tur dengan Jeff Beck dan Tal Wilkenfeld pada bass, dengan Jason Rebello bermain kibord, di Crossroads Guitar Festival-nya Eric Clapton. Dia rekaman dan melakukan tur dengan Faith Hill, rekaman dengan raksasa thrash metal Megadeth di album mereka The System Has Failed, dan tur dengan Jeff Beck dan Herbie Hancock.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...