Laman

Jumat, 05 Februari 2016

SIMON PHILLIPS




Dilahirkan pada 6 Februari 1957 di London, Inggris. Dia merupakan drummer jazz, pop dan rock serta produser asal Inggris.


Phillips mulai bermain secara profesional pada usia dua belas tahun di band ayahnya (Sid Phillips) Dixieland selama empat tahun. Ia kemudian ditawarkan kesempatan untuk bermain di musik Jesus Christ Superstar. Dia cepat menjadi pemain sesi yang dicari. Pada pertengahan 1980-an ia mapan di kancah sesi, dengan drummer Queen Roger Taylor berkomentar dalam sebuah wawancara pada tahun 1984: "Anda harus menjadi sebaik Simon Phillips untuk berhasil hingga hari ini." Pada tahun 1992, ia merilis dua video instruksional yang menampilkan beberapa karya terbaiknya. 

Phillips awalnya mulai menonjol sebagai drummer pada LP tahun 1976, 801 Live dengan Phil Manzanera dan Brian Eno. Ia menggantikan drummer Judas Priest Alan Moore pada album band Sin After Sin (1977) dan melanjutkan merekam debut album Michael Schenker pada 1980, The Michael Schenker Group



Dia adalah drummer The Who di tur reuni Amerika mereka tahun 1989, dan muncul di rekaman solo oleh anggota band Roger Daltrey dan Pete Townshend


Phillips bermain, ikut memproduseri, dan melakukan mixing lima rekaman solo Derek Sherinian - Inersia (2001), Black Utopia (2003), Mythology (2004), Blood of the Snake (2006), dan Oceana (2011). Dia juga ikut memproduseri dan melakukan mixing dua album oleh Mike Oldfield. Phillips juga muncul dengan Jeff Beck, Jimmy Page, Eric Clapton, Steve Winwood dan lain-lain dalam video untuk konser amal A.R.M.S. tahun 1983 untuk Ronnie Lane. Pada awal 1980-an, Phillips membentuk bagian dari RMS dengan sesama musisi sesi, Mo Foster dan Ray Russell

Dia telah merilis empat album studio dengan berbagai gaya. 


Pada tahun 2006, Phillips merilis sebuah DVD dengan band jazz-nya, Vantage Point, berjudul Resolution dengan penulis dan pianis Jeff Babko, Trumpeter Walt Fowler, saksofonis Brandon Fields dan bassis Alphonso Johnson. 

Pada 2015 di The 14th Annual Independent Music Awards , Simon Phillips adalah pemenang dalam kategori "Jazz Instrumental Album" untuk "Protokol II". 

Pada tahun 1992, Phillips diminta untuk mengisi tempat Jeff Porcaro setelah Porcaro meninggal selama latihan untuk tur mendatang untuk mempromosikan album Kingdom of Desire-nya Toto. Steve Lukather menyatakan bahwa ia hanya akan pergi tur tak lama setelah Porcaro meninggal jika Toto bisa mengajak Phillips bermain dalam tur, jadi ia adalah drummer pertama dan satu-satunya yang dihubungi band untuk menggantikan Porcaro. Setelah tur 1992/1993 Phillips diminta untuk bergabung dengan Toto sebagai anggota tetap. 


Dijuluki "Si-Phi" atau "Si" oleh rekan band di Toto, Phillips dianggap sebagai guru 'technical' grup; menangani tugas untuk menata rekaman pada album Through the Looking Glass pada 2002 dan Falling in Between pada 2006. Dia juga menangani rekaman album Livefields pada 1999, dan DVD Live in Amsterdam dari tahun 2003. 

Setelah keputusan (15 Juli 2008) "untuk berpisah dan mulai bab baru dalam hidup mereka", pada tanggal 27 Februari 2010 mantan anggota Toto mengumumkan di website band sebuah reuni untuk tur singkat musim panas 2010 di Eropa untuk menghormati mantan bassis mereka Mike Porcaro menderita ALS (penyakit Lou Gehrig) . Mereka menjadwalkan jadwal lebih untuk tur pada tahun 2011, dan berakhir dengan DVD penampilan di Villafranca Di Verona. Phillips melakukan tur dengan Toto pada 2012 dan 2013. Setelah upaya terakhir dengan perilisan DVD baru yang semuanya disimpan band ini merekam konser lain dengan tujuan untuk dirilis pada DVD di Lodz, Polandia. 

Pada 26 Januari 2014, Phillips pergi dari Toto untuk fokus pada karir solonya. Ia digantikan oleh Keith Carlock dan kemudian, Shannon Forrest, drummer Toto saat ini. 


Pada tahun 2009, Phillips bergabung dengan kibordis Philippe Saisse dan bassis Pino Palladino membentuk trio instrumental jazz/funk rock: Phillips Saisse Palladino atau PSP, melakukan tur di Eropa pada tahun 2009 hingga 2010, menyoroti bakat masing-masing pemain dalam lagu-lagu yang dipilih untuk daftar lagu mereka. Phillips juga tampil pada album Joe Satriani Super Colossal, muncul di beberapa trek. Phillips muncul di seri video pelajaran Art & Science of Sound Recording-nya Alan Parsons, serta single program "All Our Yesterdays". Ia bermain di album Michael Schenker Group, In the Midst of Beauty dan mengambil bagian untuk tur dunia 30th Anniversary band pada tahun 2010. Phillips tampil pada album Hiromi Uehara tahun 2011, Voice . Dia juga melakukan tur dengan Hiromi dan bassis Anthony Jackson sebagai bagian dari the Hiromi Trio Project.


Phillips menyebut Buddy Rich, Tony Williams, Billy Cobham, Steve Gadd, Ian Paice, Tommy Aldridge dan Bernard Purdie sebagai pengaruh utamanya.

Dia dilantik ke Modern Drummer Hall of Fame pada tahun 2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...