Laman

Rabu, 02 Desember 2015

RICK SAVAGE


Dilahirkan dengan nama lengkap Richard Savage pada 2 Desember 1960 di Sheffield, South Yorkshire, Inggris. Dia dipanggil “Sav” untuk menghindari kebingungan antara dia dan nama Rick yang lain dalam band, drummer Rick Allen. Dia dan penyanyi utama Joe Elliott adalah anggota band asli yang tersisa. Keduanya, ditambah Allen, juga anggota band yang selalu tampil di setiap album.

Rick belajar di Tapron Secondary School di Sheffield. Di masa mudanya, dia belajar memainkan gitar bersama dengan abangnya. Mereka memainkan lagu-lagu seperti “Maggie May”-nya Rod Stewart dan “American Pie”-nya Don McLean. Rick juga mengejar karir sebagai pemain sepakbola profesioanl dengan Sheffield United, meskipun dia adalah penggemar sang rival, Sheffield Wednesday. Rick akhirnya memilih musik dan membentuk sebuah band dengan teman-teman sekolahnya antara lain Tony Kenning dan kemudian Pete Willis. Dengan nama Atomic Mass mereka kebanyakan memainkan musik-musik Queen, Slade, Deep Purple, Jimi Hendrix dan lagu rock terkenal pada saat itu.




Pada suatu ketika, mereka memutuskan bahwa Willis adalah pemain gitar yang bagus maka Rick beralih memainkan bass. Memerlukan seorang penyanyi, band melakukan audisi untuk teman Pete, Joe Elliott dan akhirnya Elliott menjadi penyanyi utama band. Mereka kemudian memilih gitaris Steve Clark dan merubah nama mereka menjadi Def Leppard.

Hingga kini Def Leppard telah merilis 11 album studio, 2 buah album live, 4 album kompilasi, 8 album video, 33 video musik, 2 EP dan 50 single.



Album kesebelas Def Leppard dirilis pada 30 Oktober 2015 dengan judul, Def Leppard, dan menghasilkan single "Let's Go" yang dirilis pada 15 September 2015. Album ini menjadi album top 10 ketujuh Def Leppard setelah melakukan debut di Billboard 200 di No. 10.

Rick mengalami Bell’s Palsy (suatu penyakit tidak berfungsinya otot wajah) sekitar tahun 1994. Hal ini menyebakan otot wajahnya melemah dan menjadi lumpuh sebagian. Dia telah sembuh, tapi efek penyakit itu masih kelihatan, terutama saat dia kelelahan.



Rick menikah dengan Paige, dimana mereka memiliki 3 orang anak (satu dari hubungan Paige terdahulu).

Dia mengaku terpengaruh oleh Queen, Led Zeppelin, dan Black Sabbath. Favoritnya yang lain adalah Gun, Kiss of the Gypsy, Sting, Rudy Sarzo, Cheap Trick, Van Halen, dan Prince.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...