Laman

Jumat, 27 Maret 2015

BLIND GUARDIAN




Blind Guardian dibentuk pada 1984 di Krefeld, Jerman, oleh Hansi Kursch (vokal, bass) dan Andre Olbrich (gitar) dengan nama Lucifer’s Heritage, dengan Markus Dork (gitar) dan Thomen Stauch (dram). Band ini kemudian berubah menjadi kuintet dengan tambahan vokalis kedua, Thomas Kelleners. Tetapi setelah tiga bulan Thomas keluar dari band dengan banyak alasan. Lucifer’s Heritage pertamakali merilis dua demo pada 1985 dan 1986, tapi mengalami kekacauan karena pergantian line-up: Markus dan Thomen diganti oleh Christof Theissen dan Hans-Peter Frey. Akhirnya, pada 1987, Marcus Siepen bergabung dan Thomen kembali lagi untuk membentuk line-up yang tetap konsisten untuk 18 tahun kedepan.


Setelah Lucifer’s Heritage teken kontrak dengan No Remorse Records, band mengganti nama mereka menjadi Blind Guardian untuk menghindari spekulasi tentang satanisme (dalam sebuah biografi disebutkan bahwa mereka juga ingin menjauhkan diri mereka dari gerakan black metal, saat demo mereka diletakkan bersama album black metal di took kaset lokal). Mereka merilis album debut mereka Battalions of Fear pada 17 Mei 988, yang merupakan album bergenre speed metal yang sangat dipengaruhi Helloween. Pada rilisan asli album ini terdiri dari 8 lagu ditambah 1 lagu bonus tapi saat dirilis ulang pada 2007 terdapat tambahan 5 buah lagu demo saat mereka masih bernama Lucifer's Heritage.

Blind Guardian mempunyai ikatan yang kuat dengan Helloween, dan pendiri Helloween Kai Hansen tampil sebagai bintang tamu pada album kedua Blind Guardian, Follow The Blind, yang rilis pada 24 Oktober 1989, dimana band mendapat pengaruh sedikit dari thrash metal. Kai Hansen mengisi gitar dan berbagi vokal dengan Hansi pada lagu "Valhalla", dan mengisi gitar solo pada lagu "Hall Of the King". Pada perilisan asli album ini terdiri dari 10 lagu dan saat dirilis ulang pada 2007 ada tambahan 4 buah lagu demo awal mereka. Di album ini juga Blind Guardian membawakan lagu milik band lain yaitu : Don't Break The Circle (Demon), Barbara Ann (The Regents/Beach Boys) dan Long Tall Sally (Little Richard).

Album ketiga mereka, Tales From The Twilight World, rilis 2 Oktober 1990, lebih melodic dan terasa “epic”, dengan penggunaan koor dan pengaruh musik klasik. Pada rilisan awal berisi 9 lagu ditambah 1 lagu, sedangkan saat perilisan kedua tahun 2003 ditambah 2 lagu yang salah satunya adalah milik Mike Oldfield yaitu To France. Sedangkan perilisan ulang pada 2007 ditambah dengan 2 buah lagu demo. Kembali, Kai Hansen mengisi vokal di lagu "Lost In the Twilight Hall", dan mengisi solo gitar pada lagu "The Last Candle".

Blind Guardian teken kontrak dengan Virgin Records pada 1991, dan merilis album studio yang keempat Somewhere Far Beyond pada 30 Juni 1992. Album ini terdiri dari 10 lagu ditambah 3 lagu bonus, dua diantaranya adalah milik band lain yakni: "Spread Your Wings" milik Queen dan "Trial By Fire" milik band NWOBHM, Satan. Pada rilis ulang pada 2007 ada penambahan dua buah lagu demo. Dan kembali, Kai Hansen mengisi gitar solo pada lagu "The Quest for Tanelorn". Lagu "The Bard's Song (In The Forest)" telah dibawakan ulang oleh band akapela metal asal Jerman, Van Canto.

Demikian juga album live Tokyo Tales yang dirilis pada 22 Maret 1993 juga via Virgin Records. Dan dirilis ulang pada 15 Juni 2007 dengan bonus lagu "Lord Of The Rings".

