Laman

Rabu, 02 Desember 2015

TAL WILKENFELD



Dilahirkan pada 2 Desember 1986 di Sydney, Australia, adalah seorang bass gitaris asal Australia yang mendapatkan perhatian luas yang tampil bersama beberapa artis rock dan jazz terkenal. Disamping menjadi musisi pendukung untuk Jeff Beck, Ryan Adams, Herbie Hancock dan lainnya, dia juga berperan sebagai pimpinan band di band bentuknannya sendiri, yang berisi musisi-musisi seperti Wayne Krantz, Keith Carlock, John Beasley dan Jeff "Tain" Watts. Di tahun 2008, Wilkenfeld dipilih sebagai "The Year's Most Exciting New Player" di angket pembaca majalah Bass Player.

Wilkenfeld mulai bermain bass saat dia berusia 14 tahun. Dua tahun kemudian di tahun 2002, dia keluar dari sekolahnya, di Sydney, berkata bahwa "hal yang tidak berlaku buatku", dan beremigrasi ke AS dimana dia belajar gitar listrik. Dalam satu tahun dia beralih ke bass listrik. Dia lulus dari Los Angeles Music Academy College of Music di tahun 2004. Setelah beberapa bulan dia menerima dikungan dari Sadowsky Guitars; mendorong dirinya untuk membentuk sebuah band dan membuat lagu sendiri. Di tahun 2004, di usia 18 tahun, dia pindah ke New York City dan mulai mencatatkan namanya di klub jazz New York.


Di tahun 2006 dia tampil sebagai tamu dengan The Allman Brothers Band dan merekam seluruh album debutnya, Transformation hanya dalam waktu 2 hari saat dia berusia 20 tahun. Wilkenfeld membuat komposisi, menjadi produser, mengaransemen dan bermain bass di tujuh buah lagu dengan Wayne Krantz, Geoffrey Keezer, saksofonis Seamus Blake dan Keith Carlock.

Setelah mengetahui bahwa Chick Corea tengah mencari seorang bassis untuk tur berikutnya, Wilkenfeld mengirimi Corea demo Transformastion. Dia dipilih untuk menemaninya di turnya di Australia di tahun 2007, bersama dengan Frank Gambale dan Antonio Sanchez. Beberapa bulan kemudian dia bergabung dengan Jeff Beck, Vinnie Colaiuta dan Jason Rebello untuk tur Eropa musim panas Jeff Beck. Setelah kembali dari Eropa grup ini melengkapi tur mereka di 2007 Crossroad Guitar Festival milik Eric Clapton di Chicago, Illinois, tampil di hadapan penoonton sebanyak 40.000 orang. Pada November 2007 Wilkenfeld bergabung kembali dengan Jeff Beck dan anggota band lainnya selama seminggu untuk tampil di Ronnie Scott's Jazz Club di London. Jeff Beck memilih tempat terkenal untuk merekam sebuah CD dan DVD, dengan para tamu antara lain Eric Clapton, Joss Stone dan Imogen Heap. Pertunjukan ini direkam, difilmkan, dan kemudian dirilis dengan judul LIve at Ronnie Scott's. Di perjalanan yang sama, Wilkenfeld bergabung dengan Herbie Hancock, Wayne Shorter, penyanyi Corinne Bailey Rae dan drumer Vinnie Colaiuta pada sebuah sesi yang difilmkan untuk seri A&E, Live from Abbey Road. Wilkenfeld merengkuh tahun 2007 dengan dua pertunjukan yang laris di Greenwich Village dengan Krantz.


Di tahun 2008 Wilkenfeld mengiringi Krantz di sebuah gig di Los Angeles sebelum mlakukan tur Australia dengan Krantz dan Carlock - sebuah reuni band yang muncul di Transformation. Pada akhir tur, Kranz dan Carlock, bersama dengan John Beasley mendukung Wilkenfeld selama penampilan utamanya untuk Bass Player LIVE! 2008, di LOs Angeles. Di bulan Juli dia menemanni Jeff Beck di konser penghormatan untuk George Martin di Los Angeles. Dia muncul di 20th Annual Christmas Jam milik Warren Haynes, reuni dengan The Allman Brothers Band dan menjadi tamu bagi Gov't Mule, Ivan Neville dan Robben Ford.


Di awal 2009, Wilkenfeld melakukan tur ke Australia dan Jepang dengan Beck. Beberapa minggu kemudian mereka melakukan tur di AS, dimulai di pelantikan Beck ke dalam Rock and Roll Hall of Fame dimana mereka memainkan "Beck's Bolero" dan ikut naik panggung juga Jimmy Page-nya Led Zeppelin di lagu "Immigrant Song".


DVD yang berisi penampilan ini, Rock and Roll Hall of fame: Legends dirilis di tahun 2010. Di beberapa minggu saat istirahat antara tur Jepang dsn Amerika, Wileknfeld tampil dengan The Roots di Late Night with Jimmy Fallon, dan kemudian melakukan tur musim panas-nya Beck ke Eropa, Canada dan UK. Selama tur UK David Gilmour bergabung dengan grup selama penampilan khusus di Royal Albert Hall.

Di bulan Oktober Wilkenfeld melakukan reuni dengan Beck di Madison Square Garden untuk konser 2 malam ulang tahun ke 25 Rock and Roll Hall of Fame. Para penampil antara lain Buddy Guy dengan "Let Me Love You", Sting menyanyikan "People Get Ready" dan Billy Gibbons pada "Foxy Lady". The 25th Anniversary Rock and Roll Hall of Fame Concerts DVD, menampilkan show ini dengan "Big Block", "A Day in the Life" dan "Freeway Jam", yang dirilis tahun 2010. Selain itu Wilkenfeld tampil di 4 buah lagu di album Beck terbaru Emotion & Commotion.


Setelah 3 tahun dengan Beck, Wilkenfeld kembali membuat komposisi dan rekaman sebagai artis solo. Saat bekerja di Los Angeles dia diminta untuk berkontribusi untuk The Imagine Project-nya Herbie Hancock pada "A Change Is Gonna Come" dan "Don't Give Up", untuk The Sellout-nya Macy Gray di "That Man" dan Six String Theory-nya Lee Ritenour di "68", "In Your Dreams", "Give Me One Reason" dan lagu milik Guthrie Govan "Fives", yang menampilkan solo oleh Wilkenfeld. Pada 23 Mei 2010 dia muncul di acara ulang tahun ke 40 The Baked Potato di Ford Ampitheater dengan bandnya Steve Lukather dan di bulan Juni dan Juli mengiringi Herbie Hancock di jadwal seluruh AS, Canada dan Eropa untuk mempromosikan album yang dirilis dimana dia bermain. Tur singkat ini meliputi sebuah show khusus di Carnegie Hall untuk merayakan ulang tahun ke 70 Herbie Hancock. Wilkenfeld juga tampil dengan Trevor Rabin, Hiram Bullock, Susan Tedeschi, Rod Stewart, John Mayer, dan Prince.


Wilkenfeld bergabung dengan penyanyi-penulis lagu alt-country Ryan Adams sebagai kolaborator di album studionya, Ryan Adams (2014). Dia juga berkontribusi di dua lagu di album Toto, Toto XIV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...