Laman

Minggu, 07 Februari 2016

JIMMY GREENSPOON




Dilahirkan dengan nama James Boyd Greenspoon pada 7 Februari 1948, adalah seorang pemain kibord dan composer Amerika, dikenal sebagai anggota band Three Dog Night .


Greenspoon lahir di Los Angeles , California, dan dibesarkan di Beverly Hills. Pelatihan musiknya dimulai pada usia tujuh tahun dengan pelajaran piano klasik yang didorong oleh ibunya, Mary O'Brien. O'Brien adalah seorang aktris layar bisu, yang memiliki peran film antara lain sebagai istri di film Buster Keaton tahun 1926, Battling Butler. Greenspoon bersekolah di Beverly Hills High School bersama dengan Richard Dreyfuss , Bonnie Franklin dan teman masa kecilnya - akhirnya menjadi produser pemenang Academy Award, Michael Lloyd. Lloyd dan Greenspoon memiliki sukses di chart pertama mereka dengan grup surfing, The New Dimenisons, pada tahun 1963. Greenspoon belajar di Los Angeles Conservatory of Music , dan belajar dengan instruktur piano pantai barat, Harry Fields.


Greenspoon telah manggung dan rekaman dengan Linda Ronstadt, Eric Clapton, Jimi Hendrix, America, The Beach Boys, Beck, Bogert & Appice, Nils Lofgren, Lowell George, Kim Fowley, Donovan, Buddy Miles, Stephen Stills, Jeff Beck, Chris Hillman, Steve Cropper, Duck Dunn, James Burton, Hal Blaine, Leon Russell, The Wrecking Crew, Osibisa, Shaun Cassidy, Cheech & Chong, dan Redbone.

Greenspoon bekerja di Sunset Strip pada tahun 1960 dengan grup Sound of the Seventh Son dan The East Side Kids. Bandnya manggung secara tetap di The Trip, Stratford on Sunset (sekarang The House Of Blues ) Brave New World, Bidos Litos, Ciros, dan The Whiskey .


Pada akhir 1966, Greenspoon pindah ke Denver, Colorado, dengan anggota The West Coast Pop Art Experimental Band dan membentuk grup Superband. Pada tahun 1968, Greenspoon pindah kembali ke Los Angeles, di mana ia bertemu Danny Hutton, dan kemudian membentuk Three Dog Night .
 
Greenspoon menjabat sebagai Entertainment and Media Consultant dengan Murry-Wood Foundation dan menggubah musik asli untuk film Fragmen, diproduksi oleh Lloyd Levin, United 93, Hellboy, Watchmen, Field of Dreams, Predator, dan Die Hard. Dia berkolaborasi dengan komposer Neil Argo .


Pada tahun 2000, Golden Palm Star di Palm Springs, California , Walk of Stars didedikasikan kepadanya. 

Pada tahun 2014, Greenspoon didiagnosis dengan metastasis melanoma , dan berhenti tur dengan Three Dog Night. Ia meninggal karena kanker di North Potomac, Maryland, pada usia 67 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...