Flemming Rasmussen, mantan produser Metallica, mulai bekerja dengan band pada 1994, memproduksi album studio kelima Imaginations From The Other Side, rilis pada 4 April 1995. Pada 2005, album ini berada di peringkat 373 di majalah Rock Hard pada buku The 500 Greatest Rock & Metal Albums of All Time. Pada perilisan awal berisi 9 lagu. Untuk rilis di Jepang terdapat satu buah lagu bonus yaitu lagu milik Uriah Heep berjudul The Wizard. Dan bonus untuk rilis di Jepang edisi terbatas ditambah lagi dengan empat buah lagu demo. Pada rilis ulang 15 Juni 2007 berisi tambahan 5 buah lagu demo.

The Forgotten Tales, sebuah album yang berisi separuh lagu cover dan separuh lagu asli, rilis pada 16 April 1996. Lagu milik band/artis lain tersebut adalah: Mr. Sandman (The Chordettes), Surfin' USA (The Beach Boys), The Wizard (Uriah Heep), Spread Your Wings (Queen), Barbara Ann/Long Tall Sally (The Regents/Little Richard) dan To France (Mike Oldfield). Pada 15 Juni 2007 dilakukan rilis ulang dengan tambahan 5 buah lagu bonus tiga diantaranya milik band lain: Hallelujah (Deep Purple), Beyond The Realms Of Death (Judas Priest) dan Don't Talk To Strangers (Dio). Dua lagi adalah video dari lagu Mr. Sandman dan The Bard's Song.

Pada 28 April 1998, Blind Guardian merilis album epik mereka Nightfall In Middle-Earth. “Lengkap dengan koor yang antemik, alur cerita yang diucapkan, dan banyak musik power metal yang bombastic di tiap lagu dramatisasi”, kata Vincent Jeffries dari Allmusic, “Nightfall In Middle-Earth mungkin album terhebat milik Blind Guardian”. Sebuah album konsep berdasarkan cerita The Silmarillion karya J.R.R. Tolkien, musik Blind Guardian mendemonstrasikan pengaruh folk rock, tapi juga menampilkan penggunaan vokal latar yang berlapis gaya Queen.Sejak album Nightfall in Middle-Earth, bass gitar telah dimainkan oleh anggota sementara Oliver Holzwarth, dan Hansi telah bisa mencurahkan perhatiannya untuk menyanyi. Nightfall juga album terakhir dimana Flemming Rasmussen menjadi produser. Ini adalah album pertama milik band yang dirilis di Amerika. Di album ini terdapat 22 buah lagu sedangkan untuk perilisan di Jepang ditambah dengan 2 lagu dan rilis ulang pada 2007 ditambah lagi dengan 1 buah lagu.

A Night At The Opera, judul album yang diambil dari album milik Queen, dirilis empat tahun kemudian yakni pada 5 Maret 2002. Di album ini, sound band jauh dari pengaruh speed metal asli mereka. Power dan progresif metal dijadikan satu, dengan latar orchestra dan vokal yang konsisten dan bunyi gitar yang menimpali. Walaupun bukan konsep album, banyak liriknya berhubungan dengan tema agama dan hubungan antara manusia dan kuasa pencipta. Album ini diikuti oleh album live pada 2003 dan sebuah DVD, Imaginations Through the Looking Glass, pada 2004, yang merupakan materi rekaman Blind Guardian terakhir yang menampilkan Thomen Stauch pada dram. Dia keluar dari grup karena perbedaan musikal dan digantikan oleh Frederik Ehmke.

Album pertama dengan Frederik adalah album kedelapan yakni A Twist In The Myth, yang rilis pada 1 September 2006. Album ini adalah album pertama dengan label Nuclear Blast Records. Album ini berisi 11 lagu dan untuk perilisan Jepang ada tambahan 1 buah lagu dan untuk digipak juga ada penambahan 1 lagu.

Blind Guardian berpartisipasi dalam soundtrack untuk film fantasi In The Name of The King: a Dungeon Siege Tale (Uwe Boll), yang keluar pada 2008. Band juga merekam lagu tema untuk video game Sacred 2 : Fallen Angel, sekuel dari Sacred.

 “Voice in the Dark” adalah single berikut dari Blind Guardian yang dirilis pada 25 Juni 2010. Pada 30 Juli 2010 dikeluarkan album kesembilan, berjudul At The Edge Of Time. Album ini berisi sepuluh lagu, untuk perilisan Jepang ada penambahan dua lagu. Sedangkan untuk digipak ada CD kedua yang berisi delapan lagu, yang diantaranya berisi lagu milik John Farnham yaitu You're The Voice. Oleh majalah Metal Hammer, album ini dianugerahi sebagai "Album of the Month".

Band memulai “The Sacred Worlds and Songs Divine Tour 2010”, jadwal di Eropa menampilkan band pembuka Enforcer dan Steelwing. Jadwal AS menampilkan Holy Grail dan Seven Kingdoms dan kemudian mereka mengumumkan akan bermain di Wacken Open Air pada 2011.

Pada 21 Juli 2011, Hansi Kursch mengumumkan di website resmi Blind Guardian bahwa mereka tengah mengerjakan sebuah album orchestra. Pada 1 September 2011, Oliver Holzwarth bergabung dengan Rhapsody Of Fire sebagai anggota tetap, setelah 13 tahun sebagai pemain bass sementara Blind Guardian. Pada 27 Januari 2012, band merilis sebuah album kompilasi, berjudul Memories of a Time to Come, berisi lagu-lagu yang direkam ulang dan yang di mix ulang dari diskografi keseluruhan milik band, dan hampir satu tahun kemudian, pada 28 Januari 2013, merilis sebuat boxset berjudul A Traveler’s Guide to Space and Time, yang berisi semua album studio band, album live dan kompilasi yang dirilis dari 1988 hingga 2004, juga ada materi yang belum pernah dirilis. Pada 11 Juli 2012, Hansi memberitahukan pada website resmi band bahwa band akan berhenti melakukan tur setelah pertunjukan di Rockharz festival di Ballenstedt, yang berlangsung dua hari setelah pemberitahuan tersebut. Hansi melaukan itu untuk menjelaskan bahwa mereka ingin serius bekerja dan fokus pada rekaman baru sebelum kembali tur lagi setidaknya pada 2014. Dia juga menyebutkan bahwa dia ingin membawakan lagu yang belum pernah dibawakan secara langsung sebelum mereka kembali melakukan tur.

Pada Oktober 2013, band mengumumkan akan menjadi penampil utama pada the Out & Loud Festival di Geiselwind pada 31 Mei 2014. Pada 18 Oktober 2013, Hansi mengumumkan via website resmi bahwa dia berharap rekaman baru akan diproduksi dan selesai pada Mei 2014. Dia menyebutkan bahwa produksi album itu berlangsung baik, dan menyebutkan Sembilan lagu baru dengan judul (Irish Hill (kini berjudul Grand Parade), Encrypted Time, Prophecies, Holy Grail, Winter’s Coming, The Throne, The Ocean, dan Outcast) dan dua lagu lain dengan judul sementara, Song 9 dan Midtempo Song. 

Album kesepuluh Blind Guardian, berjudul Beyond the Red Mirror, dirilis pada 30 Januari 2015, dan single pertamanya “Twilight Of the Gods” dirilis pada 5 Desember 2014. Pada 28 Januari 2015, dua hari sebelum rilis Beyond the Red Mirror, Blind Guardian mengumumkan di laman facebook resmi mereka bahwa Barend Courbois (Vengeance/Tank) adalah pemain bass sementara/live mereka.

Gaya Musik

Dua album pertama Blind Guardian, Battalions of Fear dan Follow the Blind, lebih kepada gaya speed metal dibandingkan album berikutnya. Dimulai pada album ketiga mereka Tales from the Twilight World, Blind Guardian mulai menulis komposisi yang lebih rumit dengan mengurangi unsure speed. Pada album keenam mereka, Nightfall in Middle Earth, Hansi berhenti bermain bass dan fokus pada bernyanyi. Pada titik ini band mulai memasukkan aransemen orchestra dengan jumlah banyak, dan menggunakan teknik overdubbing, yang sangat dipengaruhi oleh band rock asal Inggris, Queen.
Musik Blind Guardian menampilkan gitar gaya staccato dan ketukan dobel bass dram yang merupakan karakteristik power metal, juga penggunaan overdub dan vocal latar yang banyak untuk menciptakan suara yang gagah. Ini dibuktikan secara signifikan pada semua album setelah dua album pertama tapi yang paling jelas adalah di album Night At The Opera.
Tampilan yang berbeda dari musik Blind Guardian adalah seringkali menggunakan instrument dan nada tradisional (folk), terutama lagu balada seperti “Lord of the Rings”, “The Bard’s Song”, “A Past and Future Secret”, Skalds and Shadows” dan “Curse My Name”.

Band ini awalnya terinspirasi dari rekan senegara mereka Helloween, dan pada album rilisan awal menunjukkan beberapa pengaruh dari Iron Maiden dan Metallica. Menurut gitaris Marcus Siepen, selama penulisan album Follow The Blind, mereka juga tengah mendengarkan band thrash metal Bay Area, seperti Testament dan Forbidden, menghasilkan sound yang lebih berat.
Mulai album ketiga mereka, Tales from the Twilight World, hingga Somewhere Far Beyond dan Imaginations from the Other Side, Blind Guardian mulai memasukkan pengaruh dari musik progresif dan klasik. Queen menjadi pengaruh yang besar, terutama pada aransemen koor dan harmoni, hasilnya pada album A Night At The Opera.

Penyanyi Hansi Kursch suka akan atraksi band progresif rock 1970-an, seperti Genesis era awal, Gentle Giant dan ELP. Tapi, tetap salut kepada genre tersebut, dia melihat pengaruh langsung pada band progresif metal, terutama Fates Warning, Queensryche dan Savatage. Pengaruh tema folklore pada Nightfall in Middle-Earth datang dari band rock Inggris, Jethro Tull.

Bersama dengan Jon Schaffer, pimpinan dan pendiri sekaligus gitaris Iced Earth, Hansi adalah anggota band Demons and Wizards, dimana dia adalah penyanyi utama.

Frederik Ehmke adalah anggota pendiri band Sinbreed yang juga terdiri dari Marcus Siepen sebagai anggota sementara. Kemudian, selama 2012, Marcus menjadi anggota penuh band.

Blind Guardian telah bekerja selama delapan tahun pada proyek orkestra yang menulis musik tentang kaum Dwarf. Walaupun itu bukan album power metal, itu akan dipublikasikan dibawah nama Blind Guardian karena itu cocok dengan tema lirik band, menurut Hansi.

Berkenaan dengan tsunami yang melanda Jepang pada 11 Maret 2011, Blind Guardian mulai bekerja dengan mantan perusahaan rekaman mereka, EMI Music, dan melakukan lelang sebuah pagelaran studio untuk dua hari di Twilight Hall Studio di Grefrath, Jerman untuk acara amal yang hasilnya 100% akan disumbangkan untuk korban bencana. Lelang berakhir pada 22 April 2011 dengan hasil 
akhir 1,171.00 euro.

Anggota Band

Anggota Saat Ini

·         Hansi Kursch - lead vocals (1984-sekarang), bass (1984-1996)
·         Andre Olbrich - lead guitar, live backing vocals (1984-sekarang)
·         Marcus Siepen - rhythm guitar, live backing vocals (1987-sekarang)
·         Frederik Ehmke - drums, perkusi, flute, bagpipes (2005-sekarang)

Mantan Anggota

·         Thomas Kelleners - lead vocals (1984)
·         Markus Dork - guitars (1984-1985)
·         Christof Theissen - rhythm guitar (1986)
·         Hans-Peter Frey - drums (1986)
·         Thomas "Thomen" Stauch - drums, perkusi (1984-1985, 1987-2005)

Anggota Sementara

·         Thomas Hackman (studio) - backing vocals (1990-sekarang)
·         Billy King (studio) - backing vocals (1992-sekarang)
·         Michael "Mi" Schuren (live dan studio) - live kibor, studio grand piano (1997-sekarang)
·         Olaf Senkbeil (studio) - backing vocals (1997- sekarang)
·         Mattias Ulmer (studio) - kibor, piano (2007-sekarang)
·         Barend Courbois (live dan studio) - bass (2015-sekarang)

Mantan Anggota Sementara

·         Mathias Wiesner (studio) - kibor, effects (1989-2002), bass (1992)
·         Rolf Kohler (studio) - backing vocals (1990-2007; kematiannya)
·         Oliver Holzwarth - bass (1997-2011)
·         Alex Holzwarth (live) - drums (2002-2003)
·         Pat Bender (studio) - kibor , sound effects (2002-2006)

Discography

Album Studio
Album Live

·         Tokyo Tales (1993)
·         Live (2003)

Album Kompilasi
·         The Forgotten Tales (1996)
·         Memories of A Time to Come (2012)
·         A Traveler's Guide to Space and Time (2013)

Sumber : Wikipedia, Metal Archives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...